Langsung ke konten utama

Jadi Baik Ala Jaman Now

Pada kesempatan ini saya akan menulis seputar uang digital. Namun jika temen-temen lebih nyaman dengan sarana audio visual alias nonton video, bisa langsung menonton video dibawah ini.

Terima kasih telah menonton videonya. Selanjutnya mari kita simak pemaparan tentang uang digital dan kemudahan-kemudahan apa saja yang bisa diperoleh dengan menggunakan uang digital ini.

Manusia adalah mahluk sosial, kehidupannya tidak bisa berdiri sendiri namun membutuhkan manusia lain untuk memenuhi berbagai kebutuhan hidupnya.

Pada awal peradaban, manusia saling memenuhi kebutuhannya dengan cara saling bertukar barang (barter). Peradaban pun berkembang, digunakanlah mata uang sebagai alat tukar. Meski pada awalnya yang disebut mata uang itu hanyalah berupa barang-barang keseharian biasa, kemudian berubah ke bentuk benda khusus sebagai uang koin logam dan logam mulia. 

Mata Uang Jaman Dulu
Mata Uang Jaman Dulu

Era Industrialisasi melahirkan jenis uang kertas, dan di era digital ini, uang berubah lagi menjadi berbagai bentuk, mulai dari kartu plastik sampai yang termutakhir adalah cryptocurrency.

Yang terakhir ini membutuhkan satu artikel khusus untuk menjelaskannya, jadi gak akan dibahas disini.

Kembali ke pemikiran dasar bahwa manusia membutuhkan manusia lain untuk hidup, dan kemudian mereka bertransaksi maupun saling berbagi. Proses transaksi dan berbagi ini memanfaatkan sarana uang untuk mempermudah. Dengan kecanggihan teknologi sekarang, ide tentang uang pun menjadi lebih praktis, tidak lagi melulu berupa lembaran kertas atau koin, namun ada juga bentuk digital.

Uang digital memanfaatkan berbagai sarana teknologi. Yang paling umum dipakai adalah Handphone (Hp).

Supaya kita bisa memanfaatkan uang digital dengan sarana Hp, terlebih dahulu kita perlu menginstall aplikasi uang digital pada Hp tersebut. 


Aplikasi uang digital ini berupa perangkat lunak. Untuk lebih menjamin lagi keamanannya, selain aplikasi, ada juga yang menambahkan lapis keamanan berikutnya yakni hardware berupa stiker tipis yang ditempelkan pada badan Hp.
Stiker TCASH
Contoh hardware uang digital berupa stiker bulat yang ditempel di Hp
Untuk memahami bagaimana cara kerja uang digital, bayangkan kita punya sebuah teko. Teko ini kita isi dengan air es syrup misalnya atau air minum lainnya. Lalu kita datang ke sebuah toko, belanja disana. Nah kita membayar di toko tersebut dengan cara menuangkan air di dalam teko ke gelas yang tersedia di meja kasir. Selesai menuangkan air ke gelas di meja kasir, kita boleh membawa belanjaan kita.

Teko kita masih ada isinya, meski memang sudah berkurang isinya karena tadi sudah dipindahkan ke gelas. Kita datang lagi ke toko lain, belanja lagi, membayar dengan menuangkan isi teko ke gelas di meja kasir, dst.

Begitu terus sampai air di dalam teko habis. Nah setelah air di dalam teko habis gimana? kita gak bisa belanja lagi dong.

Dalam dunia uang digital, ada yang disebut dengan istilah Top Up, yakni "mengisi kembali teko". Cara Top Up ini bisa dengan mengisinya di ATM, di mini market atau di loket yang melayani Top Up.

Setelah teko terisi, baru kita bisa bertransaksi lagi.

Air minum di dalam teko ini tidak harus selalu di tuangkan di meja kasir alias buat belanja saja. Air di dalam teko bisa kita tuangkan ke gelas yang dipegang oleh orang lain, atau gelas yang dipegang oleh orang tidak mampu alias di sedekahkan.

Uang digital dengan fleksibilitasnya memungkinkan kita berbagi tanpa ada batasan jarak dan waktu. Kita bisa mengirimkan uang kemana saja kepada siapa saja, kapan saja. Yang semuanya itu bisa dilakukan langsung dari Hp kita.

Baiklah itu tadi konsepnya ya. Bagaimanakah uang digital itu bekerja dengan analogi Teko.

Adakah barang realnya? uang digital ini?

Pada saat tulisan ini disusun, terdapat beberapa perusahaan yang menerbitkan uang digital. Kita ambil satu contoh TCASH, yang diterbitkan oleh Telkomsel.

Supaya Hp kita bisa menjadi "Teko" TCASH, kita perlu menginstall aplikasi TCASHWallet. Kita bisa menginstallnya dari Appstore untuk gadget Apple dan Google Play untuk gadget Android.

Setelah menginstall aplikasi tersebut, selanjutnya adalah mendaftarkan Hp dan nomor Hp kita ke perusahaan pengelola TCASH. Ketika kali pertama kita menginstall TCASHWallet, kita akan masuk ke menu untuk registrasi. Ikuti saja perintah-perintahnya.

Setelah proses registrasi selesai, maka Hp kita telah menjadi "Teko".

Setelah itu apa yang akan kita lakukan dengan Teko ini. Yang pertama-tama tentu belanja dong. Kita bisa belanja dan membayar dengan TCASH di Merchant TCASH, yakni toko-toko yang mencantumkan logo TCASH sebagai tanda bahwa mereka menerima pembayaran dengan TCASH. Toko ini terdapat "gelas" untuk kita tuangin air dari "Teko" kita ^_^

Selain belanja di Toko, kita juga bisa menggunakan TCASH untuk keperluan lainnya. Informasi lengkap tentang Cara (pakai, isi, beli, bayar, etc) TCASH bisa kita dapatkan di websitenya disini.  


Dan satu hal lagi yang tidak kalah penting, dan ini menyangkut hal yang sangat manusiawi, yakni berbagi. Terlebih pada bulan Ramadhan, dimana semua amal kebaikan kita dinilai lebih daripada amal kebaikan yang dilakukan di luar bulan Ramadhan. Ini kesempatan kita untuk #JadiBaik di Bulan Baik, dengan lebih banyak berbagi.

Kita bisa saling berbagi uang dengan sesama pengguna TCASH. Dan karena TCASH bisa digunakan untuk berbagai macam transaksi, maka hampir tidak perlu lagi Uang di dalam TCASH ini dicairkan ke uang Fisik. Kalau mau di gunakan untuk belanja, tinggal datang dan belanja di ribuan Merchant TCASH. Atau buat beli pulsa Hp, Pulsa Listrik, Bayar Asuransi, atau belanja di Toko Online. Semua bisa dengan TCash.

Nah, momen lebaran kali ini, kita bisa bagi-bagi angpau dengan cara kekinian, alias Angpau Jaman Now, yakni dengan bagi-bagi saldo TCASH. Kesempatan kita untuk #JadiBaik di Bulan Baik #pakeTCASH.


Silahkan simak video berikut yang berisi ilustrasi berbagi dengan TCASH.

Selamat Berbagi. ^_^

Jadwal Sholat

Warung Blogger

Warung Blogger

Kabar Terbaru

Postingan populer dari blog ini

Mengurus PBB yang diblokir di Cikarang, ke PEMDA Kab. Bekasi

Berawal dari salah satu syarat pengajuan KPR, yang disana tercantum harus ada “Copy PBB tahun terbaru”, saya jadi terlibat perjalanan bolak balik keliling Cikarang untuk mengurus PBB rumah yang diblokir. (Kisah saya mengajukan KPR, bisa dibaca disini)


PBB (Pajak Bumi dan Bangunan) adalah Pajak Negara yang dikenakan terhadap tanah dan bangunan. Lebih lengkapnya seputar PBB ini silahkan baca di situs resmi Dirjen Pajak di: http://www.pajak.go.id/content/seri-pbb-ketentuan-umum-pajak-bumi-dan-bangunan-pbb.


Ketika mengajukan Kredit ke Bank BTN Cabang Cikarang, saya dapat sebuah brosur berisi besaran kredit yang bisa diberikan beserta syarat-syaratnya.

Perpanjang STNK Motor di SAMSAT Cibinong

Ini pertama kalinya saya memperpanjang STNK motor di SAMSAT Kab. Bogor di Cibinong. Prosesnya sederhana dan Cepat. Seluruh proses hanya memakan waktu kurang lebih 40 menit.

Pertama-tama kita harus mempersiapkan dokumen-dokumen yang dibutuhkan. Untuk perpanjangan  STNK 1 tahun, yang harus dibawa adalah:
STNK AsliKTP Asli sesuai dengan nama di STNK
Awalnya saya kira harus menyerahkan BPKB juga, soalnya pengalaman saya mengurus STNK di SAMSAT Kota Tangerang gitu, harus bawa STNK Asli, KTP Asli dan BPKB. Namun

Kereta Jakarta Cikarang

Bagi sebagian besar penduduk Jakarta, Cikarang adalah suatu tempat yang sangat jauh. Karena Cikarang itu letaknya diluar Bekasi. Bekasi aja udah jauh, apa lagi Cikarang ^_^. Padahal kalau melihat plang penanda jarak di Jalan Tol, jarak Jakarta-Cikarang itu hanya 30 Km.

Saya sekarang tinggal di Cikarang sementara kerja masih di Jakarta. Tiap hari dilaju Cikarang-Jakarta, adapun transportasi yang saya gunakan adalah

Mutasi SIM online di Tangerang

Seminggu sebelum SIM saya berakhir masa berlakunya, saya berangkat ke kantor SATPAS Polres Tangerang di Tangerang Kota. Saya kesana karena dulu, SIM C saya ini dibuat di Tangerang. Sebelumnya saya sudah browsing-browsing di internet, mencari informasi tentang mutasi SIM. Saya harus mutasi karena sekarang saya KTP-nya Bogor.

Saya bahkan sampai telpon ke Call Center Korlantas POLRI di 021-1500669, menanyakan prosedur mutasi SIM. Dari petugas yang menerima telpon saya, saya diberitahu bahwa saya harus Cabut Berkas dulu di Tangerang, lalu

Gunung Munara - Hiking Pendek Yang Memacu Adrenalin

Gunung Munara

"Disini mulai rame sejak tahun baru kemarin"
"Tahun baru 2015 ini?"
"Iya, tahun baru 2015 ini, sebelumnya mah paling Sabtu Minggu doang, itu juga paling banyak 50 motor"

Begitulah percakapan singkat saya dengan teteh pemilik warung kelapa muda. Saya bertanya padanya sejak kapan Gunung Munara ini banyak dikunjungi. Nama Gunung Munara sekarang ini semakin sering dibicarakan orang. Spot pendakian yang terletak di daerah Rumpin, Bogor, ini memang tengah naik daun. Alasannya adalah, Gunung Munara memberikan tantangan yang sekelas naik gunung, namun jaraknya relatif pendek. Dari start mendaki sampai ke puncak, dibutuhkan waktu 1 – 1,5 jam saja.

Saya pun tertarik untuk menjajal track pendakian di Gunung Munara ini. Oh ya, meski namanya Gunung Munara, sebenarnya ini adalah sebuah bukit dengan batu-batu yang sangat besar. Dan yang membuat saya heran, banyak sekali batu-batu besar sebesar rumah yang tumpang tindih sedemikian rupa seolah sengaja disu…