Langsung ke konten utama

Jelajah Geothermal Kamojang, dari Kawah hingga PLTP

Kawah Manuk Geothermal Kamojang Bandung
Kawah Manuk, Kamojang

Kamojang merupakan bagian dari barisan pegunungan yang membentang melengkung dari Timur ke Barat lalu ke Selatan. Barisan pegunungan ini menjadi perbatasan Kabupaten Bandung dengan Kabupaten Garut.

Pegunungan yang berderet ini lumayan banyak, saya sendiri kurang hafal nama-nama semua gunungnya. Dari ujung Timur dimulai dari gunung Guntur, terus berderet ke arah Barat, ada Kamojang, Darajat, lalu membelok ke Selatan ada gunung Puntang dan terakhir di Papandayan.

Deretan pegunungan ini sepertinya semuanya termasuk gunung aktif. Gunung Guntur adalah gunung aktif, Kamojang dan Darajat juga aktif, malah sudah diambil manfaatnya dengan didirikannya Pembangkit Listrik Tenaga Panas Bumi. Dan di ujung selatan ada gunung Papandayan yang terkenal dengan kawasan wisata Kawah dan Hutan Matinya.

Yang ingin saya ceritakan disini adalah objek wisata yang ada di Kamojang. Kawasan wisata Kamojang ini sudah berdiri cukup lama. Seingat saya, ketika masih SD pun, akhir dekade 80-an, wisata Kamojang ini sudah ada.

Mungkin kawasan wisata di Kamojang ini dikembangkan seiring berdirinya PLTP (Pembangkit Listrik Tenaga Panas Bumi) Kamojang tahun 1983.

Objek wisata di Kamojang ini awalnya berupa kawah-kawah unik yang berada di sekitar kompleks PLTP. Namun makin kesini, kekayaan alam lainnya juga mulai ditata dan menjadi objek wisata yang tak kalah menarik. Ada balai Konservasi Elang, Objek Wisata Hutan Lindung, Lembah yang indah, dll.
Hutan Mandalawangi Geothermal Kamojang Bandung
Wisata Hutan Mandalawangi
Untuk wisata Kawah, terdapat beberapa kawah unik seperti misalnya Kawah Manuk, yang berupa kolam cukup luas, namun dikolam ini tidak ada kehidupan karena berupa kolam lumpur yang mendidih. Sewaktu-waktu terjadi letupan lumpur akibat gelembung panas yang mendesak keluar dari perut bumi.

Ada juga kawah Kereta Api. Sebenarnya ini bukanlah kawah, namun titik tempat keluarnya gas panas dengan tekanan yang sangat tinggi. Di tempat ini ada seorang bapak tua yang mengoperasikan "Peluit Kereta Api", yakni berupa batang bambu yang dilubangi menyerupai peluit. Ketika lubang "peluit" ini ditempatkan di atas lubang tempat keluarnya gas tekanan tinggi tadi, bambu peluit ini mengeluarkan bunyi seperti bunyi peluit kereta api. Beberapa pengunjung tampak berfoto dengan bapak tua ini lalu memberikan tips sebagai apresiasi atas pekerjaannya "mengoperasikan" bambu peluit tadi.
Kawah Kereta Api Geothermal Kamojang Bandung
Kawah Kereta Api
Ada lagi Kawah Hujan. Disebut Kawah Hujan karena sewaktu-waktu lubang kawah menyemburkan air dalam jumlah besar sehingga ketika turun air ini mirip hujan.

Untuk mencapai kawah Kamojang ini, terlebih dahulu kita harus ke Kota Bandung. Dari kota Bandung kita mengarah ke Selatan, tepatnya ke kecamatan Majalaya. Dari Majalaya, kita mengambil jalan yang menuju ke Kecamatan Ibun.

Jalan menuju ke Kawah Kamojang sudah dicor beton. Hanya saja jalannya sangat menanjak. Kalau mau ke Kamojang, sebaiknya kita mengendarai kendaraan yang "sehat", jangan yang mudah mogok. Dan yang sangat penting adalah rem-nya bekerja dengan prima. Soalnya karena jalannya yang menurun dan berkelok-kelok, yang bisa jadi berbahaya.

Di jalan menuju kamojang juga terdapat ikon jalur ini yakni Jembatan Kamojang. Jembatan ini ikonik karena bentuk dan warnanya yang mencolok ditengah keindahan alam pegunungan dan lembah. Sebelum mencapai Kamojang atau setelahnya, kita bisa berhenti sejenak disini untuk menikmati keindahan alam, berfoto dengan jembatan ikonik dan sekalian makan. Karena di tempat ini juga berderet warung-warung dan rumah makan.
Hill Bridge Geothermal Kamojang Bandung
Kamojang Hill Bridge
Jalur Kamojang ini tembus ke kabupaten Garut. Pada jalur ini di sisi Kab. Garut, terdapat beberapa objek wisata yang sudah punya nama seperti Kampung Sampireun, dll.

Kawasan Kamojang ini cukup luas dengan banyak sekali objek wisata. Belum lagi objek wisata di kawah tetangganya yakni Kawah Darajat. Kalau kita punya cukup waktu, kita bisa menjelajah berbagai objek wisata di kawasan pegunungan ini dalam 2-3 hari.

#WonderfulIndonesia

Jadwal Sholat

Warung Blogger

Warung Blogger

Kabar Terbaru

Postingan populer dari blog ini

Mengurus PBB yang diblokir di Cikarang, ke PEMDA Kab. Bekasi

Berawal dari salah satu syarat pengajuan KPR, yang disana tercantum harus ada “Copy PBB tahun terbaru”, saya jadi terlibat perjalanan bolak balik keliling Cikarang untuk mengurus PBB rumah yang diblokir. (Kisah saya mengajukan KPR, bisa dibaca disini)


PBB (Pajak Bumi dan Bangunan) adalah Pajak Negara yang dikenakan terhadap tanah dan bangunan. Lebih lengkapnya seputar PBB ini silahkan baca di situs resmi Dirjen Pajak di: http://www.pajak.go.id/content/seri-pbb-ketentuan-umum-pajak-bumi-dan-bangunan-pbb.


Ketika mengajukan Kredit ke Bank BTN Cabang Cikarang, saya dapat sebuah brosur berisi besaran kredit yang bisa diberikan beserta syarat-syaratnya.

Perpanjang STNK Motor di SAMSAT Cibinong

Ini pertama kalinya saya memperpanjang STNK motor di SAMSAT Kab. Bogor di Cibinong. Prosesnya sederhana dan Cepat. Seluruh proses hanya memakan waktu kurang lebih 40 menit.

Pertama-tama kita harus mempersiapkan dokumen-dokumen yang dibutuhkan. Untuk perpanjangan  STNK 1 tahun, yang harus dibawa adalah:
STNK AsliKTP Asli sesuai dengan nama di STNK
Awalnya saya kira harus menyerahkan BPKB juga, soalnya pengalaman saya mengurus STNK di SAMSAT Kota Tangerang gitu, harus bawa STNK Asli, KTP Asli dan BPKB. Namun

Mutasi SIM online di Tangerang

Seminggu sebelum SIM saya berakhir masa berlakunya, saya berangkat ke kantor SATPAS Polres Tangerang di Tangerang Kota. Saya kesana karena dulu, SIM C saya ini dibuat di Tangerang. Sebelumnya saya sudah browsing-browsing di internet, mencari informasi tentang mutasi SIM. Saya harus mutasi karena sekarang saya KTP-nya Bogor.

Saya bahkan sampai telpon ke Call Center Korlantas POLRI di 021-1500669, menanyakan prosedur mutasi SIM. Dari petugas yang menerima telpon saya, saya diberitahu bahwa saya harus Cabut Berkas dulu di Tangerang, lalu

Kereta Jakarta Cikarang

Bagi sebagian besar penduduk Jakarta, Cikarang adalah suatu tempat yang sangat jauh. Karena Cikarang itu letaknya diluar Bekasi. Bekasi aja udah jauh, apa lagi Cikarang ^_^. Padahal kalau melihat plang penanda jarak di Jalan Tol, jarak Jakarta-Cikarang itu hanya 30 Km.

Saya sekarang tinggal di Cikarang sementara kerja masih di Jakarta. Tiap hari dilaju Cikarang-Jakarta, adapun transportasi yang saya gunakan adalah

Pengalaman saya menggunakan Kartu Kredit BCA

Foto diatas adalah foto kartu BCA saya yang buram dan plastiknya sudah mengelupas. Eit… jangan salah sangka dulu, kondisi kartunya bisa sampai demikian bukan karena kualitas kartunya yang jelek, tapi karena kartunya yang telah “bekerja keras” selama 5 tahun! Kartu Kredit yang juga merangkap kartu Flazz ini telah menemani saya selama 5 tahun ini dan telah melakukan transaksi yang tak terhitung banyaknya, baik sebagai kartu kredit maupun kartu Flazz. Karenanya wajar saja kalau kondisinya sampai seperti demikian. Dan hebatnya lagi, biarpun sudah kusam mengelupas, kartu ini masih berfungsi dengan baik lho.

Meski kartu penggantinya sudah saya terima dari BCA, saya masih sayang sama kartu ini, jadi biarlah saya abadikan di postingan blog sebelum saya pensiunkan ^_^

Sekarang ini banyak orang yang antipati terhadap kartu kredit, disebut kartu setan lah, bikin orang terlilit hutang lah, dsb. Padahal sebenarnya Kartu Kredit itu hanyalah