Langsung ke konten utama

Lupa ulang tahun



Salah satu penyakit saya adalah suka lupa tanggal ulang tahun orang. Bahkan orang-orang yang saya sayangi. Pernah istri saya ngambek beberapa hari lamanya gara-gara saya lupa tanggal ulang tahunnya. Dan baru ingat seminggu kemudian. Alhasil saya mendapat hadiah ribuan cubitan dan omelan (kalo yang ini ngarang ^_^)

Saya terkadang berpikir mengapa untuk urusan per-ulang-tahun-an ini saya suka lupa?

Salah satu teori yang terlintas di pikiran saya adalah, mungkin ada semacam ketidakcocokan pada saya terhadap berbagai perayaan ulang tahun. Bukankah hari yang bertepatan dengan tanggal kita dilahirkan itu ya, biasa saja, tidak ada yang istimewa. Mengapa tanggal itu harus menjadi sedemikian sakral?

Meski saya juga tidak munafik, saya akan senang kalau ada teman merayakan ulang tahun dan bagi-bagi kue. Saya pasti akan menyantapnya dengan senang hati. Namun tetap saja saya "bermuka dua" he..he..he.. disatu sisi saya senang kalau ada pesta ulang tahun, namun disisi lain berpendapat, hari tanggal kita lahir itu tidak perlu harus diistimewakan.

Terkadang saya merenung lebih lama lagi, mengapa juga saya sampai berpikiran tanggal lahir itu biasa saja, tak perlu harus dipestakan. Dari pertanyaan itu, yang muncul malah pemikiran bahwa ulang tahun atau tepatnya perayaan ulang tahun sering dirayakan orang secara salah kaprah.

Tidak sedikit orang yang merayakan ulang tahun dengan menggelar pesta besar-besaran, menelan biaya bahkan sampai milyaran. Padahal bukankan lebih baik uang milyaran tersebut digunakan untuk hal-hal yang lebih berguna. Saya tidak perlu merinci hal-hal apa saja yang bisa disebut "hal-hal yang lebih berguna itu". Anda pasti punya daftar "hal-hal berguna" tersendiri. ^_^

Nah masalahnya, pemikiran yang sifatnya holistik atau makro ini berpengaruh pada cara saya memandang ulang tahun secara keseluruhan. Saya jadi punya anggapan hari ulang tahun itu biasa saja, sama dengan hari-hari lainnya. Akibatnya, saya dicemberutin istri karena lupa tidak mengucapkan ulang tahun he..he.. apes!

Meski saya menganggap hari ulang tahun itu biasa, saya juga setuju dengan pendapat bahwa hari ulang tahun bisa jadi kesempatan yang baik untuk mengevaluasi diri. Di umur yang kesekian ini, sudah sampai dimana kita. Berapa banyak hal-hal baik yang telah kita lakukan, berapa banyak hal buruk yang telah kita perbuat. Apa saja pencapaian-pencapaian kita, dll, dsb, etca, bla..bla..bla...

Ya saya sependapat dan mendukung "introspeksi dan evaluasi". Namun rupanya, penyakit lupa ulang tahun ini lumayan susah disembuhkan. Buktinya saya suka kelewat mengucapkan ulang tahun ke orang. He..he..he..

Jadwal Sholat

Warung Blogger

Warung Blogger

Kabar Terbaru

Postingan populer dari blog ini

Mengurus PBB yang diblokir di Cikarang, ke PEMDA Kab. Bekasi

Berawal dari salah satu syarat pengajuan KPR, yang disana tercantum harus ada “Copy PBB tahun terbaru”, saya jadi terlibat perjalanan bolak balik keliling Cikarang untuk mengurus PBB rumah yang diblokir. (Kisah saya mengajukan KPR, bisa dibaca disini)


PBB (Pajak Bumi dan Bangunan) adalah Pajak Negara yang dikenakan terhadap tanah dan bangunan. Lebih lengkapnya seputar PBB ini silahkan baca di situs resmi Dirjen Pajak di: http://www.pajak.go.id/content/seri-pbb-ketentuan-umum-pajak-bumi-dan-bangunan-pbb.


Ketika mengajukan Kredit ke Bank BTN Cabang Cikarang, saya dapat sebuah brosur berisi besaran kredit yang bisa diberikan beserta syarat-syaratnya.

Perpanjang STNK Motor di SAMSAT Cibinong

Ini pertama kalinya saya memperpanjang STNK motor di SAMSAT Kab. Bogor di Cibinong. Prosesnya sederhana dan Cepat. Seluruh proses hanya memakan waktu kurang lebih 40 menit.

Pertama-tama kita harus mempersiapkan dokumen-dokumen yang dibutuhkan. Untuk perpanjangan  STNK 1 tahun, yang harus dibawa adalah:
STNK AsliKTP Asli sesuai dengan nama di STNK
Awalnya saya kira harus menyerahkan BPKB juga, soalnya pengalaman saya mengurus STNK di SAMSAT Kota Tangerang gitu, harus bawa STNK Asli, KTP Asli dan BPKB. Namun

Mutasi SIM online di Tangerang

Seminggu sebelum SIM saya berakhir masa berlakunya, saya berangkat ke kantor SATPAS Polres Tangerang di Tangerang Kota. Saya kesana karena dulu, SIM C saya ini dibuat di Tangerang. Sebelumnya saya sudah browsing-browsing di internet, mencari informasi tentang mutasi SIM. Saya harus mutasi karena sekarang saya KTP-nya Bogor.

Saya bahkan sampai telpon ke Call Center Korlantas POLRI di 021-1500669, menanyakan prosedur mutasi SIM. Dari petugas yang menerima telpon saya, saya diberitahu bahwa saya harus Cabut Berkas dulu di Tangerang, lalu

Kereta Jakarta Cikarang

Bagi sebagian besar penduduk Jakarta, Cikarang adalah suatu tempat yang sangat jauh. Karena Cikarang itu letaknya diluar Bekasi. Bekasi aja udah jauh, apa lagi Cikarang ^_^. Padahal kalau melihat plang penanda jarak di Jalan Tol, jarak Jakarta-Cikarang itu hanya 30 Km.

Saya sekarang tinggal di Cikarang sementara kerja masih di Jakarta. Tiap hari dilaju Cikarang-Jakarta, adapun transportasi yang saya gunakan adalah

Gunung Munara - Hiking Pendek Yang Memacu Adrenalin

Gunung Munara

"Disini mulai rame sejak tahun baru kemarin"
"Tahun baru 2015 ini?"
"Iya, tahun baru 2015 ini, sebelumnya mah paling Sabtu Minggu doang, itu juga paling banyak 50 motor"

Begitulah percakapan singkat saya dengan teteh pemilik warung kelapa muda. Saya bertanya padanya sejak kapan Gunung Munara ini banyak dikunjungi. Nama Gunung Munara sekarang ini semakin sering dibicarakan orang. Spot pendakian yang terletak di daerah Rumpin, Bogor, ini memang tengah naik daun. Alasannya adalah, Gunung Munara memberikan tantangan yang sekelas naik gunung, namun jaraknya relatif pendek. Dari start mendaki sampai ke puncak, dibutuhkan waktu 1 – 1,5 jam saja.

Saya pun tertarik untuk menjajal track pendakian di Gunung Munara ini. Oh ya, meski namanya Gunung Munara, sebenarnya ini adalah sebuah bukit dengan batu-batu yang sangat besar. Dan yang membuat saya heran, banyak sekali batu-batu besar sebesar rumah yang tumpang tindih sedemikian rupa seolah sengaja disu…