Skip to main content

Hijau Negeriku

Pesona Indonesia
Karya: Adi Wiratmo


Judul “Hijau Negeriku” yang jadi judul blog ini saya jiplak dari judul sebuah foto karya Mas Adi Wiratmo diatas. Mas Adi jangan tuntut saya ya ^_^. Foto karya mas Adi ini diambil di Sidoarjo dan menjadi salah satu finalis dari sebuah lomba fotografi bertajuk “Potret Mahakarya Indonesia”. 

Saya melihat foto ini di acara Blogger Gathering yang terlaksana hari ini di Gedung Assembly Hall, Plaza Bapindo, Senayan Jakarta. Di acara ini dipajang juga foto-foto finalis yang lain. Berbagai tema mereka angkat, ada yang mengangkat gedung, pemandangan alam, tenun dan kerajinan, tarian, dsb.

Begitu pertama kali melihat deretan foto-foto tersebut, pandangan saya langsung terpaku ke sebuah frame berisi foto bernuansa hijau kekuningan. Otak saya langsung "tek", anjrit "sedap" banget ini foto. Silahkan lihat sendiri foto diatas, dan rasakan sensasi luar biasa yang dipancarkan oleh foto tersebut.

Undakan petak-petak pesawahan berisi padi yang mulai menguning dihiasi barisan pohon kelapa. Alam yang indah itu "dihuni" oleh seorang petani yang membawa pikulan. Foto tersebut tanpa perlu berkata sudah bicara, Inilah Indonesia.

Nuansa hijau pesawahan adalah hal yang umum ditemui di hampir seluruh wilayah Indonesia. Mari kita lihat foto berikut ini:
Pesona Gunung Cikuray Indonesia
Gunung Cikuray

Foto diatas diambil dari sebuah wilayah di Garut, Jawa Barat. Adapun Gunung yang melatar belakanginya adalah gunung Cikuray.  Foto ini diambil dengan menggunakan kamera HP 2 MP. Namun meski diambil dengan “lensa kamera seadanya” foto itu berbicara banyak. Dia bercerita bahwa Indonesia itu zamrud khatulistiwa. Tanahnya yang subur menjadikan setiap pepohonan bisa tumbuh dengan bahagia. Berdaun hijau, berbatang kokoh dan berbuah lebat. Begitu juga dengan pesawahannya. Tanah Indonesia yang senantiasa disiram hujan, menjadikan air mengalir dengan derasnya. Mengairi petak-petak sawah dan menumbuhkan padi-padi petani, yang nantinya diolah menjadi beras yang member tenaga kepada seluruh rakyat Indonesia.

Selain "memberi makan" dalam arti harfiah, keindahan alam Indonesia juga "memberi makan" kepada jiwa-jiwa kita. Keindahanya membentang dimana-mana, bahkan dihalaman rumah pun, hamparan sawah menjadi "green carpet" yang menyambut setiap jiwa-jiwa untuk menikmati keramahannya.

Pesona Indonesia
Pedesaan di Bogor
Foto diatas diambil dari halaman sebuah rumah di Bogor, Jawa Barat. Rumah-rumah di perkampungan sebenarnya tidak kalah mewah dengan istana-istana yang ada di kota. Malah bisa dibilang rumah diperkampungan itu “hiasan-hiasannya” langsung dari sang Maha Indah. Sehingga pemandangan yang bisa dinikmati itu pemandangan alami bukan buatan. Begitu juga dengan semua “fasilitas” alaminya. Semua sangat bermanfaat untuk digunakan sebagai sarana bermain dan belajar. 


Pesona Indonesia
Sungai di Bogor



Foto diatas diambil dari sebuah Sungai bernama sungai Cikuluwung di Bogor Jawa Barat. Airnya yang jernih sangat mengundang kita untuk menceburkan diri dan bercengkrama dengan derasnya aliran air. Kita aja orang dewasa suka dengan air jernihnya apa lagi anak-anak.
Saya kadang heran dengan orang-orang yang gandrung banget ingin tamasya ke Luar Negri. Dengan alas an ingin menikmati pemandangan Alam. Padahal di Indonesia kita ini semuanya ada. Mau Laut, Sungai, Gunung. Semua ada dan semuanya mempesona. Karena Indonesia adalah Maha Karya Indah dari Sang Maha Indah. Belum lagi adat dan kebudayaannya, yang mengandung nilai-nilai luhur.

Makanya, sebelum jauh-jauh ke Luar Negeri, tuntaskan dulu menjelajah wilayah-wilayah di Indonesia. Apa yang mau kamu lihat, terumbu karang? Hamparan hijau? Hewan-hewan eksotis? Kain, pahatan, tarian? Semua ada di Indonesia. Kecuali satu, Salju. Nah kalau mau lihat Salju, udah nyerah deh, di Indonesia susah nyari salju. ^_^

Jadwal Sholat

Warung Blogger

Warung Blogger

Kabar Terbaru

Popular posts from this blog

Mengurus PBB yang diblokir di Cikarang, ke PEMDA Kab. Bekasi

Berawal dari salah satu syarat pengajuan KPR, yang disana tercantum harus ada “Copy PBB tahun terbaru”, saya jadi terlibat perjalanan bolak balik keliling Cikarang untuk mengurus PBB rumah yang diblokir. (Kisah saya mengajukan KPR, bisa dibaca disini)


PBB (Pajak Bumi dan Bangunan) adalah Pajak Negara yang dikenakan terhadap tanah dan bangunan. Lebih lengkapnya seputar PBB ini silahkan baca di situs resmi Dirjen Pajak di: http://www.pajak.go.id/content/seri-pbb-ketentuan-umum-pajak-bumi-dan-bangunan-pbb.


Ketika mengajukan Kredit ke Bank BTN Cabang Cikarang, saya dapat sebuah brosur berisi besaran kredit yang bisa diberikan beserta syarat-syaratnya.

Perpanjang STNK Motor di SAMSAT Cibinong

Ini pertama kalinya saya memperpanjang STNK motor di SAMSAT Kab. Bogor di Cibinong. Prosesnya sederhana dan Cepat. Seluruh proses hanya memakan waktu kurang lebih 40 menit.

Pertama-tama kita harus mempersiapkan dokumen-dokumen yang dibutuhkan. Untuk perpanjangan  STNK 1 tahun, yang harus dibawa adalah:
STNK AsliKTP Asli sesuai dengan nama di STNK
Awalnya saya kira harus menyerahkan BPKB juga, soalnya pengalaman saya mengurus STNK di SAMSAT Kota Tangerang gitu, harus bawa STNK Asli, KTP Asli dan BPKB. Namun

Mutasi SIM online di Tangerang

Seminggu sebelum SIM saya berakhir masa berlakunya, saya berangkat ke kantor SATPAS Polres Tangerang di Tangerang Kota. Saya kesana karena dulu, SIM C saya ini dibuat di Tangerang. Sebelumnya saya sudah browsing-browsing di internet, mencari informasi tentang mutasi SIM. Saya harus mutasi karena sekarang saya KTP-nya Bogor.

Saya bahkan sampai telpon ke Call Center Korlantas POLRI di 021-1500669, menanyakan prosedur mutasi SIM. Dari petugas yang menerima telpon saya, saya diberitahu bahwa saya harus Cabut Berkas dulu di Tangerang, lalu

Membuat Paspor di Kantor Imigrasi Bogor

Bagi warga negara yang sudah berumur 17 diharuskan mempunyai KTP (Kartu Tanda Penduduk) sebagai kartu identitas. KTP ini diperlukan untuk banyak hal, sebagai bukti, tanda identitas seseorang. Namun KTP ini berlaku hanya kalau kita berada di dalam Negara kita sendiri, di Indonesia. Nah bagaimana kalau kita di Luar Negeri?

Ketika seseorang berada di Luar Negeri, maka tanda identitas dia bukan lagi KTP, melainkan Paspor (Passport). Paspor ini adalah KTP kita di dunia Internasional. Kalau untuk membuat KTP kita cukup mengurusnya di kantor Desa dan Kecamatan, maka untuk mengurus pembuatan Paspor, kita harus datang ke Kantor Imigrasi Kabupaten Kita.

Kebetulan saya ada pengalaman membuat Paspor di Kantor Imigrasi Kabupaten Bogor, di kota Bogor. Adapun lokasi kantor Imigrasi ini adalah:

Kereta Jakarta Cikarang

Bagi sebagian besar penduduk Jakarta, Cikarang adalah suatu tempat yang sangat jauh. Karena Cikarang itu letaknya diluar Bekasi. Bekasi aja udah jauh, apa lagi Cikarang ^_^. Padahal kalau melihat plang penanda jarak di Jalan Tol, jarak Jakarta-Cikarang itu hanya 30 Km.

Saya sekarang tinggal di Cikarang sementara kerja masih di Jakarta. Tiap hari dilaju Cikarang-Jakarta, adapun transportasi yang saya gunakan adalah