About


Hi, my name is Irpan. I live in Indonesia. This blog is to provide you with my trip stories, my ideas and some other things.

Facebook

BloggerHub

Connect with me

Jadwal Sholat

Hijau Negeriku

2 komentar
Pesona Indonesia
Karya: Adi Wiratmo
Judul “Hijau Negeriku” yang jadi judul blog ini saya jiplak dari judul sebuah foto karya Mas Adi Wiratmo diatas. Mas Adi jangan tuntut saya ya ^_^. Foto karya mas Adi ini diambil di Sidoarjo dan menjadi salah satu finalis dari sebuah lomba fotografi bertajuk “Potret Mahakarya Indonesia”.

Saya melihat foto ini di acara Blogger Gathering yang terlaksana hari ini di Gedung Assembly Hall, Plaza Bapindo, Senayan Jakarta. Di acara ini dipajang juga foto-foto finalis yang lain. Berbagai tema mereka angkat, ada yang mengangkat gedung, pemandangan alam, tenun dan kerajinan, tarian, dsb.

Begitu pertama kali melihat deretan foto-foto tersebut, pandangan saya langsung terpaku ke sebuah frame berisi foto bernuansa hijau kekuningan. Otak saya langsung "tek", anjrit "sedap" banget ini foto. Silahkan lihat sendiri foto diatas, dan rasakan sensasi luar biasa yang dipancarkan oleh foto tersebut.

Undakan petak-petak pesawahan berisi padi yang mulai menguning dihiasi barisan pohon kelapa. Alam yang indah itu "dihuni" oleh seorang petani yang membawa pikulan. Foto tersebut tanpa perlu berkata sudah bicara, Inilah Indonesia.

Nuansa hijau pesawahan adalah hal yang umum ditemui di hampir seluruh wilayah Indonesia. Mari kita lihat foto berikut ini:
Gunung Cikuray
Gunung Cikuray
Foto diatas diambil dari sebuah wilayah di Garut, Jawa Barat. Adapun Gunung yang melatar belakanginya adalah gunung Cikuray.  Foto ini diambil dengan menggunakan kamera HP 2 MP. Namun meski diambil dengan “lensa kamera seadanya” foto itu berbicara banyak. Dia bercerita bahwa Indonesia itu zamrud khatulistiwa. Tanahnya yang subur menjadikan setiap pepohonan bisa tumbuh dengan bahagia. Berdaun hijau, berbatang kokoh dan berbuah lebat. Begitu juga dengan pesawahannya. Tanah Indonesia yang senantiasa disiram hujan, menjadikan air mengalir dengan derasnya. Mengairi petak-petak sawah dan menumbuhkan padi-padi petani, yang nantinya diolah menjadi beras yang member tenaga kepada seluruh rakyat Indonesia.

Selain "memberi makan" dalam arti harfiah, keindahan alam Indonesia juga "memberi makan" kepada jiwa-jiwa kita. Keindahanya membentang dimana-mana, bahkan dihalaman rumah pun, hamparan sawah menjadi "green carpet" yang menyambut setiap jiwa-jiwa untuk menikmati keramahannya.
Pedesaan di Bogor
Pedesaan di Bogor
Foto diatas diambil dari halaman sebuah rumah di Bogor, Jawa Barat. Rumah-rumah di perkampungan sebenarnya tidak kalah mewah dengan istana-istana yang ada di kota. Malah bisa dibilang rumah diperkampungan itu “hiasan-hiasannya” langsung dari sang Maha Indah. Sehingga pemandangan yang bisa dinikmati itu pemandangan alami bukan buatan. Begitu juga dengan semua “fasilitas” alaminya. Semua sangat bermanfaat untuk digunakan sebagai sarana bermain dan belajar.
Sungai di Bogor
Sungai di Bogor
Foto diatas diambil dari sebuah Sungai bernama sungai Cikuluwung di Bogor Jawa Barat. Airnya yang jernih sangat mengundang kita untuk menceburkan diri dan bercengkrama dengan derasnya aliran air. Kita aja orang dewasa suka dengan air jernihnya apa lagi anak-anak.

Saya kadang heran dengan orang-orang yang gandrung banget ingin tamasya ke Luar Negri. Dengan alas an ingin menikmati pemandangan Alam. Padahal di Indonesia kita ini semuanya ada. Mau Laut, Sungai, Gunung. Semua ada dan semuanya mempesona. Karena Indonesia adalah Maha Karya Indah dari Sang Maha Indah. Belum lagi adat dan kebudayaannya, yang mengandung nilai-nilai luhur.

Makanya, sebelum jauh-jauh ke Luar Negeri, tuntaskan dulu menjelajah wilayah-wilayah di Indonesia. Apa yang mau kamu lihat, terumbu karang? Hamparan hijau? Hewan-hewan eksotis? Kain, pahatan, tarian? Semua ada di Indonesia. Kecuali satu, Salju. Nah kalau mau lihat Salju, udah nyerah deh, di Indonesia susah nyari salju. ^_^



Related Posts

2 komentar

  1. Liburan ke pedesaan, bikin damai hati murah meriah
    Liburan ke luar negeri, bikin kaya orang lain..

    BalasHapus
    Balasan
    1. Setuju banget....
      Ijin copy paste kata-katanya ya ^_^

      Hapus

Posting Komentar