About


Hi, my name is Irpan. I live in Indonesia. This blog is to provide you with my trip stories, my ideas and some other things.

Facebook

BloggerHub

Connect with me

Jadwal Sholat

Kolam Renang Air Panas Tersembunyi di kaki gunung Salak

1 komentar
Cipanas Karang Endah, Ciasmara, Bogor

Dalam kisah-kisah petualangan ala Indiana Jones, sering diceritakan sebuah penjelajahan mencari kota emas yang hilang yang tersembunyi dibalik gunung dalam sebuah lembah yang Indah. Namun perjalanan untuk mencapai kesana tidaklah mudah, karena harus menembus belantara yang jarang terjamah manusia. Di dalamnya dihuni tidak saja binatang buas namun juga suku terasing pemakan manusia. Setelah menembus belantara, jalan berikutnya yang harus ditempuh adalah sebuah gua yang berada di balik air terjun raksasa. Gua panjang menyeramkan yang dipotong oleh jurang sangat dalam berdasar magma merah panas menggelegak. Untuk menyeberangi jurang tersebut terdapat jembatan rapuh yang mau tak mau harus ditempuh.

Di seberang jembatan berserakan tengkorak manusia. Rupanya mereka adalah korban ular raksasa bertanduk tembaga penghuni gua yang kini melingkar di tengah pelataran bundar. Di belakang sang ular nampak lorong dengan titik terang diujungnya. Singkat cerita setelah pertempuran hidup mati melawan ular raksasa, sang ular pun berhasil dibasmi. Perjalanan dapat dilanjutkan kembali. Lorong dengan titik cahaya diujungnya merupakan ujung dari gua berbahaya yang barusaja dilalui.  

Ujung dari gua ternyata sebuah lubang di dinding tebing, dibawahnya membentang lembah hijau ranau dibelah sungai keperakan. Lembah yang dikelilingi dinding-dinding tebing yang dingin. Disanalah terletak kota emas yang hilang itu…

Baiklah cukup cerita ala Indiana Jonesnya. Sebenarnya sih saya itu mau menceritakan kisah jalan-jalan saya di pemandian Air Panas Cipanas Karang Endah, di kaki gunung Salak, Bogor. Namun karena tempatnya yang cukup tersembunyi, sehingga mengingatkan saya akan cerita ala Indiana Jones itu. Jadilah rada berkhayal dikit ^_^.

Yang menarik dari tempat ini adalah rasa petualangannya. Jadi keasyikannya bukan hanya ketika sudah berada di lokasi saja, namun petualangan seru sudah dimulai ketika dalam perjalanan menuju ke tempat ini. Kalau mau hiperbola dikit, Cipanas Karang Endah ini letaknya di ujung dunia hehe.. dia terletak cukup jauh dari kampung terakhir di desa Ciasmara. Kalau kita menggunakan mobil, kita hanya bisa sampai kampung terakhir ini, kemudian dilanjutkan dengan berjalan kaki. Tapi kalau kita naik motor, kita bisa mengendarainya sampai di lokasi.
Cipanas Karang Endah Ciasmara Bogor
Jalan Celah yang membelah bukit
Nah, setelah kampung terakhir ini, kita menyusuri jalan yang lebarnya hanya muat satu motor. Jalan ini melalui sebuah bukit dan membelahnya. Betul-betul membelah bukit. Sepertinya ketika mengembangkan tempat ini menjadi tujuan wisata untuk umum, si pengembang punya ide unik dan ingin membuat sesuatu yang khas. Maka jalan menuju ke lokasi tidaklah melingkari bukit namun benar-benar membelahnya. Pengembang membuat celah di bukit dengan melubangi tengah-tengah bukit sampai kedalaman tak kurang dari 10 meter dan menjadikannya jalan. Yang terbentuk kemudian adalah sebuah jalan yang unik, karena berupa jalan celah ditengah bukit. Melewati jalan celah ini kita akan merasakan suatu sensasi yang seru. Selepas jalan celah ini, sampailah kita ke sebuah lembah yang disana terletak objek wisata Cipanas Karang Endah.

Saya kesini waktu liburan sekolah anak-anak kemarin. Kebetulan tempatnya dekat dengan rumah neneknya anak-anak. Cipanas Karang Endah merupakan destinasi wisata yang terbilang baru. Awalnya merupakan tempat peristirahatan pribadi, namun kemudian dikembangkan menjadi tempat wisata untuk umum. Disini terdapat kolam renang, vila-vila, tempat budidaya ikan, dan bangunan menyerupai rumah kaca tempat membudidayakan beberapa jenis tanaman. Kalau kita mau sedikit berhiking ria, dari kolam air panas ini kita bisa melanjutkan jalan kaki ke curug alias air terjun, dan kawah kecil.
Kolam Renang Cipanas Karang Endah Ciasmara Bogor
Kolam Renang
Untuk kolam renangnya sendiri, ada kolam renang air dingin ada juga kolam renang air panas. Tentu saja saya memilih berendam di kolam air panas. Hiburan music dangdut dari sistem pengeras suara menambah meriah suasana. Lagu-lagu yang diputar kebanyakan lagu-lagunya Mansyur S. Sesekali ada juga pengunjung yang turut sumbang suara dengan cara karaoke.

Selain kolam renang, disitu terdapat kolam-kolam ikan. Ikan yang dibudidayakan disini adalah ikan hias jenis ikan koi. Kita bisa melihat ikan koi besar-besar beraneka warna, berenang kesana-kemari dalam aliran air yang sangat jernih. Di lokasi ini memang dialiri oleh beberapa selokan cukup lebar dan berair jernih. Airnya langsung dari gunung. Ini yang membuat kita suka berlama-lama disini, menikmati pemandangan gunung dan hutan, juga memperhatikan tingkah ikan koi warna-warni berenang kesana kemari. Damaaiii….

Tiket masuk ke lokasi ini terhitung murah:
  •       Parkir motor 2rb
  •       Tiket masuk lokasi 3rb
  •       Tiket kolam renang 3rb
Kita juga bisa memesan berbagai menu makanan disini.

Di lokasi ini terdapat beberapa bangunan villa. Rata-rata terbuat dari bambu, sungguh asri. Ketika nanya-nanya berapa harga sewanya, penjaga disitu bilang 500rb/malam. Bangunan villanya cukup besar, sehingga sangat cocok kalau mau mengadakan acara keluarga besar. Mereka juga menerima pesanan catering, dihitung perorang.
Villa Cipanas Karang Endah Ciasmara Bogor
Villa yang bisa disewa
Untuk mencapai tempat ini, kalau dari Jakarta, kita bisa menyusuri jalan provinsi yang menghubungkan Jawa Barat dengan Banten. Jadi dari Jakarta, kita ke Bogor, dari Bogor menyusuri jalan ke arah Jasinga. Kira-kira 2 Km sebelum Leuwiliang, ada perempatan bernama “Cemplang”, disini kita belok kiri, menyusuri jalan KH. Abdul Hamid, menuju ke Ds. Ciasmara. Dari perempatan Cemplang ke Ciasmara ini sekitar 15 Km. Ketika sampai disini, kita bisa nanya-nanya arah ke Cipanas Karang Endah. Soalnya lumayan banyak belokannya.

Kalau di Google Maps, kita bisa search dengan keyword “Cipanas Karang Endah”. Lokasinya ada di @-6.7107262,106.6648718,2214m

Kondisi jalannya waktu saya kemarin kesana, sebagian besar sudah di beton. Namun ada ruas jalan yang cukup panjang, yang masih berupa jalan batu. Belum lagi beberapa tanjakan yang cukup panjang dan di beberapa tempat tanjakannya lumayan curam. Karenanya kalau kita mau kesini, pastikan kita menggunakan kendaraan yang “Sehat” hehe… soalnya kalau kendaraan yang kurang sehat, takutnya malah timbul masalah dijalan.

Untuk lebih jelasnya silahkan tonton video perjalanan saya berikut ini:



Ok, sekian dulu cerita saya. Selamat ber-Indiana Jones ^_^
Liburan keluarga Cipanas Karang Endah Ciasmara Bogor
Liburan sekeluarga di Cipanas Karang Endah Ciasmara Bogor


Related Posts

1 komentar

Posting Komentar