Langsung ke konten utama

Kamojang, jalur alternatif Bandung-Garut

Kamojang Hill Bridge
Kamojang Hill Bridge

Sejak lama jalan yang menghubungkan kabupaten Garut dengan Kabupaten Bandung adalah melewati Nagreg. Namun seiring perkembangan kawasan Garut dan Bandung, ruas jalan Bandung – Garut via Nagreg ini semakin kewalahan menampung banyaknya kendaraan yang melewatinya.

Pada waktu-waktu tertentu, terutama menjelang hari raya atau libur panjang, sudah bisa dipastikan ruas jalan ini akan mengalami kemacetan panjang. Adapun titik-titik macetnya jika dari Bandung ke arah Garut, di antaranya: Rancaekek, Nagreg, Kadungora, Leles dan Tarogong.

Sebenarnya jalur Bandung – Garut ini memiliki beberapa jalur alternatif.
Yang paling terkenal adalah jalur Cijapati dan jalur Kamojang. Hanya saja, karena kondisi medan jalan yang berbukit-bukit mengakibatkan jalan yang harus ditempuh penuh dengan tanjakan dan turunan curam. Belum lagi kondisi jalan yang sempit dan rusak dibeberapa tempat membuat orang enggan untuk menggunakan jalur ini.

Namun jalur alternatif khususnya jalur Kamojang kini telah dibenahi. Jalur tembus dari Kabupaten Bandung ke Garut melewati kawah Kamojang ini, sekarang telah diperlebar dan dibeton.
 Kamojang, jalan alternatif Bandung - Garut
Meski jalan menanjak, namun sudah dibeton
Selain itu dibangun jalan baru di kawasan Cukang Monteng yang terkenal dengan Tanjakan Mematikannya. Jalan baru ini dibangun melingkari pinggang bukit, tidak menanjak ke puncak bukit lagi seperti jalan yang lama.
Kamojang, Jalur Alternatif Bandung-Garut
Tanjakan Monteng di jalan lama


Untuk mencapai jalan Kamojang ini, kalau dari Jakarta/Bandung kita harus ke Majalaya dulu. Untuk mencapai Majalaya, ada dua jalur:
Peta menuju ke Kamojang dari Bandung
Peta menuju ke Kamojang dari Bandung
  • Lewat Bale Endah: keluar di pintu tol Moh. Toha, menuju ke arah Dayeuh Kolot, terus ke Bale Endah, Ciparay dan Majalaya.
  • Lewat Rancaekek:  keluar pintu tol Cileunyi, menuju ke Rancaekek, di Rancaekek kita belok kanan ke arah Majalaya.

Jika kita melewati jalur Kamojang, kita akan disuguhi oleh pemandangan yang masih sangat alami. Di sepanjang jalan terutama menjelang bukit Kamojang, kita akan melewati pesawahan dengan Teraseringnya yang indah.
Kamojang, Jalur Alternatif Bandung-Garut
Pemandangan menuju ke Kamojang


Selain itu kita juga akan melewati jembatan Kamojang Hill Bridge yang ikonik. Jembatan ini dicat kontras dengan lingkungan sekitarnya, sehingga bisa dikenali sekalipun dari jarak yang jauh. Dari jembatan ini kita bisa melihat pemandangan dataran Bandung yang Indah.

Selepas jalan baru, kita akan memasuki kawasan Kawah Kamojang. Kawah Kamojang ini merupakan kawah vulkanik yang juga sumber panas bumi. Sejak lama disini telah berdiri Pembangkit Listrik Tenaga Panas Bumi.
PLTP Kamojang
Kawasan PLTP Kamojang

Kini pembangkit listrik tersebut dikelola oleh Pertamina dan PT. Indonesia Power. Di kawasan ini kita bisa menikmati perpaduan suasana Industri Modern dengan lingkungan alami yang asri.

Selain pembangkit listrik, di sini juga terdapat banyak sekali objek wisata. Ada objek Wisata Kawah Kamojang, di dalamnya ada beberapa kawah seperti Kawah Kereta Api dengan semburan air panasnya (Geyser), Kawah Nirwana, Kawah Hujan, Kawah Manuk, Kawah Cibuliran serta Kawah Kamojang.
Kamojang, Jalur Alternatif Bandung-Garut
Danau Vulkanik Kamojang

Ada juga sumber panas bumi yang dibangun menjadi sauna alami, pemandian air panas, dsb. Di kawasan ini juga terdapat beberapa danau vulkanik yang mengepulkan asap.

Selain yang bertema kawah, ada juga objek wisata yang bertema Flora dan Fauna. Di sini ada kawasan Hutan Lindung Mandalawangi, yang menjadi kawasan konservasi berbagai jenis tanaman yang dikembangkan dan dilindungi. Selain itu ada juga pusat Konservasi Burung Elang, dll.
Mandalawangi Kamojang Bandung Garut
Kawasan Wisata Hutan Mandalawangi
Mandalawangi Kamojang Bandung Garut
Kawasan Wisata Hutan Mandalawangi

Mandalawangi Kamojang Bandung Garut
Kawasan Wisata Hutan Mandalawangi

Jalan dan jembatan baru di jalur alternatif Bandung – Garut via Kamojang ini, memang belum diresmikan, namun sudah bisa dipergunakan. Dengan keasrian alamnya dan banyaknya objek wisata, jalur ini layak untuk kita kunjungi. Baik menggunakan mobil ataupun touring dengan sepeda motor. Sambil menghindari macet, kita bisa sambil berwisata alam.

Jadwal Sholat

Warung Blogger

Warung Blogger

Kabar Terbaru

Postingan populer dari blog ini

Mengurus PBB yang diblokir di Cikarang, ke PEMDA Kab. Bekasi

Berawal dari salah satu syarat pengajuan KPR, yang disana tercantum harus ada “Copy PBB tahun terbaru”, saya jadi terlibat perjalanan bolak balik keliling Cikarang untuk mengurus PBB rumah yang diblokir. (Kisah saya mengajukan KPR, bisa dibaca disini)


PBB (Pajak Bumi dan Bangunan) adalah Pajak Negara yang dikenakan terhadap tanah dan bangunan. Lebih lengkapnya seputar PBB ini silahkan baca di situs resmi Dirjen Pajak di: http://www.pajak.go.id/content/seri-pbb-ketentuan-umum-pajak-bumi-dan-bangunan-pbb.


Ketika mengajukan Kredit ke Bank BTN Cabang Cikarang, saya dapat sebuah brosur berisi besaran kredit yang bisa diberikan beserta syarat-syaratnya.

Perpanjang STNK Motor di SAMSAT Cibinong

Ini pertama kalinya saya memperpanjang STNK motor di SAMSAT Kab. Bogor di Cibinong. Prosesnya sederhana dan Cepat. Seluruh proses hanya memakan waktu kurang lebih 40 menit.

Pertama-tama kita harus mempersiapkan dokumen-dokumen yang dibutuhkan. Untuk perpanjangan  STNK 1 tahun, yang harus dibawa adalah:
STNK AsliKTP Asli sesuai dengan nama di STNK
Awalnya saya kira harus menyerahkan BPKB juga, soalnya pengalaman saya mengurus STNK di SAMSAT Kota Tangerang gitu, harus bawa STNK Asli, KTP Asli dan BPKB. Namun

Kereta Jakarta Cikarang

Bagi sebagian besar penduduk Jakarta, Cikarang adalah suatu tempat yang sangat jauh. Karena Cikarang itu letaknya diluar Bekasi. Bekasi aja udah jauh, apa lagi Cikarang ^_^. Padahal kalau melihat plang penanda jarak di Jalan Tol, jarak Jakarta-Cikarang itu hanya 30 Km.

Saya sekarang tinggal di Cikarang sementara kerja masih di Jakarta. Tiap hari dilaju Cikarang-Jakarta, adapun transportasi yang saya gunakan adalah

Mutasi SIM online di Tangerang

Seminggu sebelum SIM saya berakhir masa berlakunya, saya berangkat ke kantor SATPAS Polres Tangerang di Tangerang Kota. Saya kesana karena dulu, SIM C saya ini dibuat di Tangerang. Sebelumnya saya sudah browsing-browsing di internet, mencari informasi tentang mutasi SIM. Saya harus mutasi karena sekarang saya KTP-nya Bogor.

Saya bahkan sampai telpon ke Call Center Korlantas POLRI di 021-1500669, menanyakan prosedur mutasi SIM. Dari petugas yang menerima telpon saya, saya diberitahu bahwa saya harus Cabut Berkas dulu di Tangerang, lalu

Gunung Munara - Hiking Pendek Yang Memacu Adrenalin

Gunung Munara

"Disini mulai rame sejak tahun baru kemarin"
"Tahun baru 2015 ini?"
"Iya, tahun baru 2015 ini, sebelumnya mah paling Sabtu Minggu doang, itu juga paling banyak 50 motor"

Begitulah percakapan singkat saya dengan teteh pemilik warung kelapa muda. Saya bertanya padanya sejak kapan Gunung Munara ini banyak dikunjungi. Nama Gunung Munara sekarang ini semakin sering dibicarakan orang. Spot pendakian yang terletak di daerah Rumpin, Bogor, ini memang tengah naik daun. Alasannya adalah, Gunung Munara memberikan tantangan yang sekelas naik gunung, namun jaraknya relatif pendek. Dari start mendaki sampai ke puncak, dibutuhkan waktu 1 – 1,5 jam saja.

Saya pun tertarik untuk menjajal track pendakian di Gunung Munara ini. Oh ya, meski namanya Gunung Munara, sebenarnya ini adalah sebuah bukit dengan batu-batu yang sangat besar. Dan yang membuat saya heran, banyak sekali batu-batu besar sebesar rumah yang tumpang tindih sedemikian rupa seolah sengaja disu…