BREAKING NEWS

[5]

Tips Mencari Kamera Pengintai Di Kamar Hotel

kamar hotel
Kamar Hotel

Masyarakat jaman now kini tengah menggandrungi traveling. Bahkan tidak jarang orang sekarang mengkaitkan kondisi seseorang yang tengah stress atau kelelahan dengan kurangnya dia bepergian, atau istilahnya "Kurang Piknik".

Kegiatan melancong alias traveling ini dilakukan olah hampir semua kalangan masyarakat, tidak hanya kelas ekonomi menengah keatas saja.

Seiring maraknya kegiatan traveling, bisnis-bisnis seputar pelesir ini pun kian menjamur. Mulai dari bisnis makanan, cenderamata, sewa kendaraan, sampai tempat menginap. Apalagi didukung oleh berbagai aplikasi sosial media, menjadikan hal-hal seputar traveling mudah diakses oleh semua orang.

Untuk makanan misalnya, sudah cukup lama ada istilah wisata kuliner. Dimana orang menyengajakan pergi ke suatu tempat, hanya untuk menikmati hidangan yang terkenal di sosmed.

Dan untuk tempat menginap, dengan munculnya berbagai model bisnis tempat menginap, kini hadir banyak sekali pilihan orang untuk menginap. Mulai dari yang bertarif jutaan permalam, sampai yang tarifnya hanya beberapa puluh ribu saja per malam.

Nah, pada kesempatan ini, saya ingin bercerita tentang potensi/kemungkinan adanya kamera tersembunyi di kamar-kamar penginapan.

Btw, mungkin nggak sih di sebuah kamar penginapan ada kamera pengintainya?

Well, mungkin saja. Terbukti dengan terjadinya berbagai kasus perekaman tanpa ijin dan tanpa sepengetahuan orang yang direkam, yang terjadi di berbagai negara, seperti Kanada, Irlandia, dan Korea Selatan.

Malah di Korea Selatan, kini sedang marak modus kejahatan sex digital dengan menggunakan kamera tersembunyi ini. Para pelaku memasang kamera pengintai di toilet umum, kamar ganti pakaian bahkan di kamar hotel. Kemudian video hasil perekamannya diunggah di internet dan bisa diakses oleh mereka yang telah membayar sejumlah uang untuk bisa melihatnya.

Para aktifis bekerjasama pihak berwenang Korea Selatan kini tengah berjuang untuk memberantas aksi-aksi perekaman tersembunyi ini.

Bagiamana caranya kita bisa mengetahui apakah di kamar penginapan kita ada kamera tersembunyi atau tidak?

Berikut saya tuliskan beberapa tips yang saya tahu. Mudah-mudahan dengan cara ini sudah cukup ya, dan kalau diantara pembaca ada yang punya tips lain, boleh banget dishare di kolom komentar di bawah.

Ok, berikut tips untuk menemukan kamera tersembunyi yang mungkin dipasang di kamar penginapan.

1. Perhatikan barang-barang di seantero ruangan
Kamar Hotel/Penginapan umumnya terdiri dari hal-hal yang "standar", meskipun memang ada beberapa hal detail yang berbeda di tiap hotel, sesuai konsep yang dia usung.

Nah, kita sebaiknya menggunakan nalar kita untuk mencermati benda-benda yang ada di seantero kamar.

Jam Digital dengan Kamera Pengintai
Jam Digital dengan Kamera Pengintai
Kalau kita iseng di website/aplikasi ecommerce, ketik aja "kamera pengintai" atau "kamera tersembunyi". Hasilnya wow, ada banyak sekali barang sehari-hari yang ditanami kamera tersembunyi. Sebut saja:
  • Jam meja digital
  • Jam dinding
  • Smoke detector
  • Vas bunga
  • Cermin
  • Bola lampu
  • Speaker
  • Colokan USB buat nge-cas
  • Kapstok buat menggantung baju
  • dsb
Kemudian perhatikan juga, bagaimana penempatan barang-barang tersebut, apakah mengarah ke tempat tidur atau kamar mandi, atau area privat lainnya? Jika kita menemukan benda yang menghadapnya tepat ke arah tempat-tempat tadi, tidak ada salahnya kita periksa.


2. Menggunakan lampu senter hp.
Jika setelah melihat dengan mata telanjang kita tidak menemukan benda yang bisa dicurigai ditanami kamera, selanjutnya kita bisa menggunakan trik lainnya, yakni menggunakkan senter Hp.

Sejauh ini yang namanya kamera itu tentu mempunyai lensa. Karena "mata" kamera ya lensa itu. Nah, Lensa kamera itu memantulkan cahaya.

Karenanya kita bisa mencari letak lensa tersembunyi dengan bantuan senter hp. Caranya adalah, kita matikan lampu kamar, lalu nyalakan senter hp.

Soroti semua bagian kamar dengan lampu senter. Perhatikan dengan teliti, kalau-kalau ada kilatan pantulan cahaya dari benda/lokasi tertentu. Kalau ada pantulan cahaya, bisa jadi itu berasal dari lensa kamera.

Setelah menyapu semua area kamar, dan misalnya ditemukan titik pantulan lensa kamera, di satu tempat atau lebih, nyalakan kembali lampu kamar, lalu periksa titik yang ada pantulan cahaya tadi. Siapa tahu disitu tertanam kamera tersembunyi.

Kini ada perusahaan start up yang mengembangkan alat khusus yang memanfaatkan konsep pantulan cahaya ini.
Spyfinder Pro

Jadi mereka membuat alat yang memancarkan cahaya led yang kuat. Led ini dipasang mengelilingilensa berwarna merah. Kita melihat seantero ruangan melalui lensa merah ini. Kalau ada kamera yang memantulkan cahaya led tadi, maka akan terlihat lebih jelas melalui lensa merah ini.

3. Menggunakan aplikasi "pengendus" WiFi
Fing
Aplikasi Fing
Sekarang ini banyak aplikasi "pengendus WiFi" yang bisa kita install di Hp. Adapun dasar pemikirannya adalah, bahwa kamera sekarang ada yang mengirimkan gambar hasil rekamannya itu secara nirkabel alias wireless. Dengan demikian, kameranya bisa ditanam di berbagai benda tanpa harus ada kabel yang keluar dari benda tersebut.

Nah dengan demikian, kita bisa mencoba mengendus sinyal wifi yang dipancarkan oleh kamera ini. Salah satu aplikasi yang bisa kita pakai adalah aplikasi Fing. Dengan Fing, kita bisa melihat berbagai perangkat yang memancarkan sinyal wifi di ruangan kita.

Cara ini mungkin tidak sesederhana cara 1 dan 2 diatas. Namun ini kita lakukan jika cara 1 dan 2 belum berhasil, dan kita masih belum puas dan ingin mengecek sekali lagi, takutnya si pemasang kamera memasang kameranya dengan sangat rapi sehingga luput dari scanning kita.

Silahkan install aplikasi Fing atau aplikasi sejenis lainnya di Hp. Lalu jalankan fitur scanningnya. Hasilnya nanti adalah daftar dari perangkat-perangkat yang ada di sekitar kita, yang memancarkan sinyal WiFi.

Kalau dari daftar tersebut terlihat ada perangkat yang mencurigakan, kita kemudian bisa mengulang langkah 1 dan 2 untuk mencari perangkat tadi.

4. Menggunakan RF Detector
Kalau ini mah udah level Agen CIA he..he.. Kita menggunakan alat khusus untuk mendeteksi adanya pancaran gelombang radio di kamar kita.

Dengan alat ini, kita sapu ruangan. Kalau alat kita berbunyi dan ketika diarahkan ke suatu titik, bunyinya makin kencang, bisa jadi disitu ada alat yang memancarkan gelombang radio.

Namun rupanya ada trik sederhana yang bisa kita gunakan sebagai pengganti alat RF detector ini. Caranya adalah, setelah ada di dalam kamar, cobalah telpon teman kita, lalu set hp dalam mode loud speaker. Teruslah berbicara dengan teman yang kita telpon tadi sambil mengitarkan hp kita ke seantero ruangan kamar.

Kalau ada sinyal radio, biasanya di speaker hp akan timbul bunyi gemerisik, selain suara teman bicara kita di seberang. Ketika di suatu titik muncul bunyi gemerisik, coba lebih dekatkan lagi. Setelah yakin titiknya, coba periksa dengan seksama titik tersebut, siapa tahu kameranya ditanam di sana.

Apa yang dilakukan setelah kameranya ditemukan?
Ok, kalau misalnya semuanya aman, gak ada kamera tersembunyi di kamar kita, ya selanjutnya kita bisa menikmati liburan di kamar hotel tersebut dengan bebas dan nyaman.

Namun kalau misalnya kita menemukan kamera tersembunyi, selanjutnya gimana?

Pada dasarnya terserah anda. Anda bisa:
  • melapor ke management hotel
  • melapor ke polisi
  • atau bahkan menghancurkan kamera tersebut
  • atau sekedar mematikannya dengan mencabut kabel listriknya kalau ada
  • atau cara paling simpel, tutupi saja lensanya dengan benda lain,dengan demikian kamera tersebut tidak merekam gambar apapun selain gelap.

Namun perlu diwaspadai juga kalau-kalau ada microphone tersembunyi, yang bisa merekam percakapan kita.

Btw, siapalah kita ya, yang mesti se-paranoid itu dengan kamera/mikropon tersembunyi. Namun demikian tidak ada salahnya kita mengambil tindakan pencegahan. Jangan sampai aktifitas liburan kita di kamar hotel, apalagi aktifitas pribadi, tiba-tiba tersebar di Internet dan dikonsumsi orang seantero dunia. Serem kan?

Lagi pula cukup mengasyikan juga ya melakukan scanning kamar hotel untuk mencari kamera tersembunyi.

Happy hunting.
***

Credit gambar, dari atas ke bawah:
- Paul Sableman
- Spy Camera Pen
- spyfinderpro.com
- fing.com


Tips Mencari Kamera Pengintai Di Kamar Hotel Tips Mencari Kamera Pengintai Di Kamar Hotel Reviewed by irpanisme on November 06, 2019 Rating: 5

19 komentar:

  1. Waduh, beneran ada yang beginian ya mas? aku sangka kamar hotel kan privasi, jadi parno nih. >.<

    BalasHapus
  2. Wah.. bahaya ini ya,Mas Irpan. Mulai sekarang saya harus waspada nih, kalau nginap di hotel.
    Padahal kalau dipikir-pikir, kamera pengintai dibuat dengan menyatukan dalam perabot itu sangat membantu ya. Misalnya untuk mengintai pencuri, ART usil dan lainnya. Hanya sayangnya ini, malah disalahgunakan. jadi harus diri kita yang mawas diri.

    BalasHapus
  3. Wah, harus waspada ya intinya.. Jadi kayak main detektif2an. Tapi demi keamanan dan kebyamanan memang tidak ada salahnya sih kita cek. Terima kasih untuk tipsnya ya...

    BalasHapus
  4. Ternyata ada juga ya yang seperti ini. Memang kita harus waspada selalu

    BalasHapus
  5. Wah ngeri sekali ya jadinya waspada lah,aku langsung screenshot nih tips2 nya untuk jaga jaga kalau lagi di hotel

    BalasHapus
  6. Wah serem juga ya. Tapi ada satu yang kurang mas, kamera di mata teddy bear hihihi terlalu mainstream ya ini

    BalasHapus
  7. Jangan sampe deh nginep di kamar hotel yang di dalamnya ada kamera tersembunyi. Untuk daerah2 yang belum kita kenal, memang sebaiknya lebih waspada untuk menghindari hal-hal yang tidak diinginkan. Makasi infonya ya mas.

    BalasHapus
  8. Kok aku gak pernah kepikiran kayak gini ya? bisa jadi sih, masih ada kemungkinan ya Mas... Apalagi sekarang banyak banget kejahatan digital yang terjadi... Duh, harus lebih waspada lagi ya kalo keman-mana... Makasih lho mas infonya, bermanfaat banget

    BalasHapus
  9. Ya ampun aku ga ngeh loh kalau ternyata ada penginapan seperti itu, ngeri juga nih andai kalau direkam kejadian di dalam kamar dan tersebar gitu aja. Bermanfaat banget nih tips kali ini, kudu lebih detil meriksa kamar hotel

    BalasHapus
  10. Tfs yaa Mas Irpan,,, berfaedah banget ini,, scr selama ini kl check in ke hotel gak kepikiran meriksa² fyuhh ngeri jg kl sempet ada cctv tersembunyi ya

    BalasHapus
  11. Serem amat ya mas. Kalau yg lagi honeymoon bisa gawat itu. Semoga kita dijauhkan dari hal hal buruk sepeeti itu dan hal buruk lainnya. Ntar kalau mau nginap di hotel kudu cek ricek dulu... Btw, tfsnya mas...

    BalasHapus
  12. Ahhh aku juga baru tahu ttg Cctv ini saat baca artikel apa gitu mas
    Ngeri yahh, kayak ga ada privasi samsek. Tapi bikin berhati hati deh saat staycation gitu hehee

    BalasHapus
  13. Yg nomer 4 itu saya pernah lihat di salah satu film hollywood. Judulnya lupa. Hehe
    Menyeramkan klo terkena kamera tersembunyi ini. Walopun kita korban, teuteup weee panas dingin.
    Secara kita bintang utamanya gitu lhoo

    BalasHapus
  14. Saya baru sekali menginap di hotel dan tidak pernah memikirkan kemungkinan kamera pengintai. Duh, sering nonton film detektif tetapi tak berpikir sampai sejauh ini.
    Kapan-kapan jika nginap ke hotel akan terapkan kewaspadaan ini. Hal yang privasi tidak boleh diumbar keluar oleh orang jahat.

    BalasHapus
  15. Duh serem amat yaaa. Tapi emang bbrp kali keikiran sih kyk di pilem2 gtu ada kamera tersembunyi. Tapi moga2 hotel2 yg selama ini diinapin aman lha ya. Tapi tipsnya oke juga mas, tengkyu udah ngingetin dan berbagi tips.

    BalasHapus
  16. aku belum pernah berfikiran tentang adanya kamera pengintai kak, karena sejauh ini aman-aman saja dan tidak pernah melakukan hal aneh di hotell heehe

    BalasHapus
  17. Aku baru tahu kalau ada yang begini nih. Serem juga kalau dipikir. Tapi nanti kalau nginep di hotel lagi maj coba terapin info dari artikel inilah. Lengkap banget.

    BalasHapus
  18. Wah ini informasi yang sangat keren bagi saya yang gaptek ini. Saya kira hotel tempat privasi, nyatanya bisa ada peluang kek gini ya. Serem abis

    BalasHapus