Skip to main content

Film Avatar

 
Avatar
Avatar


Film Avatar. Omaticaya, demikianlah mereka menyebut ras mereka sendiri. Mereka adalah salah satu mahluk hidup yang menghuni Pandora, sebuah benda angkasa sejenis bulan yang mengorbit sebuah planet. Planet tersebut berada tidak jauh dari tatasurya kita, tempat planet bumi yang dihuni oleh manusia. Omaticaya adalah Ras Fiksi yang hidup dalam film berjudul Avatar karya sutradara James Cameron.

Ketika kita menonton film Avatar, kita akan disuguhi keindahan pemandangan yang sangat warna-warni. Kita akan melihat berbagai macam mahluk hidup yang menghuni pandora, tanaman-tanaman yang memendarkan cahaya indah di malam hari, hewan mirip badak tapi kepalanya mirip kepala ikan hiu martil, pohon raksasa setinggi gedung pencakar langit, dan tentu saja pemandangan langit Pandora yang berhiaskan Planet induknya dan dihiasi dua saudara pandora, sama-sama satelit yang mengorbit planet.

Keasyikan menonton film yang satu ini, sepertinya sulit untuk digambarkan dengan kata-kata. Seperti kata pepatah, gambar itu bisa bicara berjuta bahasa. Jadi mendingan lihat filmnya daripada baca ringkasannya. Adapun yang ingin saya sampaikan disini adalah, pesan moral yang saya tangkap dari cerita film ini.

Cerita utama dari film ini adalah kisah penduduk asli (Ras Omaticaya) yang berjuang mempertahankan diri dan lingkungannya dari upaya penjarahan dan pengrusakan yang dilakukan oleh pendatang (Ras Manusia). Manusia atau lebih tepatnya sebuah perusahaan tambang milik manusia, berusaha mengusir para Omaticaya dari tempat tinggal mereka, karena di dalam tanah di bawah tempat tinggal mereka itu, terdapat bahan tambang yang sangat berharga.

Sebagai penonton, yang tentu saja Ras Manusia, kita tetap membela Ras Omaticaya ini, kita berada di pihak mereka. Kita membenci Ras Manusia yang serakah dan tidak berperasaan. Kita tidak setuju dengan upaya para manusia mengusir Omaticaya dari tanah tempat tinggal mereka.

Padahal, hello... kita manusia kan? Kenapa kita harus memihak Omaticaya? apa yang menyebabkan kita berpihak pada mereka? jawaban sederhananya adalah karena Omaticaya berada di pihak yang benar. Kita akan dengan mantap menjawab bahwa kita memihak kebenaran. Omaticaya, meski mereka itu alien, mahluk asing yang tidak ada hubungan apapun dengan kita, tetap kita bela, karena mereka berada dipihak yang benar.

Hebat bukan ?

Sekarang mari kita bertanya lagi, apakah semangat membela pihak yang benar itu selalu kita terapkan dalam kehidupan kita? Bagaimana dengan nepotisme yang menjamur dimasyarakat kita. Banyak yang lebih mendahulukan keluarga dan saudara untuk menduduki suatu jabatan atau diangkat menjadi PNS misalnya, daripada orang lain. Meskipun orang lain tersebut lebih kompeten dibanding saudaranya itu. Atau ketika anak kita bertengkar dengan anak tetangga, kita pasti membela anak kita, tidak peduli apakah anak kita berada di pihak yang benar atau salah.

Jadi, kalau film itu fiksi apakah keberpihakan kita pada kebenaran juga fiksi?


Jadwal Sholat

Warung Blogger

Warung Blogger

Kabar Terbaru

Popular posts from this blog

Mengurus PBB yang diblokir di Cikarang, ke PEMDA Kab. Bekasi

Berawal dari salah satu syarat pengajuan KPR, yang disana tercantum harus ada “Copy PBB tahun terbaru”, saya jadi terlibat perjalanan bolak balik keliling Cikarang untuk mengurus PBB rumah yang diblokir. (Kisah saya mengajukan KPR, bisa dibaca disini)


PBB (Pajak Bumi dan Bangunan) adalah Pajak Negara yang dikenakan terhadap tanah dan bangunan. Lebih lengkapnya seputar PBB ini silahkan baca di situs resmi Dirjen Pajak di: http://www.pajak.go.id/content/seri-pbb-ketentuan-umum-pajak-bumi-dan-bangunan-pbb.


Ketika mengajukan Kredit ke Bank BTN Cabang Cikarang, saya dapat sebuah brosur berisi besaran kredit yang bisa diberikan beserta syarat-syaratnya.

Perpanjang STNK Motor di SAMSAT Cibinong

Ini pertama kalinya saya memperpanjang STNK motor di SAMSAT Kab. Bogor di Cibinong. Prosesnya sederhana dan Cepat. Seluruh proses hanya memakan waktu kurang lebih 40 menit.

Pertama-tama kita harus mempersiapkan dokumen-dokumen yang dibutuhkan. Untuk perpanjangan  STNK 1 tahun, yang harus dibawa adalah:
STNK AsliKTP Asli sesuai dengan nama di STNK
Awalnya saya kira harus menyerahkan BPKB juga, soalnya pengalaman saya mengurus STNK di SAMSAT Kota Tangerang gitu, harus bawa STNK Asli, KTP Asli dan BPKB. Namun

Mutasi SIM online di Tangerang

Seminggu sebelum SIM saya berakhir masa berlakunya, saya berangkat ke kantor SATPAS Polres Tangerang di Tangerang Kota. Saya kesana karena dulu, SIM C saya ini dibuat di Tangerang. Sebelumnya saya sudah browsing-browsing di internet, mencari informasi tentang mutasi SIM. Saya harus mutasi karena sekarang saya KTP-nya Bogor.

Saya bahkan sampai telpon ke Call Center Korlantas POLRI di 021-1500669, menanyakan prosedur mutasi SIM. Dari petugas yang menerima telpon saya, saya diberitahu bahwa saya harus Cabut Berkas dulu di Tangerang, lalu

Membuat Paspor di Kantor Imigrasi Bogor

Bagi warga negara yang sudah berumur 17 diharuskan mempunyai KTP (Kartu Tanda Penduduk) sebagai kartu identitas. KTP ini diperlukan untuk banyak hal, sebagai bukti, tanda identitas seseorang. Namun KTP ini berlaku hanya kalau kita berada di dalam Negara kita sendiri, di Indonesia. Nah bagaimana kalau kita di Luar Negeri?

Ketika seseorang berada di Luar Negeri, maka tanda identitas dia bukan lagi KTP, melainkan Paspor (Passport). Paspor ini adalah KTP kita di dunia Internasional. Kalau untuk membuat KTP kita cukup mengurusnya di kantor Desa dan Kecamatan, maka untuk mengurus pembuatan Paspor, kita harus datang ke Kantor Imigrasi Kabupaten Kita.

Kebetulan saya ada pengalaman membuat Paspor di Kantor Imigrasi Kabupaten Bogor, di kota Bogor. Adapun lokasi kantor Imigrasi ini adalah:

Kereta Jakarta Cikarang

Bagi sebagian besar penduduk Jakarta, Cikarang adalah suatu tempat yang sangat jauh. Karena Cikarang itu letaknya diluar Bekasi. Bekasi aja udah jauh, apa lagi Cikarang ^_^. Padahal kalau melihat plang penanda jarak di Jalan Tol, jarak Jakarta-Cikarang itu hanya 30 Km.

Saya sekarang tinggal di Cikarang sementara kerja masih di Jakarta. Tiap hari dilaju Cikarang-Jakarta, adapun transportasi yang saya gunakan adalah