Langsung ke konten utama

Jimat

Jimat
Jimat

Jimat. Dalam novel yang berjudul Maryamah Karpov, sang penulis Andrea Hirata menyisipkan sisi kepercayaan mistis yang dianut oleh masyarakat yang hidup di daerah kepulauan Belitung dan sekitarnya sampai Kalimantan dan semenannjung Malaka (Malaysia). Dalam novel tersebut diceritakan tentang jimat-jimat yang biasa dipakai oleh 'orang pintar' di kawasan itu, seperti buntut cicak bercabang dan sebagainya.

Jimat merupakan produk budaya peradaban manusia diseluruh dunia. Di Indonesia sudah jelas, mau di Jawa, Sumatra, Kalimantan, Sulawesi, Papua, dsb, semua mengenal jimat. Di belahan dunia lain pun, jimat merupakan bagian yang tidak terpisahkan dari kehidupan masyarakatnya. Di Cina dikenal "Hu", di Amerika terutama suku Indiannya, menggunakan tulang atau gigi atau bagian tubuh hewan lainnya sebagai jimat. Di India mungkin lain lagi, di Afrika mungkin beda lagi.

Jimat digunakan manusia sebagai 'penambah kekuatan'. Entah itu kekuatan tenaga, kekuatan tubuh terhadap penyakit, kekuatan pengaruh terhadap orang, dsb. Orang yang mengenakan jimat, rasa percaya dirinya menjadi berlipat, karena dia yakin, dia mendapat 'bantuan' dari sang jimat.

Di jaman sekarang ini, dimana masyrakat sudah "modern", kepercayaan orang-orang akan jimat sudah banyak berkurang. Bahkan mungkin di kita, orang yang memakai jimat itu akan ditertawakan. Pemakai jimat akan dianggap kuno, atau ketinggalan jaman bahkan dicap sesat.

Sekarang mari kita buat suatu analisa kecil-kecilan yang tidak ilmiah he..he..he. soalnya kalau mau ilmiah harus melakukan penelitian.

Analisa tersebut berangkat dari pertanyaan:
Apa itu jimat?
Apa saja yang termasuk kategori jimat ?

Mari kita jawab satu persatu.
Apa itu jimat?
Sederhananya, jimat adalah suatu benda yang dipakai oleh seseorang dengan kepercayaan bahwa benda tersebut bisa membawa pengaruh pada dirinnya atau pada lingkungan sekitarnya.

Apa saja yang termasuk kategori jimat?
Wah kalau ini jawabanya bisa sangat panjang. Soalnya jenisnya banyak dan tiap masyarakat punya jimat versi mereka masing-masing. Jadi di skip aja ya, soalnya kalau tulisan ini terlalu panjang, membacanya juga males. ya nggak?

***

Coba tebak, apa saja benda yang paling sering dipasang orang di kendaraannya? Ya, meskipun belum tentu di peringkat pertama, tapi benda yang paling sering dipasang orang di kendaraannya adalah Stiker TNI atau Polri. Kalo engga, emblem DPR atau sejenisnya. Kalo engga, tulisan "PERS" sama "FILM". Ya nggak?

Kira-kira, apa sih tujuan orang masang-masang stiker TNI/Polri atau memajang tulisan "PERS" atau "FILM" di kendaraan mereka? Kalau menurut saya sih, tujuannya biar 'menambah kekuatan' mereka. he..he..he.. kalau begitu, stiker TNI/Polri atau emblem DPR/Lembaga Negara atau tulisan "PERS" dan "FILM" tersebut bisa dikategorikan "Jimat" dong. Betul?

Berarti Masyarakat "modern" atau masyarakat "Tradisional" sama saja. Sama-sama senang memakai jimat, biar "kekuatannya bertambah". Cuma jenisnya aja beda, dan cara kerjanya beda.

Kalau masyarakat "Tradisional" menggunakan jimat yang cara kerjanya, mungkin, memanfaatkan kekuatan "Jin atau Syetan". Maka masyarakat "Modern" menggunakan jimat yang cara kerjanya, hmmm... cara kerjanya gimana ya?

Jadwal Sholat

Warung Blogger

Warung Blogger

Kabar Terbaru

Postingan populer dari blog ini

Mengurus PBB yang diblokir di Cikarang, ke PEMDA Kab. Bekasi

Berawal dari salah satu syarat pengajuan KPR, yang disana tercantum harus ada “Copy PBB tahun terbaru”, saya jadi terlibat perjalanan bolak balik keliling Cikarang untuk mengurus PBB rumah yang diblokir. (Kisah saya mengajukan KPR, bisa dibaca disini)


PBB (Pajak Bumi dan Bangunan) adalah Pajak Negara yang dikenakan terhadap tanah dan bangunan. Lebih lengkapnya seputar PBB ini silahkan baca di situs resmi Dirjen Pajak di: http://www.pajak.go.id/content/seri-pbb-ketentuan-umum-pajak-bumi-dan-bangunan-pbb.


Ketika mengajukan Kredit ke Bank BTN Cabang Cikarang, saya dapat sebuah brosur berisi besaran kredit yang bisa diberikan beserta syarat-syaratnya.

Perpanjang STNK Motor di SAMSAT Cibinong

Ini pertama kalinya saya memperpanjang STNK motor di SAMSAT Kab. Bogor di Cibinong. Prosesnya sederhana dan Cepat. Seluruh proses hanya memakan waktu kurang lebih 40 menit.

Pertama-tama kita harus mempersiapkan dokumen-dokumen yang dibutuhkan. Untuk perpanjangan  STNK 1 tahun, yang harus dibawa adalah:
STNK AsliKTP Asli sesuai dengan nama di STNK
Awalnya saya kira harus menyerahkan BPKB juga, soalnya pengalaman saya mengurus STNK di SAMSAT Kota Tangerang gitu, harus bawa STNK Asli, KTP Asli dan BPKB. Namun

Kereta Jakarta Cikarang

Bagi sebagian besar penduduk Jakarta, Cikarang adalah suatu tempat yang sangat jauh. Karena Cikarang itu letaknya diluar Bekasi. Bekasi aja udah jauh, apa lagi Cikarang ^_^. Padahal kalau melihat plang penanda jarak di Jalan Tol, jarak Jakarta-Cikarang itu hanya 30 Km.

Saya sekarang tinggal di Cikarang sementara kerja masih di Jakarta. Tiap hari dilaju Cikarang-Jakarta, adapun transportasi yang saya gunakan adalah

Mutasi SIM online di Tangerang

Seminggu sebelum SIM saya berakhir masa berlakunya, saya berangkat ke kantor SATPAS Polres Tangerang di Tangerang Kota. Saya kesana karena dulu, SIM C saya ini dibuat di Tangerang. Sebelumnya saya sudah browsing-browsing di internet, mencari informasi tentang mutasi SIM. Saya harus mutasi karena sekarang saya KTP-nya Bogor.

Saya bahkan sampai telpon ke Call Center Korlantas POLRI di 021-1500669, menanyakan prosedur mutasi SIM. Dari petugas yang menerima telpon saya, saya diberitahu bahwa saya harus Cabut Berkas dulu di Tangerang, lalu

Gunung Munara - Hiking Pendek Yang Memacu Adrenalin

Gunung Munara

"Disini mulai rame sejak tahun baru kemarin"
"Tahun baru 2015 ini?"
"Iya, tahun baru 2015 ini, sebelumnya mah paling Sabtu Minggu doang, itu juga paling banyak 50 motor"

Begitulah percakapan singkat saya dengan teteh pemilik warung kelapa muda. Saya bertanya padanya sejak kapan Gunung Munara ini banyak dikunjungi. Nama Gunung Munara sekarang ini semakin sering dibicarakan orang. Spot pendakian yang terletak di daerah Rumpin, Bogor, ini memang tengah naik daun. Alasannya adalah, Gunung Munara memberikan tantangan yang sekelas naik gunung, namun jaraknya relatif pendek. Dari start mendaki sampai ke puncak, dibutuhkan waktu 1 – 1,5 jam saja.

Saya pun tertarik untuk menjajal track pendakian di Gunung Munara ini. Oh ya, meski namanya Gunung Munara, sebenarnya ini adalah sebuah bukit dengan batu-batu yang sangat besar. Dan yang membuat saya heran, banyak sekali batu-batu besar sebesar rumah yang tumpang tindih sedemikian rupa seolah sengaja disu…