Langsung ke konten utama

Gotong Royong Mencerdaskan Bangsa


Masih ingat "Koin Prita"? masih lah ya. Jadi nggak perlu saya ceritakan lagi apa, siapa, kenapanya ^_^. Saat itu Koin Prita yang terkumpul totalnya Rp. 810.940.402 (detik.com). Yang  ingin saya bahas disini bukan kasus Prita-nya, melainkan kekuatan "gotong-royong".

Gotong-royong, kata yang telah kita kenal sejak SD, maknanya juga saya yakin semua sudah tahu, namun apakah kita telah mengamalkannya? .... errr... kalo saya mah jaraaaaanngggg banget ^_^

Ketika bicara gotong-royong, maka kita membicarakan sebuah kekuatan yang sangat besar. Dengan gotong-royong, meski seorang mengumpulkan satu keping koin Rp. 500,-, kalau orang yang berpartisipasinya ada satu juta , maka yang terkumpul adalah Rp. 500juta. Sebuah jumlah yang sangat besar bukan?

**
Di dunia Internet, sekarang ini ada sebuah fenomena besar di bidang pendidikan. Fenomena ini adalah "Khan Academy" (www.khanacademy.org), sebuah website berisi video-video yang menjelaskan berbagai bidang pendidikan, mulai matematika, biologi, sejarah, seni, ekonomi dan keuangan, komputer, dan banyak lagi. Di website ini ada lebih dari 32000 video. Dan kesemuanya berisi materi-materi pendidikan yang luar biasa.

Sayangnya, penjelasan ilmu dalam video-video tersebut disampaikan dalam bahasa Inggris. Bagi kita yang terbiasa cas cis cus berbahasa Ingris, mungkin tidak akan kesulitan untuk menyimak dan menyerap ilmu yang disampaikannya. Tapi bagaimana dengan anak-anak, kerabat, teman-teman kita yang tidak bisa bahasa Inggris?

Jika video tersebut ada terjemahannya atau di dubbing bahasa Indonesia seperti di TV-TV, tentulah akan sangat membantu bukan? "Tapi bro, 32000 video siapa yang sanggup menerjemahkan dan mendubbingnya? Superman aja mesti tapa lagi kali" ^_^

Untunglah kita orang Indonesia yang mempunyai budaya gotong-royong. 32000 video adalah jumlah yang sangat besar. Namun jika kita bergotong-royong menterjemahkannya, maka hal itu tidaklah mustahil.

"Bro, kita kan banyak kerjaan, mana ada waktu ngurusin begituan?" Ya memang, kita mungkin tidak bisa melakukannya karena berbagai hal. Namun siapa tahu diantara kita ada yang mempunyai anak, keponakan, saudara, tetangga yang kebetulan mahasiswa jurusan sastra Inggris, atau mahasiswa apapun yang punya rasa peduli, atau pelajar, atau umum yang kebetulan punya waktu luang.

Kita bisa sampaikan ide ini kepada mereka dan mengajak mereka ikut bergotong-royong. Jika ada yang berminat, silahkan follow twitternya @khanacademyindo. Itu twitternya komunitas khanacademy Indonesia.

Bisa juga langsung beraksi ^_^ dengan membuka website www.khanacademy.org lalu klik link "Volunteer", disana ada dua pilihan Aksi yang bisa kita lakukan, membuat subtitle bahasa Indonesia atau Mendubbing Video yang ada dengan bahasa Indonesia.

Ada baiknya jika kita berkomunikasi dengan sesama penggiat di twitternya, sehingga aksi kita menjadi lebih terkoordinasi. Mana video yang sudah digarap, mana yang belum.

Satu aksi lagi yang tidak kalah pentingnya, yakni menyimpan video-video tersebut di Indonesia atau istilahnya "mirroring" website www.khanacademy.org. Ini pekerjaan yang besar juga, dan target sukarelawannya lebih spesifik lagi, yakni orang-orang yang mengerti per-website-an.

Dengan disimpannya video-video tersebut di Indonesia, maka orang yang mengakses video, relatif bisa lebih cepat, karena tidak perlu jauh-jauh mengakses ke luar negri.

Mudah-mudahan saja tulisan ini bisa menyebar sangat cepat ke seantero jagat dan menyentuh hati para ksatria berhati mulia. Sehingga proyek besar mencerdaskan bangsa, bisa terlaksana dengan kekuatan gotong-royong. Amiin.

Jadwal Sholat

Warung Blogger

Warung Blogger

Kabar Terbaru

Postingan populer dari blog ini

Mengurus PBB yang diblokir di Cikarang, ke PEMDA Kab. Bekasi

Berawal dari salah satu syarat pengajuan KPR, yang disana tercantum harus ada “Copy PBB tahun terbaru”, saya jadi terlibat perjalanan bolak balik keliling Cikarang untuk mengurus PBB rumah yang diblokir. (Kisah saya mengajukan KPR, bisa dibaca disini)


PBB (Pajak Bumi dan Bangunan) adalah Pajak Negara yang dikenakan terhadap tanah dan bangunan. Lebih lengkapnya seputar PBB ini silahkan baca di situs resmi Dirjen Pajak di: http://www.pajak.go.id/content/seri-pbb-ketentuan-umum-pajak-bumi-dan-bangunan-pbb.


Ketika mengajukan Kredit ke Bank BTN Cabang Cikarang, saya dapat sebuah brosur berisi besaran kredit yang bisa diberikan beserta syarat-syaratnya.

Perpanjang STNK Motor di SAMSAT Cibinong

Ini pertama kalinya saya memperpanjang STNK motor di SAMSAT Kab. Bogor di Cibinong. Prosesnya sederhana dan Cepat. Seluruh proses hanya memakan waktu kurang lebih 40 menit.

Pertama-tama kita harus mempersiapkan dokumen-dokumen yang dibutuhkan. Untuk perpanjangan  STNK 1 tahun, yang harus dibawa adalah:
STNK AsliKTP Asli sesuai dengan nama di STNK
Awalnya saya kira harus menyerahkan BPKB juga, soalnya pengalaman saya mengurus STNK di SAMSAT Kota Tangerang gitu, harus bawa STNK Asli, KTP Asli dan BPKB. Namun

Mutasi SIM online di Tangerang

Seminggu sebelum SIM saya berakhir masa berlakunya, saya berangkat ke kantor SATPAS Polres Tangerang di Tangerang Kota. Saya kesana karena dulu, SIM C saya ini dibuat di Tangerang. Sebelumnya saya sudah browsing-browsing di internet, mencari informasi tentang mutasi SIM. Saya harus mutasi karena sekarang saya KTP-nya Bogor.

Saya bahkan sampai telpon ke Call Center Korlantas POLRI di 021-1500669, menanyakan prosedur mutasi SIM. Dari petugas yang menerima telpon saya, saya diberitahu bahwa saya harus Cabut Berkas dulu di Tangerang, lalu

Kereta Jakarta Cikarang

Bagi sebagian besar penduduk Jakarta, Cikarang adalah suatu tempat yang sangat jauh. Karena Cikarang itu letaknya diluar Bekasi. Bekasi aja udah jauh, apa lagi Cikarang ^_^. Padahal kalau melihat plang penanda jarak di Jalan Tol, jarak Jakarta-Cikarang itu hanya 30 Km.

Saya sekarang tinggal di Cikarang sementara kerja masih di Jakarta. Tiap hari dilaju Cikarang-Jakarta, adapun transportasi yang saya gunakan adalah

Pengalaman saya menggunakan Kartu Kredit BCA

Foto diatas adalah foto kartu BCA saya yang buram dan plastiknya sudah mengelupas. Eit… jangan salah sangka dulu, kondisi kartunya bisa sampai demikian bukan karena kualitas kartunya yang jelek, tapi karena kartunya yang telah “bekerja keras” selama 5 tahun! Kartu Kredit yang juga merangkap kartu Flazz ini telah menemani saya selama 5 tahun ini dan telah melakukan transaksi yang tak terhitung banyaknya, baik sebagai kartu kredit maupun kartu Flazz. Karenanya wajar saja kalau kondisinya sampai seperti demikian. Dan hebatnya lagi, biarpun sudah kusam mengelupas, kartu ini masih berfungsi dengan baik lho.

Meski kartu penggantinya sudah saya terima dari BCA, saya masih sayang sama kartu ini, jadi biarlah saya abadikan di postingan blog sebelum saya pensiunkan ^_^

Sekarang ini banyak orang yang antipati terhadap kartu kredit, disebut kartu setan lah, bikin orang terlilit hutang lah, dsb. Padahal sebenarnya Kartu Kredit itu hanyalah