Langsung ke konten utama

Penyebab Korupsi

Apa yang mendorong seseorang melakukan korupsi?
Saya yakin penyebabnya banyak dan kita tidak bisa meng-generalisir satu penyebab saja.
Namun ijinkan saya mengemukakan pendapat ttg salah satu pendorong orang melakukan korupsi.
Penyebab yg saya maksud adalah begitu indah & nikmatnya berbagai barang & jasa yang ada di planet Bumi ini.
Makanan, pakaian, tempat hiburan, barang koleksi, sex. Kesemuanya adalah hal yang nyata (tangible).
Ada juga hal yg tdk nyata (intangible) seperti Gengsi, harga diri, kekuasaan, pengaruh, dsb.

Untuk menyingkat tulisan, gimana kalau semua hal tsb diatas, baik yg Tangible maupun Intangible, kita sebut saja dgn istilah "Permen". Permen ini sedemikian mengoda sehingga setiap orang tergiur untuk merasakannya. Saya juga ^_^ Masalahnya adalah, Permen-permen ini "hadir" di planet ini sedemikian indah, sehingga mampu membius orang "paling menggunakan akal sehat" sekalipun.
Tak sedikit orang yg tadinya jujur & baik, namun setelah mencicipi permen ini berubah menjadi orang yg mementingkan diri sendiri dan tega mengorbankan kepentingan orang banyak.

Karena kecanduan permen, seorang idealis bisa berubah menjadi seorang koruptor.
BTW, saya baru bisa mengemukakan sumber masalah ya :D. Tapi belum bisa memberikan solusi.
Silahkan sidang pembaca mencari solusinya sendiri-sendiri. :D

***

Korupsi terjadi karena pengaruh 2 faktor:
- Internal
- External

Internal, misalnya, lemah iman, karakter serakah, dsb.

External, peradaban manusia sekarang yang berhasil menciptakan Surga di planet ini. Semua kenikmatan tersedia: culinary, sex, fashion, luxury rides, you name it.

Sayangnya, Surga di planet ini gak gratis.

Untuk bisa membeli Surga planet bumi, orang bisa memilih diantara 2, playing hard or cheating.

Ternyata yang paling gampang ya cheating, jadilah mereka korupsi.

So, korupsi terjadi karena faktor pengaruh internal dan external.

Unfortunately, baik faktor internal maupun eksternal, merupakan bagian dari manusia itu sendiri.

Lemah iman dan karakter serakah, oh c'mon, that's what we are. Dan Surga yang tercipta sekarang, adalah sesuatu yang pasti tercipta, karena manusia dianugerahi akal.

Pendeknya, kita tercipta untuk melakukan korupsi. Setiap kita.  

Jadwal Sholat

Warung Blogger

Warung Blogger

Kabar Terbaru

Postingan populer dari blog ini

Mengurus PBB yang diblokir di Cikarang, ke PEMDA Kab. Bekasi

Berawal dari salah satu syarat pengajuan KPR, yang disana tercantum harus ada “Copy PBB tahun terbaru”, saya jadi terlibat perjalanan bolak balik keliling Cikarang untuk mengurus PBB rumah yang diblokir. (Kisah saya mengajukan KPR, bisa dibaca disini)


PBB (Pajak Bumi dan Bangunan) adalah Pajak Negara yang dikenakan terhadap tanah dan bangunan. Lebih lengkapnya seputar PBB ini silahkan baca di situs resmi Dirjen Pajak di: http://www.pajak.go.id/content/seri-pbb-ketentuan-umum-pajak-bumi-dan-bangunan-pbb.


Ketika mengajukan Kredit ke Bank BTN Cabang Cikarang, saya dapat sebuah brosur berisi besaran kredit yang bisa diberikan beserta syarat-syaratnya.

Perpanjang STNK Motor di SAMSAT Cibinong

Ini pertama kalinya saya memperpanjang STNK motor di SAMSAT Kab. Bogor di Cibinong. Prosesnya sederhana dan Cepat. Seluruh proses hanya memakan waktu kurang lebih 40 menit.

Pertama-tama kita harus mempersiapkan dokumen-dokumen yang dibutuhkan. Untuk perpanjangan  STNK 1 tahun, yang harus dibawa adalah:
STNK AsliKTP Asli sesuai dengan nama di STNK
Awalnya saya kira harus menyerahkan BPKB juga, soalnya pengalaman saya mengurus STNK di SAMSAT Kota Tangerang gitu, harus bawa STNK Asli, KTP Asli dan BPKB. Namun

Kereta Jakarta Cikarang

Bagi sebagian besar penduduk Jakarta, Cikarang adalah suatu tempat yang sangat jauh. Karena Cikarang itu letaknya diluar Bekasi. Bekasi aja udah jauh, apa lagi Cikarang ^_^. Padahal kalau melihat plang penanda jarak di Jalan Tol, jarak Jakarta-Cikarang itu hanya 30 Km.

Saya sekarang tinggal di Cikarang sementara kerja masih di Jakarta. Tiap hari dilaju Cikarang-Jakarta, adapun transportasi yang saya gunakan adalah

Mutasi SIM online di Tangerang

Seminggu sebelum SIM saya berakhir masa berlakunya, saya berangkat ke kantor SATPAS Polres Tangerang di Tangerang Kota. Saya kesana karena dulu, SIM C saya ini dibuat di Tangerang. Sebelumnya saya sudah browsing-browsing di internet, mencari informasi tentang mutasi SIM. Saya harus mutasi karena sekarang saya KTP-nya Bogor.

Saya bahkan sampai telpon ke Call Center Korlantas POLRI di 021-1500669, menanyakan prosedur mutasi SIM. Dari petugas yang menerima telpon saya, saya diberitahu bahwa saya harus Cabut Berkas dulu di Tangerang, lalu

Gunung Munara - Hiking Pendek Yang Memacu Adrenalin

Gunung Munara

"Disini mulai rame sejak tahun baru kemarin"
"Tahun baru 2015 ini?"
"Iya, tahun baru 2015 ini, sebelumnya mah paling Sabtu Minggu doang, itu juga paling banyak 50 motor"

Begitulah percakapan singkat saya dengan teteh pemilik warung kelapa muda. Saya bertanya padanya sejak kapan Gunung Munara ini banyak dikunjungi. Nama Gunung Munara sekarang ini semakin sering dibicarakan orang. Spot pendakian yang terletak di daerah Rumpin, Bogor, ini memang tengah naik daun. Alasannya adalah, Gunung Munara memberikan tantangan yang sekelas naik gunung, namun jaraknya relatif pendek. Dari start mendaki sampai ke puncak, dibutuhkan waktu 1 – 1,5 jam saja.

Saya pun tertarik untuk menjajal track pendakian di Gunung Munara ini. Oh ya, meski namanya Gunung Munara, sebenarnya ini adalah sebuah bukit dengan batu-batu yang sangat besar. Dan yang membuat saya heran, banyak sekali batu-batu besar sebesar rumah yang tumpang tindih sedemikian rupa seolah sengaja disu…