Langsung ke konten utama

Peringatan Hari Bumi - Mari Selamatkan Mata Air

My Journey - Mencari Mata Air
Film My Journey - Mencari Mata Air

“Punahnya beribu-ribu mata air merupakan bencana yang tidak disadari manusia, namun akibatnya sangat terasa.”

Setiap tanggal 22 April, diperingati sebagai hari Bumi sedunia, atau International Earth Day. Peringatan  ini bermula pada tanggal 22 April 1970, ketika senator Amerika Gaylord Nelson memproklamirkan  Earth Day. Gaylord merasa prihatin akan kondisi bumi yang semakin rusak dan tercemar akibat ulah manusia. Kemudian sang senator menggandeng beberapa LSM untuk melakukan suatu aksi pada hari itu dalam rangka menyelamatkan bumi.

Kegiatannya bisa bermacam-macam dan tidak harus selalu pekerjaan yang besar. Bisa dengan bergotong-royong membersihkan lingkungan dari sampah. Menggugah kesadaran untuk tidak membuang sampah sembarangan dan lebih dari itu, tidak memproduksi sampah, dsb.

Semangat menyelamatkan bumi ini juga bergaung di Indonesia. Banyak sekali komunitas-komunitas
yang berjuang untuk “menyembuhkan” sakit yang diderita planet ini, akibat ulah perbuatan manusia. Salah satunya adalah Yayasan Garuda Nusantara, sebuah yayasan yang mewadahi para aktivis pecinta lingkungan. Yayasan ini telah berdiri sejak tahun 1985.  Salah satu aksi kongkrit yang dilakukan oleh para aktivis di Yayasan Garuda Nusantara ini adalah, penanaman pohon-pohon keras di sekitar mata air dan tempat-tempat yang dulunya pernah menjadi mata air. Semua usaha yang dilakukan selama lebih dari 31 tahun ini memang ada hasilnya. Dari foto-foto dokumentasinya, mereka berhasil “menghidupkan” kembali mata air-mata air yang telah mati.

Namun laju “penyembuhan” lingkungan ini tidak sebanding dengan laju “pengrusakan” lingkungan. Untuk bisa meredam laju kerusakan lingkunan, dibutuhkan lebih dari sekedar menanam pohon oleh segelintir aktivis, yang lebih penting adalah membangun kesadaran ummat manusia akan pentingnya menjaga kelestarian alam.

Untuk itu dibutuhkan suatu usaha penyampaian informasi tentang betapa telah kritisnya kondisi bumi ini dan betapa pentingnya usaha pelestarian alam. Dan pada masa sekarang, media penyampaian informasi standar seperti buku dan brosur-brosur tidaklah memiliki kekuatan yang besar. Diperlukan cara lain, metoda lain untuk menyampaikan pesan ini.

Maka dibuatlah sebuah Film yang bertema lingkungan, yang diberi judul “My Journey – Mencari Mata Air”. Film ini menceritakan perjalanan 5 orang remaja melintasi alam bebas demi mencari mata air. Film ini sarat dengan pesan-pesan moral dan pelestarian lingkungan. Selain itu penyajiannya sungguh menarik, karena menampilkan keindahan alam Indonesia yang luar biasa. Mulai dari padang savana dan bukit-bukit hijau, Desa Budaya yang menyejukkan, danau yang indah, dan banyak lagi. Karenanya, tak heran kalau film ini berhasil menyabet berbagai penghargaan di festival-festival film di Luar Negeri. Penghargaan-pernghargaan tersebut diantaranya:

1.    Hollywood International Moving Picture Film Festival, Maret 2016:
  •  Winner Music Score
  •  Winner Cinematography
  •  Winner Foreign Feature
2.    Official Selection, Cordoba International Film Festival, Colombia, April 2016
3.    Official Selection, Kids First! Film Festival, USA, April 2016

Dalam proses produksinya Yayasan Garuda Nusantara bekerjasama dengan rumah produksi Vidi Vici Multi Media, yang juga didukung oleh 4 Kementrian yakni Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan, Kementrian Lingkungan Hidup dan Kehutanan, Kementrian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat dan Kementrian Pariwisata. Selain itu disponsori juga oleh beberapa perusahaan seperti: Telkomsel, Aqua, Bank Artha Graha, Consina, Wika, Adhi dan Jababeka Infrastruktur.

Rencananya selain diputar di layar lebar, film ini akan dibuat dalam bentuk DVD dan diedarkan ke sekolah-sekolah di seluruh Indonesia. Dengan demikian diharapkan pesan-pesan pelestarian alam ini bisa mencapai jangakauan yang luas sehingga bisa mengembangkan kesadaran manusia-manusia sejak dini.



Mari kita turut serta dalam menjaga bumi.

Tips Menghemat Air
Tips menjaga Bumi dan mengurangi laju perubahan iklim

***
Mengenal beberapa organisasi pendukung dibuatnya film My Journey - Mencari Mata Air ini. Silahkan klik link dibawah ini:
  1. Yayasan Garuda Nusantara
  2. Asosiasi Prasasti
  3. Rumah Balada Indonesia
  4. Vidi Vici Multi Media dan Sekolah Musik

Jadwal Sholat

viva

Warung Blogger

Warung Blogger

Postingan populer dari blog ini

Mengurus PBB yang diblokir di Cikarang, ke PEMDA Kab. Bekasi

Berawal dari salah satu syarat pengajuan KPR, yang disana tercantum harus ada “Copy PBB tahun terbaru”, saya jadi terlibat perjalanan bolak balik keliling Cikarang untuk mengurus PBB rumah yang diblokir. (Kisah saya mengajukan KPR, bisa dibaca disini)


PBB (Pajak Bumi dan Bangunan) adalah Pajak Negara yang dikenakan terhadap tanah dan bangunan. Lebih lengkapnya seputar PBB ini silahkan baca di situs resmi Dirjen Pajak di: http://www.pajak.go.id/content/seri-pbb-ketentuan-umum-pajak-bumi-dan-bangunan-pbb.


Ketika mengajukan Kredit ke Bank BTN Cabang Cikarang, saya dapat sebuah brosur berisi besaran kredit yang bisa diberikan beserta syarat-syaratnya.

Perpanjang STNK Motor di SAMSAT Cibinong

Ini pertama kalinya saya memperpanjang STNK motor di SAMSAT Kab. Bogor di Cibinong. Prosesnya sederhana dan Cepat. Seluruh proses hanya memakan waktu kurang lebih 40 menit.

Pertama-tama kita harus mempersiapkan dokumen-dokumen yang dibutuhkan. Untuk perpanjangan  STNK 1 tahun, yang harus dibawa adalah:
STNK AsliKTP Asli sesuai dengan nama di STNK
Awalnya saya kira harus menyerahkan BPKB juga, soalnya pengalaman saya mengurus STNK di SAMSAT Kota Tangerang gitu, harus bawa STNK Asli, KTP Asli dan BPKB. Namun

Mutasi SIM online di Tangerang

Seminggu sebelum SIM saya berakhir masa berlakunya, saya berangkat ke kantor SATPAS Polres Tangerang di Tangerang Kota. Saya kesana karena dulu, SIM C saya ini dibuat di Tangerang. Sebelumnya saya sudah browsing-browsing di internet, mencari informasi tentang mutasi SIM. Saya harus mutasi karena sekarang saya KTP-nya Bogor.

Saya bahkan sampai telpon ke Call Center Korlantas POLRI di 021-1500669, menanyakan prosedur mutasi SIM. Dari petugas yang menerima telpon saya, saya diberitahu bahwa saya harus Cabut Berkas dulu di Tangerang, lalu

Kereta Jakarta Cikarang

Bagi sebagian besar penduduk Jakarta, Cikarang adalah suatu tempat yang sangat jauh. Karena Cikarang itu letaknya diluar Bekasi. Bekasi aja udah jauh, apa lagi Cikarang ^_^. Padahal kalau melihat plang penanda jarak di Jalan Tol, jarak Jakarta-Cikarang itu hanya 30 Km.

Saya sekarang tinggal di Cikarang sementara kerja masih di Jakarta. Tiap hari dilaju Cikarang-Jakarta, adapun transportasi yang saya gunakan adalah

Pengalaman saya menggunakan Kartu Kredit BCA

Foto diatas adalah foto kartu BCA saya yang buram dan plastiknya sudah mengelupas. Eit… jangan salah sangka dulu, kondisi kartunya bisa sampai demikian bukan karena kualitas kartunya yang jelek, tapi karena kartunya yang telah “bekerja keras” selama 5 tahun! Kartu Kredit yang juga merangkap kartu Flazz ini telah menemani saya selama 5 tahun ini dan telah melakukan transaksi yang tak terhitung banyaknya, baik sebagai kartu kredit maupun kartu Flazz. Karenanya wajar saja kalau kondisinya sampai seperti demikian. Dan hebatnya lagi, biarpun sudah kusam mengelupas, kartu ini masih berfungsi dengan baik lho.

Meski kartu penggantinya sudah saya terima dari BCA, saya masih sayang sama kartu ini, jadi biarlah saya abadikan di postingan blog sebelum saya pensiunkan ^_^

Sekarang ini banyak orang yang antipati terhadap kartu kredit, disebut kartu setan lah, bikin orang terlilit hutang lah, dsb. Padahal sebenarnya Kartu Kredit itu hanyalah