Langsung ke konten utama

Tips menghemat Air

Pada hari bumi, 22 April 2016 kemarin, saya berkesempatan menghadiri Gala Premier film "My Journey - Mencari Mata Air". Film bertema lingkungan yang menceritakan perjalanan 5 remaja di alam bebas, mencari mata air.

Salah satu oleh-oleh yang saya dapat adalah beberapa tips untuk menghemat air:
  1. Tidak membiasakan untuk membiarkan air mengalir dari kran tanpa berhenti.
  2. Periksa pipa secara teratur, perbaiki segera jika rusak atau bocor, dan kontrol penggunaan air di meteran secara teratur.
  3. Gunakan baskom untuk mencuci sayur atau piring. Hal ini dapat menghemat 15 kali dari pada mencuci langsung dibawah kran air.
  4. Gunakan lap dan ember untuk mencuci mobil. Hindari mencuci mobil dengan menggunakan selang air.
  5. Menggunakan shower untuk mandi (dengan daya sedang) lebih menghemat tiga kali dari pada menggunakan gayung.
  6. Tidak membiasakan diri untuk menyikat gigi dengan membiarkan air kran mengalir terus.
  7. Hanya menggunakan mesin cuci jika fasilitas cucian sudah banyak sehingga lebih menghemat air dibandingkan jika kita mencuci sedikit pakaian dengan jumlah air yang sama banyaknya.
  8. Biasakan menampung air hujan atau membuat sumur resapan agar tidak langsung terbuang kesaluran air.
  9. Manfaatkan air sisa cucian baju untuk mencuci awal kendaraan atau perabot lain.
  10. Manfaatkan air cucian utk menyiram tanaman.
  11. Biasakan menyiram tanaman pada sore atau malam hari karena pada siang hari air cepat menguap.
  12. Gunakan gelas minum yang lebih kecil untuk menghemat air (yang dapat ditambah bila diperlukan).



Jadwal Sholat

Warung Blogger

Warung Blogger

Kabar Terbaru

Postingan populer dari blog ini

Mengurus PBB yang diblokir di Cikarang, ke PEMDA Kab. Bekasi

Berawal dari salah satu syarat pengajuan KPR, yang disana tercantum harus ada “Copy PBB tahun terbaru”, saya jadi terlibat perjalanan bolak balik keliling Cikarang untuk mengurus PBB rumah yang diblokir. (Kisah saya mengajukan KPR, bisa dibaca disini)


PBB (Pajak Bumi dan Bangunan) adalah Pajak Negara yang dikenakan terhadap tanah dan bangunan. Lebih lengkapnya seputar PBB ini silahkan baca di situs resmi Dirjen Pajak di: http://www.pajak.go.id/content/seri-pbb-ketentuan-umum-pajak-bumi-dan-bangunan-pbb.


Ketika mengajukan Kredit ke Bank BTN Cabang Cikarang, saya dapat sebuah brosur berisi besaran kredit yang bisa diberikan beserta syarat-syaratnya.

Perpanjang STNK Motor di SAMSAT Cibinong

Ini pertama kalinya saya memperpanjang STNK motor di SAMSAT Kab. Bogor di Cibinong. Prosesnya sederhana dan Cepat. Seluruh proses hanya memakan waktu kurang lebih 40 menit.

Pertama-tama kita harus mempersiapkan dokumen-dokumen yang dibutuhkan. Untuk perpanjangan  STNK 1 tahun, yang harus dibawa adalah:
STNK AsliKTP Asli sesuai dengan nama di STNK
Awalnya saya kira harus menyerahkan BPKB juga, soalnya pengalaman saya mengurus STNK di SAMSAT Kota Tangerang gitu, harus bawa STNK Asli, KTP Asli dan BPKB. Namun

Mutasi SIM online di Tangerang

Seminggu sebelum SIM saya berakhir masa berlakunya, saya berangkat ke kantor SATPAS Polres Tangerang di Tangerang Kota. Saya kesana karena dulu, SIM C saya ini dibuat di Tangerang. Sebelumnya saya sudah browsing-browsing di internet, mencari informasi tentang mutasi SIM. Saya harus mutasi karena sekarang saya KTP-nya Bogor.

Saya bahkan sampai telpon ke Call Center Korlantas POLRI di 021-1500669, menanyakan prosedur mutasi SIM. Dari petugas yang menerima telpon saya, saya diberitahu bahwa saya harus Cabut Berkas dulu di Tangerang, lalu

Kereta Jakarta Cikarang

Bagi sebagian besar penduduk Jakarta, Cikarang adalah suatu tempat yang sangat jauh. Karena Cikarang itu letaknya diluar Bekasi. Bekasi aja udah jauh, apa lagi Cikarang ^_^. Padahal kalau melihat plang penanda jarak di Jalan Tol, jarak Jakarta-Cikarang itu hanya 30 Km.

Saya sekarang tinggal di Cikarang sementara kerja masih di Jakarta. Tiap hari dilaju Cikarang-Jakarta, adapun transportasi yang saya gunakan adalah

Pengalaman saya menggunakan Kartu Kredit BCA

Foto diatas adalah foto kartu BCA saya yang buram dan plastiknya sudah mengelupas. Eit… jangan salah sangka dulu, kondisi kartunya bisa sampai demikian bukan karena kualitas kartunya yang jelek, tapi karena kartunya yang telah “bekerja keras” selama 5 tahun! Kartu Kredit yang juga merangkap kartu Flazz ini telah menemani saya selama 5 tahun ini dan telah melakukan transaksi yang tak terhitung banyaknya, baik sebagai kartu kredit maupun kartu Flazz. Karenanya wajar saja kalau kondisinya sampai seperti demikian. Dan hebatnya lagi, biarpun sudah kusam mengelupas, kartu ini masih berfungsi dengan baik lho.

Meski kartu penggantinya sudah saya terima dari BCA, saya masih sayang sama kartu ini, jadi biarlah saya abadikan di postingan blog sebelum saya pensiunkan ^_^

Sekarang ini banyak orang yang antipati terhadap kartu kredit, disebut kartu setan lah, bikin orang terlilit hutang lah, dsb. Padahal sebenarnya Kartu Kredit itu hanyalah