Langsung ke konten utama

Film 3 Srikandi yang menggugah Nasionalisme

Saya mau cerita tentang film 3 srikandi ini, namun ini adalah pendapat awam, bukan seorang yang ngerti perfilman.

Film ini berdasarkan kisah nyata tim Panahan Indonesia di ajang Olimpiade yang berhasil meraih medali perak.

Film 3 Srikandi
Saat pertandingan Olimpiade

Yang diceritakan di film ini tidak melulu latihan dan pertandingan, tapi juga mengisahkan
perjalanan hidup masing-masing atlit dan pelatihnya. Kondisi keluarganya, asmaranya, dsb.

Film 3 Srikandi
Latihan di Pesisir Pantai

Yana, atlit dari Jakarta, Lilis dari Surabaya dan Suma dari Sulawesi. Dan pelatihnya, yang biasa dipanggil Bang Pandi.

Yana bermasalah dengan bapaknya yang pensiunan ABRI, Suma yang sudah lulus PNS tapi lebih memilih Panahan dan Lilis yang akan dijodohkan oleh orangtuanya dengan seorang pengusaha mebel, sementara Lilis sudah punya pilihan sendiri, atlit juga.
Yana BCL Film 3 Srikandi
Yana - yang diperankan oleh Bunga Citra Lestari

Adapun Pandi, seorang pemegang rekor dunia Panahan, yang karena kondisi politik, gagal mewakili Indonesia ke ajang Olimpiade Moskow 1977. Kecewa akan kejadian itu, Pandi meninggalkan dunia Panahan selama hampir 8 tahun.

Wah kalau diceritain bakal panjang banget, gak bakalan dibaca juga ^_^

Adegan yang paling keren adalah ketika mereka berlatih dibawah guyuran hujan. Entah jenis kamera apa yang digunakan, sehingga tiap titik hujan yang menimpa busur dan anak panah bisa terlihat dengan sangat jelas.
Lilis Chelsea Islam Film 3 Srikandi
Lilis - yang diperankan oleh Chelsea Islan

Dan adegan yang tidak bisa saya lupakan adalah ketika Lilis (Chelsea Islan) sedang ngobrol dengan kekasihnya dipantai. Kamera meng-close up wajah Lilis, sedang daun-daun pohon yang menguning dibelakangnya, dibuat ngeblur. Sehingga wajah Lilis lah yang dominan nampak dilayar. Andai saya punya stopwatch yang bisa menghentikan waktu, ingin saya pencet saat itu juga supaya adegan itu terhenti lebih lama lagi.

Scene di pertandingan olimpiade juga bisa menggugah rasa nasionalisme.

Pemeran Film dan tokoh aslinya. sumber: pegipegi.com

Pemain utama:
  • Reza Rahadian
  • Bunga Citra Lestari
  • Chelsea Islan
  • Tara Basro

Sutradara: 
Iman Brotoseno


Sekian ^_^

Jadwal Sholat

Warung Blogger

Warung Blogger

Kabar Terbaru

Postingan populer dari blog ini

Mengurus PBB yang diblokir di Cikarang, ke PEMDA Kab. Bekasi

Berawal dari salah satu syarat pengajuan KPR, yang disana tercantum harus ada “Copy PBB tahun terbaru”, saya jadi terlibat perjalanan bolak balik keliling Cikarang untuk mengurus PBB rumah yang diblokir. (Kisah saya mengajukan KPR, bisa dibaca disini)


PBB (Pajak Bumi dan Bangunan) adalah Pajak Negara yang dikenakan terhadap tanah dan bangunan. Lebih lengkapnya seputar PBB ini silahkan baca di situs resmi Dirjen Pajak di: http://www.pajak.go.id/content/seri-pbb-ketentuan-umum-pajak-bumi-dan-bangunan-pbb.


Ketika mengajukan Kredit ke Bank BTN Cabang Cikarang, saya dapat sebuah brosur berisi besaran kredit yang bisa diberikan beserta syarat-syaratnya.

Perpanjang STNK Motor di SAMSAT Cibinong

Ini pertama kalinya saya memperpanjang STNK motor di SAMSAT Kab. Bogor di Cibinong. Prosesnya sederhana dan Cepat. Seluruh proses hanya memakan waktu kurang lebih 40 menit.

Pertama-tama kita harus mempersiapkan dokumen-dokumen yang dibutuhkan. Untuk perpanjangan  STNK 1 tahun, yang harus dibawa adalah:
STNK AsliKTP Asli sesuai dengan nama di STNK
Awalnya saya kira harus menyerahkan BPKB juga, soalnya pengalaman saya mengurus STNK di SAMSAT Kota Tangerang gitu, harus bawa STNK Asli, KTP Asli dan BPKB. Namun

Kereta Jakarta Cikarang

Bagi sebagian besar penduduk Jakarta, Cikarang adalah suatu tempat yang sangat jauh. Karena Cikarang itu letaknya diluar Bekasi. Bekasi aja udah jauh, apa lagi Cikarang ^_^. Padahal kalau melihat plang penanda jarak di Jalan Tol, jarak Jakarta-Cikarang itu hanya 30 Km.

Saya sekarang tinggal di Cikarang sementara kerja masih di Jakarta. Tiap hari dilaju Cikarang-Jakarta, adapun transportasi yang saya gunakan adalah

Mutasi SIM online di Tangerang

Seminggu sebelum SIM saya berakhir masa berlakunya, saya berangkat ke kantor SATPAS Polres Tangerang di Tangerang Kota. Saya kesana karena dulu, SIM C saya ini dibuat di Tangerang. Sebelumnya saya sudah browsing-browsing di internet, mencari informasi tentang mutasi SIM. Saya harus mutasi karena sekarang saya KTP-nya Bogor.

Saya bahkan sampai telpon ke Call Center Korlantas POLRI di 021-1500669, menanyakan prosedur mutasi SIM. Dari petugas yang menerima telpon saya, saya diberitahu bahwa saya harus Cabut Berkas dulu di Tangerang, lalu

Gunung Munara - Hiking Pendek Yang Memacu Adrenalin

Gunung Munara

"Disini mulai rame sejak tahun baru kemarin"
"Tahun baru 2015 ini?"
"Iya, tahun baru 2015 ini, sebelumnya mah paling Sabtu Minggu doang, itu juga paling banyak 50 motor"

Begitulah percakapan singkat saya dengan teteh pemilik warung kelapa muda. Saya bertanya padanya sejak kapan Gunung Munara ini banyak dikunjungi. Nama Gunung Munara sekarang ini semakin sering dibicarakan orang. Spot pendakian yang terletak di daerah Rumpin, Bogor, ini memang tengah naik daun. Alasannya adalah, Gunung Munara memberikan tantangan yang sekelas naik gunung, namun jaraknya relatif pendek. Dari start mendaki sampai ke puncak, dibutuhkan waktu 1 – 1,5 jam saja.

Saya pun tertarik untuk menjajal track pendakian di Gunung Munara ini. Oh ya, meski namanya Gunung Munara, sebenarnya ini adalah sebuah bukit dengan batu-batu yang sangat besar. Dan yang membuat saya heran, banyak sekali batu-batu besar sebesar rumah yang tumpang tindih sedemikian rupa seolah sengaja disu…