Langsung ke konten utama

Tokoh – Tokoh Olahraga Indonesia



Sri Sultan Hamengku Buwono IX 
Sri Sultan Hamengku Buwono IX
Tokoh Olah Raga Indonesia - Sri Sultan Hamengku Buwono IX
Dari Sang Raja Untuk Olahraga 
Sri Sultan Hamengku Buwono IX, dilahirkan di Ngasem (Yogyakana) pada 12 April 1912. Beliau adalah Raja Keraton Yogyakarta ke-9 dan mantan Wakil Presiden RI ke-2. Sri Sultan terpilih menjadi Ketua Komite Olimpiade Republik Indonesia (KORI) pada tahun 1946, demikian juga ketika KORI diubah menjadi KOI (Komite Olimpiade Indonesia) pada tahun 1950, dan ketika PORI (Persatuan Olahraga Republik Indonesia) melebur menjadi satu dengan KOI pada tahun 1952. Ketika pada tahun 1966 induk-induk cabang olahraga membentuk KONI (Komite Olahraga Nasional Indonesia), Sri Sultan lagi-lagi terpilih menjadi ketua.

Eksistensi Sri Sultan Hamengku Buwono IX di kancah olahraga internasional juga diakui dengan ditunjuk sebagai anggota International Olympic Committee (IOC). Pengabdian Sang Raja Yogya berakhir pada 2 Oktober 1988, saat wafat dalam usia 76 tahun.



M.F. Siregar 
M. F. Siregar
Tokoh Olah Raga Indonesia - M. F. Siregar
Dedikasi Si Pelari 
Mangombar Ferdinand Siregar, lahir 11 November 1928 di Jakarta. Mantan atlet cabang olahraga atletik untuk nomor lari 1.500 dan 5.000 meter Pekan Olahraga Nasional pertama ini, sangat aktif sebagai pembina olahraga renang, polo air, bulutangkis, dan juga sebagai organisatoris di KONI (Komite Olahraga Nasional Indonesia). Dia pernah menjadi Komandan Pusat Latihan Renang Asian Games di Jakarta (1962), Wakil Sekjen KONI Pusat (1967-1971), Sekjen KONI Pusat (1971-1986), Ketua Umum PB PRSI (1983-1987), Ketua Bidang Pembinaan PB PBSI (1992), Anggota Dewan Kehormatan KONI Pusat (1999-2003), dan sekjen PB PBSI (2004-2008).

Beliau pernah juga menjabat sebagai Anggota Dewan Federasi SEA Games, Presiden ASEAN Swimming Federation, dan Wakil Ketua Organisasi OlahragaAsia Pasifik-Oseania.


Soeratin 
Soeratin
Tokoh Olah Raga Indonesia - Soeratin
Pengabdian Sang Perintis 
Ir. Soeratin Sosrosoegondo perintis organisasi sepakraga --sebelum diubah menjadi sepakbola-- di masa Hindia Belanda, pada 1930. Pria kelahiran Yogyakarta, 17 Desember 1898 ini berkeliling Pulau Jawa untuk menemui beberapa tokoh dan penggemar sepakraga. Pada 19 April 1930, tokoh-tokoh dari beberapa kota berkumpul di Yogyakarta untuk mendirikan PSSI (Persatoean Sepakraga Seloeroeh Indonesia), yang mulai melakukan kompetisi secara rutin sejak 1931.
Soeratin menjadi ketua umum dari 1930 sampai 1940. Setiap tahun ia terpilih kembali. Jasanya dalam persepakbolaan nasional diabadikan dalam sebuah kompetisi sepakbola junior U-19 tingkat nasional, yang diberi nama Piala Suratin. Tokoh yang mengabdikan separuh hidupnya pada sepakbola ini, meninggal dunia pada 1 Desember 1959.


Drs. Sudirman 
Sudirman
Tokoh Olah Raga Indonesia - Sudirman
Diabadikan Sebagai Piala 
Drs. Sudirman, lahir pada 29 April 1922 di Pematangsiantar, Sumatra Utara. Beliau adalah salah satu pendiri PBSI (Persatuan Bulutangkis Seluruh Indonesia) dan menjadi ketua umumnya selama 22 tahun (1952-1963, era Sukarno; dan 1967-1981, era Suharto). Perannya dalam pembinaan cabang olahraga bulutangkis sangat besar. Para era kepemimpinannya, banyak pemain bulutangkis yang dikirim ke ajang All England, dan berjaya di sana. Berjasa dalam penyatuan dualism organisasi bulutangkis dunia, namanya diabadikan sebagai piala dunia beregu dunia antar negara, Sudirman Cup.

Wakil Presiden IBF (sekarang BWF) ini, meninggal pada 10 Juni 1986 dalam usia 64 tahun.

Sumber:
Museum Olah Raga, Taman Mini Indonesia Indah

Jadwal Sholat

Warung Blogger

Warung Blogger

Kabar Terbaru

Postingan populer dari blog ini

Mengurus PBB yang diblokir di Cikarang, ke PEMDA Kab. Bekasi

Berawal dari salah satu syarat pengajuan KPR, yang disana tercantum harus ada “Copy PBB tahun terbaru”, saya jadi terlibat perjalanan bolak balik keliling Cikarang untuk mengurus PBB rumah yang diblokir. (Kisah saya mengajukan KPR, bisa dibaca disini)


PBB (Pajak Bumi dan Bangunan) adalah Pajak Negara yang dikenakan terhadap tanah dan bangunan. Lebih lengkapnya seputar PBB ini silahkan baca di situs resmi Dirjen Pajak di: http://www.pajak.go.id/content/seri-pbb-ketentuan-umum-pajak-bumi-dan-bangunan-pbb.


Ketika mengajukan Kredit ke Bank BTN Cabang Cikarang, saya dapat sebuah brosur berisi besaran kredit yang bisa diberikan beserta syarat-syaratnya.

Perpanjang STNK Motor di SAMSAT Cibinong

Ini pertama kalinya saya memperpanjang STNK motor di SAMSAT Kab. Bogor di Cibinong. Prosesnya sederhana dan Cepat. Seluruh proses hanya memakan waktu kurang lebih 40 menit.

Pertama-tama kita harus mempersiapkan dokumen-dokumen yang dibutuhkan. Untuk perpanjangan  STNK 1 tahun, yang harus dibawa adalah:
STNK AsliKTP Asli sesuai dengan nama di STNK
Awalnya saya kira harus menyerahkan BPKB juga, soalnya pengalaman saya mengurus STNK di SAMSAT Kota Tangerang gitu, harus bawa STNK Asli, KTP Asli dan BPKB. Namun

Mutasi SIM online di Tangerang

Seminggu sebelum SIM saya berakhir masa berlakunya, saya berangkat ke kantor SATPAS Polres Tangerang di Tangerang Kota. Saya kesana karena dulu, SIM C saya ini dibuat di Tangerang. Sebelumnya saya sudah browsing-browsing di internet, mencari informasi tentang mutasi SIM. Saya harus mutasi karena sekarang saya KTP-nya Bogor.

Saya bahkan sampai telpon ke Call Center Korlantas POLRI di 021-1500669, menanyakan prosedur mutasi SIM. Dari petugas yang menerima telpon saya, saya diberitahu bahwa saya harus Cabut Berkas dulu di Tangerang, lalu

Kereta Jakarta Cikarang

Bagi sebagian besar penduduk Jakarta, Cikarang adalah suatu tempat yang sangat jauh. Karena Cikarang itu letaknya diluar Bekasi. Bekasi aja udah jauh, apa lagi Cikarang ^_^. Padahal kalau melihat plang penanda jarak di Jalan Tol, jarak Jakarta-Cikarang itu hanya 30 Km.

Saya sekarang tinggal di Cikarang sementara kerja masih di Jakarta. Tiap hari dilaju Cikarang-Jakarta, adapun transportasi yang saya gunakan adalah

Pengalaman saya menggunakan Kartu Kredit BCA

Foto diatas adalah foto kartu BCA saya yang buram dan plastiknya sudah mengelupas. Eit… jangan salah sangka dulu, kondisi kartunya bisa sampai demikian bukan karena kualitas kartunya yang jelek, tapi karena kartunya yang telah “bekerja keras” selama 5 tahun! Kartu Kredit yang juga merangkap kartu Flazz ini telah menemani saya selama 5 tahun ini dan telah melakukan transaksi yang tak terhitung banyaknya, baik sebagai kartu kredit maupun kartu Flazz. Karenanya wajar saja kalau kondisinya sampai seperti demikian. Dan hebatnya lagi, biarpun sudah kusam mengelupas, kartu ini masih berfungsi dengan baik lho.

Meski kartu penggantinya sudah saya terima dari BCA, saya masih sayang sama kartu ini, jadi biarlah saya abadikan di postingan blog sebelum saya pensiunkan ^_^

Sekarang ini banyak orang yang antipati terhadap kartu kredit, disebut kartu setan lah, bikin orang terlilit hutang lah, dsb. Padahal sebenarnya Kartu Kredit itu hanyalah