BREAKING NEWS

[5]

Halal Tour Bersama Khalifah Tour


Sewaktu tiba diruangan, seseorang telah berdiri di depan, sepertinya tengah menyampaikan sambutan. Saya pun duduk di barisan depan, kemudian mengarahkan perhatian ke yang tengah bicara di depan.

Menilik sosoknya, saya yakin beliau orang penting. Belakangan saya tahu, beliau bernama bapak Rustam Sumarna. Adapun panggilan akrabnya adalah Kang Rustam. Beliau ini adalah direktur dari Khalifah Tour. Beliau juga merupakan anggota Dewan Penasehat HIMPUH (Himpunan Penyelenggara Umrah dan Haji).

Saya hadir di kantor Khalifah Tour ini dalam rangka Meet & Greet penulis buku "Journey To Samarkand". Adapun penulisnya adalah mbak Uttiek Herlambang. Panjang lebar tentang acara Meet & Greet ini bisa dibaca pada tulisan saya sebelumnya:


Pada kesempatan ini saya ingin sharing tentang Khalifah Tour.

Pak Rustam (saya mau nyebut Kang Rustam kok rada segan ya ^_^), ya udah bapak aja lah. Pak Rustam memaparkan bahwa biro perjalanan ke Luar Negeri khususnya tempat-tempat bersejarah Agama Samawi (Yahudi, Kristen, Islam) itu banyak sekali. Masing-masing ada kelebihan maupun kekuranganya.

Nah Biro-biro perjalanan ini dalam prakteknya dilapangan, terkadang tidak terlalu mengerti tentang kebutuhan ummat Islam. Maksudnya, bahwa umat Islam harus makan makanan halal, beribadah sholat 5 kali sehari, dll. Dalam pelaksanaan perjalanan, biro-biro perjalanan banyak yang tidak terlalu memperhatikan hal-hal tsb.

Dari sini muncul kebutuhan akan biro perjalanan yang benar-benar tahu seluk beluk Islam. Oleh karenanya berdirilah Khalifah Tour, sebagai biro perjalanan Syariah (bisa dikatakan begitu ^_^).

Selain itu, Khalifah Tour juga punya keinginan untuk membentuk semacam Komunitas Pecinta Sejarah Islam. Karenanya Khalifah Tour memiliki beberapa paket perjalanan Sejarah Islam, diluar Haji dan Umrah. Diantaranya:
  • Paket Jejak Para Nabi, mengunjungi negara Mesir, Palestina dan Aman
  • Paket Jejak Thariq Bin Ziyad, mengunjungi negara Maroko, Spanyol dan Turki
  • Paket perjalanan ke Uzbekistan dan Rusia
Mengapa mengunjungi tempat-tempat bersejarah Islam itu penting? Karena pada sejarah Islam yang mainstream, ada saja bagian-bagian yang agak sedikit bias. Yang hal ini bisa terjadi karena salah pemahaman, kekeliruan, atau sebab-sebab lainnya.

Dengan mengunjungi langsung tempat-tempat bersejarah Islam, menggalinya dari sumber-sumber yang otentik, maka diharapkan pengetahuan akan sejarah Islam bisa lebih menyeluruh dan benar. Dengan demikian kita sebagai umat Islam khususnya bisa mengambil hikmah dari sejarah tersebut.

Selain perjalanan ke negri-negri Timur Tengah dan Eropa, Khalifah Tour juga punya paket-paket perjalanan ke Jepang, Korea, Amerika, dan tempat-tempat lainnya.

Khalifah Tour sendiri berpusat di kota Bandung, tepatnya di Jl. Brigjen Katamso No. 11, Bandung. Telah berdiri sejak tahun 2005, dengan izin Penyelenggara Perjalanan Ibadah Haji SK Menag RI PPIU/PIHK 3050.

Dalam memberikan layanannya, Khalifah Tour menganut nilai CARE
  • C - Cakap
  • A - Amanah
  • R - Responsif
  • E - Empati
Dengan nilai diatas, Khalifah Tour sangat mengutamakan kenyamanan para pelanggannya.

Selain Nilai CARE, Khalifah Tour mempunyai Motto: "Bimbingan Maksimal, Fasilitas Optimal" . Untuk Fasilitas perjalanan, didukung oleh Maskapai Penerbangan seperti Garuda Airlines, Emirates, Qatar Airways, Saudi Arabian Airilines, Singapore Airlines, Air Jordan, dan Turkish Airlines.

Sejak awal berdirinya di tahun 2005, Khalifah Tour tercatat menjadi salah satu loyal customer dari hotel-hotel berbintang 5 seperti Makkah Hilton and Tower, Hilto Suites Makkah, Hotel Anwar Al Madinah Movenpick, dan Mariot Jeddah.

Tour ke Samarkand
Samarkand berada di Negara Uzbekistan sekarang. Samarkand mempunyai sejarah panjang sebagai tempat berlangsungnya berbagai peradaban manusia, sejak jaman Paleolitik, hingga dikuasai Uni Soviet dan kemudian mandiri menjadi negara Uzbekistan.

Pada abad 14-15 Masehi, Samarkand merupakan pusat dari dinasti Timurid. Pada masa ini di Samarkand, berkembang peradaban Islam yang sangat maju pada zamannya. Hal ini ditandai dengan berbagai bangunan indah yang tetap berdiri kokoh hingga hari ini.

Khalifah Tour menyelenggarakan paket Halal Tour ke Samarkand, yang merupakan salah satu kota tujuan dari serangkaian tour ke Uzbekistan. Paket ke perjalanan ke Samarkand ini ada 2 paket, yakni
  • Paket 10 hari Uzbekistan
  • Paket 10 hari Uzbekistan + Rusia
Untuk 10 hari Uzbekistan, kota tujuannya adalah:
  • Tashkent (Ibukota negara Uzbekistan)
  • Samarkand
  • Bukhara
  • Khiva
Sedang untuk paket 10 hari Uzbekistan + Rusia, destinasinya adalah:
  • Tashkent
  • Saint Petersburg (Rusia)
  • Moscow (Rusia)
  • Bukhara
  • Samarkand
Paket-paket Halal Tour akan dilaunching kembali oleh Khalifah Tour untuk quartal 2 tahun 2019 ini. Dimulai dari awal Mei 2019.

Halal Tour
Halal Tour, Muslim Tour, Muslim Trip, adalah produk-produk perjalanan wisata yang ditawarkan hampir semua Biro Perjalanan di Indonesia. Namun hanya sedikit saja yang benar-benar menerapkannya pada saat berlangsungnya perjalanan.

Salah satu contoh adalah masalah makanan. Dalam perjalanan wisatanya, Khalifah Tour akan bekerja sama dengan komunitas muslim Indonesia di suatu negara untuk menyediakan menu masakan Halal. Karena yang membuat masakan adalah Muslim, maka Kehalalannya terjamin. Dan karena yang memasak adalah orang Indonesia, maka rasanya tentu akan rasa Indonesia. Meski memang kalau dikehendaki, bisa saja mencari menu masakan negara yang dikunjungi, namun tetap selektif, dicari yang halal.

Salah seorang pembicara pada acara Meet and Greet kemarin adalah pak Reggy Kartawidjaja. Beliau adalah Tour Leader di Khalifah Tour. Beliau juga seorang Certified Tour Leader dan merupakan pengurus dari ITLA (Indonesia Tour Leader Association) DPD Jawa Barat.

Beliau banyak memaparkan tentang seluk beluk perjalanan Halal ke berbagai Negara, bahkan negara-negara yang mayoritas Non Muslim, seperti Eropa, China, Amerika, dsb.

Dalam hal Informasi seputar fasilitas Halal (makanan, tempat ibadah, dsb). Biro-biro perjalanan akan saling sharing di Asosiasi (ITLA).

Tren gaya hidup orang sekarang itu adalah Travelling. Rumah mungkin belum punya, mobil belum punya, tapi jalan-jalan ke luar negri minimal setahun sekali. Itulah orang sekarang.

Supaya jalan-jalannya lebih terarah dan berhikmah, kita bisa memanfaatkan fasilitas-fasilitas yang disediakan oleh biro perjalanan berpengalaman dan "syar'i" seperti Khalifah Tour.

Happy Travelling.
Halal Tour Bersama Khalifah Tour Halal Tour Bersama Khalifah Tour Reviewed by irpanisme on April 16, 2019 Rating: 5

2 komentar:

  1. Nah kalo jalan-jalannya seperti ini kita gakkan ketinggalan salat yah. Hal yg sering terabaikan karena lg jjs. Susah cari tempat utk shalat

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya, kita kadang keasyikan atau bahkan males. Astaghfirullah...

      Hapus