About


Hi, my name is Irpan. I live in Indonesia. This blog is to provide you with my trip stories, my ideas and some other things.

Facebook

BloggerHub

Connect with me

Jadwal Sholat

Belajar Bahasa Inggris Standar CEFR di The British Institute (TBI)

Posting Komentar

Waktu kecil dulu dekat kampung saya ada sungai namanya Cipangligaran. Di salah satu bagian sungai ada leuwi atau bahasa Indonesianya kedung yang tidak terlalu dalam. Oleh anak-anak kampung kedung ini menjadi tempat berenang yang mengasyikkan, termasuk saya.

Ketika itu saya masih kecil, usia kelas 1 SD gitu lah, ikut-ikutan dengan anak yang lebih besar bermain di kedung tsb. Awalnya hanya berani bermain air dan batu dipinggiran, namun melihat anak-anak lainnya riuh jebar-jebur di tengah, saya pun sedikit-demi sedikit memberanikan diri ke tengah.

Karena keseruan bermain air, tanpa disadari saya jadi bisa berenang, bahkan berani lompat dari batu di atas kedung. Tidak ada yang mengajari saya secara khusus. Anak-anak yang lebih besar juga sibuk dengan keseruannya sendiri-sendiri.

Belakangan setelah dewasa, saya jadi mengerti, bahwa bagi anak-anak, bermain itu belajar. Hal ini rupanya diamini oleh Pakar anak usia dini dari Universitas Middlesex, Ingris, Dr. Jacqueline Harding.

Dalam bukunya tentang perkembangan anak yang berjudul "The Brain that Loves to Play", Dr. Harding menerangkan tentang pentingnya bermain bagi anak-anak terutama anak usia dini.
Mengapa bermain itu penting bagi anak-anak?

Dr. Harding menjelaskan bahwa otak anak usia dini secara alamiah terbentuk dan berkembang dengan baik, jika anak tsb banyak bermain. Kita tidak boleh memisahkan antara belajar dan bermain.

Lebih lanjut Dr. Harding menjelaskan bahwa menurut penelitian terbaru dalam ilmu saraf, ketika bermain anak-anak mengalami pengalaman sensorik yang kaya dan eksplorasi yang menyenangkan.

Berkat pengalaman tersebut, sel-sel otak mereka berkembang membentuk jalur-jalur saraf baru. Jalur-jalur saraf yang terbentuk pada masa kanak-kanak ini memiliki dampak mendalam dan bertahan lama.

Itulah mengapa jika kita ingin mengajarkan sesuatu pada anak, sebaiknya kita mengemas pelajaran tersebut dalam bentuk permainan atau aktifitas bermain.

Bermain yang Belajar di TBI
Hal ini rupaya sudah diterapkan di TBI (The British Institute). Lembaga pendidikan Bahasa Inggris ini didirikan pada 18 Februari 1984, dengan mengusung metode pembelajaran "Task-based approach". Materi-materinya merujuk pada CEFR (Common European Framework of Reference for Languages), yaitu standar internasional untuk menggambarkan kemampuan bahasa dalam membaca, menulis, menyimak, dan berbicara.
Anak-anak yang belajar bahasa Inggris di TBI, tidak duduk rapi berjajar sambil melihat guru menulis di papan tulis kemudian mencatat di buku. Belajar di TBI dikemas dengan berbagai permainan menarik.

Hal ini saya buktikan sendiri ketika mengikuti acara "English Conversation Class for Blogger Parents", tanggal 23 Maret 2024 lalu di gedung Carro Square, Pondok Indah.

Acara berdurasi 2 jam tersebut dimulai pada jam 2 siang. Waktu yang sangat berat untuk sebuah kegiatan belajar, bahasa Inggris pula.

Namun apa yang terjadi? sesi belajar bahasa Inggris a la TBI itu tidak bikin ngantuk. 2 jam berlalu tanpa terasa, bahkan kalau masih ada materi yang disampaikan, sepertinya masih bisa sejam atau dua jam lagi.
Bagaimana bisa begitu?

Rahasianya adalah di metoda pembelajarannya. Materi belajarnya dikemas dalam berbagai permainan menarik, ada tebak gambar, roll a die, conversation gambit, fly swatter, dll, yang kesemuanya itu membuat kita tidak bosan dan ngantuk, sebaliknya malah dapat mengikuti kegiatan belajar dengan ceria.

Saya aja yang orang tua senang mengikuti pembelajaran model bermain seperti itu, apa lagi anak-anak. Belajar di TBI itu bisa dikatakan learning English with the best.

Btw, sebetulnya program belajar Bahasa Inggris di TBI itu tidak hanya untuk anak-anak saja. Di TBI ada banyak program lainnya, yakni:
  1. Very Young Learner (untuk anak usia 4-6 tahun)
  2. Children Class (anak usia SD kelas 1-4)
  3. Pre-Teenager Class (anak usia SD kelas 5-6)
  4. Teenager Class (anak usia SMP)
  5. Global English (SMA dan Dewasa)
Malah ada pula program khususnya, yakni:
  1. Exam Preparation Class (TOEFL ITP, TOEFL iBT, dan IELTS) bagi siswa yang ingin melanjutkan studi ke luar negeri dan untuk beasiswa.
  2. Business Communication, bagi siswa yang ingin meningkatkan kemampuan berbahasa Inggris dalam konteks bisnis.
  3. Conversation Class, bagi siswa yang ingin meningkatkan kemampuan berbahasa Inggris khususnya speaking skills.

Selain itu khusus di TBI Depok, Cibubur, dan Kota Wisata, mereka memiliki program rutin setiap tahunnya seperti Holiday English Programme, English Competition, dan Halloween.

Oh iya, TBI itu ada banyak cabangnya, adapun yang kemarin menjadi penyelenggara acara adalah TBI Depok, TBI Cibubur, dan TBI Kota Wisata, yang kebetulan 3 tempat tsb dibawah naungan manajemen yang sama, yang dipimpin oleh bapak Victorius Nugraha, selaku Partnership Manager, dan School Manager tiga cabang TBI tsb.

Pada kelas kemarin, materinya disampaikan oleh Miss Atisatya Arifin atau lebih akrabnya dipanggil Miss Tya, selaku Academic Team Leader (ACTL) di TBI Depok, Cibubur, dan Kota Wisata. Beda ya kalau pengajarnya sudah International Certified, bawain materinya seru dan kita dapat sesuatu. Top lah pokoknya.


Jika kita mencari tempat les bahasa Inggris di Cibubur dan Kota Wisata, ke TBI aja. Lokasinya mudah dijangkau dan berasa di tengah kota. Adapun alamatnya adalah sbb:

  • TBI Cibubur: Jl.Raya Alternatif Cibubur Km.1 No. 9 B-C. Cimanggis, Kota Depok 16454. Ph: 021 84309595, 0813 8330 7474
  • TBI Kota Wisata: Jl.Raya Alternatif Cibubur Km.6 Ruko Boston Square Rk.1 No.7-9, Kota Wisata Cibubur, Kota Bogor 16968. Ph: 021 22962690, 0857 7213 8651
Dan untuk yang di Depok, alamatnya:
  • TBI Depok: Jl. Raya Margonda No.56 Ruko ITC Depok No.7-8, Pancoran Mas Depok 16431. Ph: 021 77211000, 0857 1573 3386

Informasi lain mengenai TBI dapat dilihat pada www.tbi.co.id. Selain itu bisa juga dilihat di Instagram TBI Depok

So, jika kita ingin meningkatkan kemampuan berbahasa Inggris biar makin cas cis cus, maka tempat tepat adalah TBI khususnya TBI Depok, karena TBI Depok Kursus Bahasa Inggris Terbaik.

Tentang Carro sang Tuan Rumah

Jika TBI adalah tempat kursus bahasa Inggris terbaik, maka Carro adalah tempat jual beli mobil yang bikin tenang.

Kenapa bikin tenang? karena mobil yang diperjualbelikan di Carro sudah melalui pengecekan bagian-bagian mobil di 160 bagian. Jika ada yang kurang tapi masih dalam toleransi, oleh Carro akan diperbaiki menjadi seperti baru.

Karena Carro berikan lebih dari sekedar mobil bekas. Carro memberikan mobil bekas yang sudah diperbaiki dan dirapikan menjadi seperti baru.

Kata Carro, mereka memberikan jaminan untuk 5 hal berikut ini:

  1.  Inspeksi 160 Titik
    Tidak semua mobil bisa mendapatkan Carro Certified — hanya mobil yang lulus inspeksi ketat 160 titik saja yang bisa. Dari mencari tahu riwayat mobil hingga memeriksa setiap sudut dan celah di bawah kap, kami akan temukan dan perbaiki semua masalah. Tidak ada yang kami lewatkan untuk memastikan kamu mendapatkan mobil berkualitas.

    Proses inspeksi dan perbaikan kami menggunakan teknologi eksklusif seperti Computer Visioning, yang dapat mendeteksi benturan sekecil apa pun, dan Acoustic Engineering untuk memeriksa masalah mesin. Tidak cuma itu, kami juga memiliki para teknisi ahli bersertifikat untuk mengesahkan mobil Carro Certified. Jadi, mobil yang kamu bawa pulang bagus layaknya baru.

  2. Jaminan Uang Kembali 5 Hari
    Beli mobil itu bukan urusan sepele. Kami mengerti akan itu. Oleh karenanya, kamu bisa melakukan Test Drive langsung mobil secara rutin agar yakin. Jika mobil tidak cocok, ada garansi uang kembali 5 hari, tanpa pertanyaan apa pun dari kami.

  3. Garansi 12 Bulan untuk Mesin & Gearbox
    Terkadang, setiap perjalanan pasti menemui hambatan kecil, tapi kami hadir untuk memastikan semua berjalan lancar. Kamu bisa serahkan semua pada kami masalah mesin dan transmisi yang mungkin muncul dalam waktu 12 bulan dari pembelian mobil.

  4. Tidak Ada Gangguan Jarak Tempuh
    Kami selalu menyampaikan kondisi mobil dengan jujur – tanpa kompromi. Artinya, kami sepenuhnya transparan dan terbuka tentang jarak tempuh setiap mobil, sehingga kamu dapat menilai apakah mobil itu tepat untuk perjalanan kamu.

  5. Tidak Ada Kecelakaan Besar, Kerusakan Akibat Kebakaran & Banjir
    Riwayat mobil kamu disampaikan apa adanya. Kami punya semua jawaban apa saja yang telah dilewati dan mengapa kami yakin mobil tersebut masih jadi kendaraan yang bagus. Kami menjamin bahwa mobil bekas kami bukan mobil rusak.

Khusus Maret-April ini, Carro ada promo yang rugi banget kalau dilewatkan. Promo tersebut adalah kesempatan memenangkan 1 dari 3 jenis hadiah berikut

  • iPhone 15
  • Smart TV 32"
  • JBL Go Portable Speaker

Dan untuk mobil-mobil terpilih, ada diskon hingga 20 juta!

Yuk segera hubungi Carro, mau jual mobil kita atau pun beli mobil buat mudik lebaran.

Carro Indonesia Social Media Accounts
●    Instagram: carroindonesia
●    Facebook: carro.indonesia
●    Tiktok: @carroindonesia
●    Youtube: @carroindonesia



Related Posts

Posting Komentar