About


Hi, my name is Irpan. I live in Indonesia. This blog is to provide you with my trip stories, my ideas and some other things.

Facebook

BloggerHub

Connect with me

Jadwal Sholat

Dewa Dewi Bangsa Viking

Posting Komentar
Dewa Viking
Silsilah Dewa-Dewa Nordik

Artikel ini merupakan kelanjutan dari artikel sebelumnya yang berjudul "Mitologi Bangsa Viking"

Pada artikel tsb dipaparkan mengenai asal-usul alam semesta menurut versi bangsa Nordik. Bangsa Nordik adalah bangsa yang mendiami wilayah Eropa Timur dan Atlantik Utara yang terdiri dari negara Denmark, Finlandia, Islandia, Norwegia dan Swedia, dan juga teritori Kepulauan Faroe, Greenland, Svalbard dan Åland.

Selanjutnya kita akan mengenal lebih jauh lagi tentang Dewa-Dewi mereka. Ada berapa banyak dewa Nordik itu?

Sulit untuk menentukan jumlah pastinya karena tidak ada catatan khusus yang mendokumentasikan jumlah Dewa-Dewi. Keterangan terkait Dewa-Dewi umumnya dalam bentuk puisi lisan yang disampaikan secara turun-temurun selama berabad-abad.

Upaya terbaik untuk menuliskan mitologi Nordik ini bisa ditemukan dalam bentuk Eddas dan Heimskringla, yang dituliskan oleh Snorri Sturluson. Dia adalah seorang sejarawan, penyair, dan politikus Islandia yang hidup pada akhir abad ke-12 dan awal abad ke-13.

Para Dewa bangsa Nordik dapat dibagi menjadi dua suku. Suku Æsir yang biasa dikaitkan dengan kekacauan dan perang, dan suku Vanir dikaitkan dengan alam dan kesuburan. Para Dewa sering dianggap hidup berdampingan bersama dengan Jötnar (tunggal Jötunn ) atau Raksasa dalam bahasa Inggris.

Di jaman sekarang nama Jötunn menjadi nama dari salah satu Taman Nasional terbesar di Norwegia yakni Jotunheimen yang kalau diterjemahkan artinya adalah Rumah Para Raksasa.

Odin

Odin

Sebagai penguasa Asgard – wilayah Æsir, Odin dianggap sebagai Bapak Para Dewa. Ayahnya adalah Borr dan ibunya adalah Jötunn Bestla. Dia terkenal karena mengendarai kudanya yang berkaki delapan bernama Sleipnir. Odin mempunyai senjata tombak Gungnir yang dikatakan tidak pernah meleset dari sasaran. Tombak sakti ini ditempa oleh para Dwarf.

Odin adalah Dewa Kebijaksanaan, Puisi, dan Perang. Odin memiliki setidaknya lima putra, dari empat wanita yang berbeda. Putranya yang paling terkenal adalah Thor yang dikandung oleh Jörð, personifikasi Bumi. Istrinya, Frigg, melahirkannya Baldr dan Höðr, dan dengan Jötnar Gríðr dan Rindr dia menjadi bapak Viðar dan Váli.

Dalam budaya populer saat ini, Odin paling sering digambarkan sebagai pemimpin dan komandan terhormat di medan perang. Tapi hal yang demikian itu digambarkan baru-baru ini saja. Sebelum-sebelumnya Dia tidak dianggap demikian oleh orang Nordik.

Sebagai dewa perang, Odin tidak peduli dengan alasan konflik atau bahkan dampaknya. Sebaliknya, dia lebih tertarik pada kekacauan pertempuran. Dia sangat menyukai Beserker (Pengamuk) dan pejuang lain yang menganggap pertempuran adalah faktor terpenting.

Odin dikenal dalam bahasa lain sebagai Woden dan merupakan sumber dari kata bahasa Inggris Wednesday (hari Rabu). Ya benar, Rabu adalah Hari Woden!

Thor

Thor

Thor mungkin menjadi Dewa Nordik yang paling terkenal di dunia. Hal ini berkat film-film superhero Marvel yang menampilkan Thor sebagai salahsatu pahlawan supernya.

Thor, Sang Dewa Petir, adalah putra Odin dengan Jörð, dan suami dari Dewi Sif. Dia secara fisik adalah yang terkuat di antara Æsir dan memiliki mata tajam, rambut merah, dan janggut lebat.

Thor digambarkan sebagai seorang yang cepat marah, namun melindungi Asgard dan Midgard – dunia manusia – dari Jötnar dan ancaman lainnya. Dia melakukan perjalanan terutama dengan kereta yang ditarik oleh dua ekor kambing yakni Tanngrisnir dan Tanngnjóstr.

Tapi mungkin dia paling dikenal karena memegang palu Mjölnir yang ditempa oleh Dwarf. Tapi palu Mjölnir ini bukan sembarang palu. Mitologi Nordik menggambarkan palu Mjölnir sebagai salah satu senjata paling ampuh yang pernah ada. Bahkan mampu meratakan gunung.

Banyak liontin kuno berbentuk palu telah ditemukan oleh para arkeolog di seluruh wilayah Skandinavia. Sejarawan dan arkeolog telah lama percaya bahwa liontin ini sebenarnya menggambarkan Mjölnir.

Seperti ayahnya Odin yang menjadi nama hari dalam seminggu yakni Wednesday (Rabu), Thor juga menjadi nama satu hari dalam seminggu. Thursday (Kamis) adalah hari Thor.

Frigg

Frigg

Salah satu Dewi Nordik yang paling terkenal adalah Frigg. Frigg adalah dewi pernikahan, keluarga dan keibuan. Dia adalah istri Odin dan ibu dari dua anaknya – Baldr dan Höðr.
Frigg memerintah Asgard sebagai Ratu bersama suaminya, dia adalah satu-satunya yang diizinkan duduk di atas takhta Hliðskjálf, dan memandang ke sembilan alam.

Tentang sembilan alam dalam mitologi Nordik dapat dibaca pada artikel sebelumnya tentang Mitologi Nordik, bisa dibaca di sini:
"Mitologi Bangsa Viking"

Seperti Odin dan Thor, Frigg juga menjadi nama satu hari dalam seminggu, yakni Friday (Jum'at) atau Frigg's Day.

Namun dalam hal popularitas, Dewi Frigg kurang dikenal di luar wilayah Skandinavia, tidak seperti Thor dan Odin. Tapi di kawasan Skandinavia, nama Frigg sangat populer, bahkan menjadi nama dari salahsatu klub olahraga di Oslo.

Týr

Tyr

Dewa perang yang asli, Týr dianggap sebagai Dewa yang paling berani. Karena sangat tertarik pada keadilan dan perjanjian yang adil, dia sering dianggap sebagai Dewa Perang dan Perdamaian dan orang yang memutuskan siapa yang akan memenangkan pertempuran.

Tidak terdapat keterangan yang jelas tentang siapa yang melahirkan Týr.

Týr hanya memiliki satu tangan karena tangan lainnya digigit habis oleh serigala Fenrir. Ini terjadi ketika Týr meletakkan tangannya di mulut binatang itu untuk mengalihkan perhatiannya sementara para Dewa lainnya mengikatnya ke batu. Ketika Fenrir menyadari bahwa dia telah ditipu, dia menggigit tangan Týr hingga putus.

Týr juga menjadi nama hari dalam seminggu. Týr, juga dikenal sebagai Tiw, adalah asal muasal nama hari Tuesday (Selasa).

Heimdallr

Heimdall

Dewa Nordik lainnya yang terkenal berkat film Thor adalah Heimdallr, atau Heimdall. Dia adalah penjaga jembatan Bifröst – jembatan berbentuk pelangi yang menghubungkan negeri manusia – Midgard – dengan negeri para Dewa – Asgard.

Heimdallr memiliki terompet yang dikenal sebagai Gjallarhorn, yang ditiupnya untuk memperingatkan akan terjadinya masalah. Indranya sangat baik sehingga dia dapat mendengar bulu domba tumbuh dan rumput tumbuh dari tanah. Dia bisa melihat sampai ke ujung bumi menjadikannya pelindung terbaik para Dewa.

Heimdallr adalah putra dari sembilan ibu berbeda dan dikenal sebagai Dewa Putih.

Loki

Loki


Dalam buku komik, Loki adalah saudara angkat, dan musuh bebuyutan Thor, tetapi dalam mitologi Nordik dia adalah putra Laufey dan Jötunn Fárbauti dan merupakan saudara kandung Odin. Dia dikenal sebagai Dewa Tipu Daya dan Kenakalan serta Bapak Para Monster.

Dia menjadi ayah dari serigala ganas Fenrir dan ular Jörmungandr serta kuda berkaki delapan milik Odin, Sleipnir. Dia juga ayah dari Dewi Hel yang memerintah dunia orang mati.

Loki biasanya tidak dianggap sebagai salah satu Æsir, karena tabiatnya yang suka melakukan tipu daya. Dia menyebabkan berbagai peristiwa besar seperti kematian Baldr. Para Æsir tidak pernah percaya sepenuhnya pada Loki. Mereka ragu apakah Loki membantu atau justru menghalangi mereka.

Akibat ulahnya yang menyebabkan kematian Baldr, Loki dihukum dengan cara diikat di batu, kemudian diatasnya ada ular yang meneteskan bisa ke wajah Loki.

Baldr dan Höðr

Baldr Hodr

Dewa Terang dan Cahaya, Baldr, dan Dewa Kegelapan, Höðr, adalah saudara kembar, putra Odin dan Frigg.

Baldr adalah Dewa yang paling dicintai yang pernah mengalami mimpi buruk bahwa dia akan dibunuh. Ibunya, Frigg, kemudian meminta agar semua makhluk di sembilan alam bersumpah untuk tidak menyakitinya.

Sayangnya, ada 1 tumbuhan yang tidak ikut bersumpah, yakni Mistletoe atau bahasa Indonesianya Kapasilan. Ketika Loki mengetahui hal ini, sebagai penipu jahat, dia meyakinkan Höðr untuk melemparkan tombak mistletoe, yang menusuk jantung Baldr dan dengan demikian Baldr berakhir di alam kematian.

Namun kejadian itu bukan akhir segalanya, karena di peristiwa Ragnarok – Hari Penghakiman – dunia orang mati akan terbuka dan, ketika Odin meninggal, Baldr dan Höðr akan memerintah menggantikannya.

Vidar

Vidar

Putra Odin dengan Jötunn Grid, Vidar, adalah Æsir terkuat kedua setelah Thor dan tinggal di aula besar di Asgard bernama Vidi. Terlepas dari kekuatannya, Vidar adalah dewa yang damai dan dikenal suka duduk diam atau mengerjakan pembuatan sepatu khusus.

Meskipun mungkin terdengar agak membosankan, sepatu spesial ini – yang dibuat dari sisa-sisa pembuat sepatu di Midgard – akan memainkan peran penting dalam membalas kematian ayahnya setelah Ragnarok. Vidar akan membunuh serigala menakutkan Fenrir dan terus hidup setelah Ragnarok, untuk menciptakan tatanan dunia yang baru.

Vali

Vali


Vali adalah putra bungsu Odin, dan Jötunn Grid. Dia umumnya dianggap sebagai pemanah dan mewakili pancaran sinar matahari – seperti anak panah – yang tumbuh lebih kuat saat musim dingin hampir berakhir.

Vali digadang-gadang dapat membalas kematian Baldr, dan memang dia berhasil membunuh Hodr. Dia adalah salah satu yang selamat dari Ragnarok.

Bragi

Bragi

Bragi adalah penyair Valhalla yang terpelajar dan bijaksana. Dia mungkin salah satu putra Odin – sumber aslinya tidak jelas – tetapi dia dianggap oleh banyak orang sebagai Dewa Puisi dan Musik. Namanya sebenarnya berasal dari kata Bragr yang berarti puisi.

Bragi memiliki janggut yang sangat panjang dan ukiran tanda di lidahnya. Ia sering dikatakan pernah menikah dengan Dewi Awet Muda, Idunn.

Selama bertahun-tahun ada banyak penyair Viking bernama Bragi, yang paling terkenal adalah Bragi Boddason. Ini mungkin dikaitkan dengan dewa Bragi atau mungkin juga dewa Bragi adalah keabadian salah satu penyair.

Iðunn

Idunn

Dengan nama yang berarti 'yang meremajakan', dewi awet muda, Iðunn, adalah pemberi buah yang memberikan umur panjang kepada para dewa. Iðunn dikatakan telah menikah dengan Dewa Penyair Bragi.

Buah yang dibagikannya umumnya digambarkan sebagai Apel emas, meskipun hal ini tidak mungkin terjadi karena Apel belum ada di Skandinavia pada saat itu! Kata Epli, yang sekarang berarti Apel, merupakan kata umum untuk buah-buahan dan kacang-kacangan. Apa pun itu, apa pun buahnya, buah itu pasti berhasil membuat para dewa bertahan selama jutaan tahun!

Njord

Njord

Dewa Angin, Pelaut, Pesisir, Perairan Darat, dan Kekayaan – meskipun bukan Dewa laut – Njord adalah anggota Vanir, bukan Æsir. Setelah berakhirnya perang antara Vanir dan Æsir, Njord adalah salah satu dewa yang dikirim ke Asgard sebagai tanda gencatan senjata.

Njord tinggal di sebuah rumah di tepi pantai di Asgard bernama Noatun. Meskipun ia pernah menikah sebentar dengan raksasa wanita Skadi, anak tunggal Njord, Freyr dan Freyja, lahir dari saudara perempuannya Nerthus.

Ingat popularitas Frigg di Skandinavia? Hal yang sama juga terjadi pada teman kita Njord! Antara lain, ia meminjamkan namanya ke biro iklan yang berbasis di Kopenhagen dan bahkan merek perawatan pria!

Freyr dan Freyja

Freyr Freyja

Anak-anak Njord dan Nerthus, Freyr dan Freyja, termasuk bangsa Vanir yang dikirim ke Æsir setelah perang antara kedua suku. Mereka adalah dewa-dewi kesuburan.

Dewa Freyr biasanya digambarkan dengan penis yang besar! Dia juga penguasa Alfheim dan Penguasa Peri.

Dewi Freyja, dituduh oleh Loki telah tidur dengan semua Dewa dan Elf. Dalam versi lain diceritakan bahwa ternyata Freyja dan Frigg – istri Odin – sebenarnya adalah dewi yang sama!

Seperti biasa, silsilah keluarga Dewa dan Dewi Nordik mungkin agak sulit diikuti. Terlepas dari itu, dapat dikatakan bahwa dalam hal-hal yang berkaitan dengan kesuburan, baik itu perihal anak keturunan atau hasil panen yang melimpah dan kekayaan, kedua Dewa-Dewi ini selalu terlibat.

Ullr

Ullr Ull

Ullr (atau Ull) adalah Dewa Musim Dingin, Pemburu, Pertarungan Tangan Kosong dan Pohon Willow. Pengucapannya ull -r, dengan penekanan pada suku kata pertama. Namun namanya sering ditulis Ull dalam teks berbahasa Inggris.

Dia adalah putra Sif dan anak tiri Thor. Ia menikah dengan Skadi – Dewi Musim Dingin – dan dikatakan sebagai pemanah dan pemain ski yang hebat, sering kali menggunakan perisainya seperti papan seluncur salju modern. Oleh karena itu, di zaman modern, dia dianggap sebagai Dewa Ski.

Di Skandinavia, khususnya Swedia, ada beberapa tempat yang berasal dari Ullr. Sejarawan percaya ini menunjukkan pentingnya Ullr di antara para dewa lama.

Forseti

Forseti

Nama Forseti berarti Presiden dalam bahasa Islandia modern dan Dewa dari nama tersebut adalah Dewa Keadilan dan pembicara hukum. Seorang pria damai yang sering ditemukan bermeditasi, dia akan memimpin perselisihan antara Dewa dan Dewi Asgard.

Forseti adalah putra dari Baldr dan Nanna, dia tinggal di sebuah rumah perak dan emas bernama Glitnir (bersinar) yang dikatakan sangat bersinar sehingga sinarnya dapat terlihat bermil-mil jauhnya.

Hermod

Hermod

Hermod mungkin atau mungkin bukan putra Odin. Dikenal sebagai Utusan Para Dewa, Hermod adalah yang tercepat di antara semua penduduk Asgard. Setelah kematian Baldr dia mengajukan diri untuk pergi ke Niflheimr dengan menunggangi kuda Odin, Sleipnir.

Sesampai di sana dia memohon pada Dewi Dunia Bawah – Hel – agar Baldr dibebaskan. Hel menyetujui hal ini dengan syarat bahwa seluruh mahluk di dunia menangisi kematian Baldr. Seluruh mahluk di dunia pun melakukannya. Semua kecuali Jötunn Þökk, yang diyakini sebagai Loki yang menyamar, dia menolak menangis. Akibatnya, Baldr tidak dibebaskan oleh Hel dan tetap berada di Dunia Bawah.

Hel

Hel Hela

Dewi Dunia Bawah, Hel atau dalam pengucapan lain Hela adalah putri Loki dan Jötunn Angrboda. Hel serakah, berubah-ubah dan tidak tertarik pada kepentingan orang hidup maupun orang mati. 

Hel tinggal di akar pohon dunia Yggdrasill yang terdalam dan gelap.

Dalam salah satu kisah Islandia, Hel digambarkan sebagai setengah biru setengah merah darah, dengan penampilan suram. Namun, seorang sejarawan percaya bahwa Hel sebenarnya bukanlah seseorang, melainkan sebuah tempat. 

Terlepas dari personifikasi yang dituturkan dalam cerita rakyat, sebagian besar pengertian tentang Hel adalah “di dalam” dan bukan “dengan”. Beberapa orang percaya bahwa nama itu sebenarnya berarti kuburan.

---

Demikianlah beberapa Dewa-Dewi bangsa Nordik yang menarik untuk kita ketahui kisahnya. Lumayan bisa menambah wawasan tentang kepercayaan bangsa-bangsa jaman dulu di wilayah Skandinavia.

Sampai jumpa lagi di artikel tentang Dewa-Dewi wilayah lainnya di planet Bumi. 

***

Daftar pustaka:
https://www.lifeinnorway.net/Nordik-gods/
https://commons.wikimedia.org

Terbaru Lebih lama

Related Posts

Posting Komentar