About

Hi, my name is Irpan. I live in Indonesia. This blog is to provide you with my trip stories, my ideas and some other things.

BloggerHub

Connect with me

Jadwal Sholat

Hiking Ceria ke Kawah Ratu Gunung Salak Bogor

Posting Komentar
Kawah Ratu Gunung Salak
Kawah Ratu, Gunung Salak

Aktivitas hiking alias naik gunung, sekarang ini memang tengah digandrungi. Namun ternyata tidak semua orang merasa cocok dengan kegiatan naik gunung ini. Alasannya bermacam-macam, mulai dari capek, takut menyusahkan orang lain, dan lain-lain.

Memang sih, yang namanya naik gunung itu pasti akan sangat menguras tenaga. Namun jangan khawatir, bagi yang ingin mencicipi rasanya naik gunung
, tapi baru sebatas "mencicipi", bukan "makan satu piring", kita bisa melakukannya di Kawah Ratu.

Kawah Ratu Gunung Salak
Jalur Pendakian yang seru
Kawah Ratu adalah sebuah kawah vulkanik yang masih aktif yang terletak di Gunung Salak. Gunung Salak sendiri relatif dekat dari Jakarta, yakni hanya sekitar 80-an Km saja. Secara administratif, Gunung Salak ini berada di Kabupaten Bogor, Jawa Barat.

Yang unik dari Kawah Ratu ini adalah, jika pada umumnya kawah itu berada di puncak gunung, maka Kawah Ratu justru berada di lereng gunung. Sehingga untuk mencapainya, kita tidak perlu melakukan pendakian full sampai puncak gunung, namun hanya kurang lebih sepertiganya saja.

Rute dari Jakarta ke Kawah Ratu
Pintu gerbang pendakian ke Kawah Ratu berada di Kawasan Wisata Gunung Salak Endah. Untuk mencapainya, kalau dari Jakarta, kita bisa melalui jalan tol Jagorawi, keluar di Pintu Tol Sentul Selatan. Setelah itu menyusuri jalan provinsi yang menghubungkan Jawa Barat dengan Banten. Sebagai patokan, kita akan melalui kampus IPB (Institut Pertanian Bogor) Dramaga.

Di pertigaan yang bernama Cibatok, kita belok kiri menyusuri jalan menanjak sejauh 18 Km, untuk mencapai kawasan Wisata Gunung Salak Endah. Meski jalan menuju gunung, kita tidak perlu khawatir, karena jalan ini sudah dihotmix mulus.

Kawasan Gunung Salak Endah ini merupakan kawasan wisata yang menyajikan banyak sekali Curug atau Air Terjun. Selain itu terdapat juga pemandian air panas dan goa. Di kawasan ini juga banyak terdapat Camping Ground, Villa - villa bahkan Resort terpadu. Malahan di lokasi ini juga terdapat markas pelatihan TNI.

Jika kita mau ke Kawah Ratu, kita masuk dari pintu yang bernama Pasir Reungit. Dari pintu Pasir Reungit ke Kawah Ratu, jaraknya sekitar 4 Km. Jika jalan santai sambil foto-foto, kita bisa sampai dalam waktu 2,5 jam.

Jalur pendakian dihiasi oleh jalan berbatu yang menembus hutan hujan tropis yang masih rapat. Tak jarang kita harus menyeberangi sungai kecil berair jernih. Malahan, di beberapa tempat, kita harus benar-benar berjalan ditengah sungai dangkal.
Jalur Pendakian ke Kawah Ratu
Jalur Pendakian

Sungai berair jernih di jalur pendakian ke kawah ratu
Sepanjang jalan didominasi oleh jalanan landai. Meski terdapat juga tanjakan, namun tanjakannya tidak curam, hanya tanjakan biasa saja.

Ketika sampai di Kawah, kita seakan menginjakan kaki di planet lain. Karena pemandangan disini bergitu berbeda. Kita bisa masuk ke dalam kawasan kawah, berjalan diantara kepulan asap dan kolam-kolam kecil berisi air yang bergolak. Di beberapa tempat berdiri pohon mati dengan ranting-rantingnya yang meranggas.
Jalur Pendakian ke Kawah Ratu
Memasuki kawasan Kawah Ratu
Kawah Ratu Gunung Salak Bogor
Hutan Mati Kawah Ratu

Kawah ini juga dibelah oleh sungai yang cukup lebar berair deras. Air yang mengalirinya berwarna bening keabu-abuan. Dan airnya hangat-hangat kuku. Mungkin sungai ini campuran antara sungai dari hutan diatasnya dan air panas yang keluar dari kawah.

Sungai yang membelah Kawah Ratu

Di beberapa titik terdapat sumber belerang. Oleh para pengunjung, belerang-belerang ini sering dijadikan masker wajah. Terutama oleh orang yang wajahnya berjerawat, dengan harapan jerawatnya menjadi kering dan wajahnya menjadi mulus.

Belerang Kawah Ratu Gunung Salak Bogor
Belerang di Kawah Ratu

Kawah Ratu memang mempunyai pesona tersendiri, yang membuat kita betah berlama-lama disini untuk menikmatinya. Namun bagi kita yang ingin Camping, kita dilarang mendirikan tenda di sekitar kawah. Ini karena dari kawah keluar asap beracun, yang kalau kita hirup secara terus-menerus dalam jangka waktu yang lama, bisa berakibat buruk bagi kesehatan.

Kalaupun kita ingin camping, kita bisa memilih tempat yang tidak telalu jauh dari kawah, namun diluar jangkauan asap kawah. Disana disediakan beberapa area terbuka untuk mendirikan tenda.

Camping Ground Kawah Ratu Gunung Salak Bogor
Camping Ground di dekat Kawah Ratu

***
Karena jaraknya yang relatif dekat dan waktu tempuh yang pendek, kita bisa melakukan perjalanan dari Jakarta ke Kawah Ratu, pulang pergi dalam satu hari. Kita bisa berangkat dari Jakarta pagi-pagi sekali, misalnya jam 6. Sampai di gerbang Pasir Reungit jam 9, lalu hiking ke Kawah Ratu. Sampai Kawah jam 12. Explore Kawah sampai jam 1. Jam 1 siang turun lagi. Sampai Pasir Reungit jam 3 sore, lalu kembali ke Jakarta.

Itu kalau kita menggunakan mobil pribadi atau carteran. Kalau mau menggunakan kendaraan umum, dari Jakarta kita bisa naik kereta sampai stasiun Bogor. Dari stasiun, kita naik angkot ke terminal Bubulak. Lalu sambung angkot jurusan Leuwiliang, turun di pertigaan Cibatok. Dari pertigaan Cibatok ini tidak terdapat angkutan umum yang ke Kawasan Wisata Gunung Salak Endah. Kalau pun ada angkot, dia hanya sampai perkampungan warga di bawah Kawasan Wisata. Namun kita bisa coba nego dengan supir angkot untuk kita carter sampai ke Gunung Salak Endah.

Nah bagi yang ingin mencicipi Naik Gunung dengan segala keindahannya, sebelum mendaki gunung-gunung yang tinggi, bisa mulai berlatih ke Kawah Ratu dulu.

Salam Lestari Kawah Ratu Gunung Salak Bogor
Salam Lestari ^_^
Dan berikut adalah video perjalanannya. Selamat menyaksikan :)