BREAKING NEWS

[5]

Paket Caving di Bogor Barat

Bagi kamu yang suka dunia underground (literally ^_^), kamu bisa menjajal destinasi susur gua alias caving di dua tempat di daerah Bogor Barat. Di dua tempat ini, kita bisa menikmati 2 type gua, yakni gua vertikal dan gua horizontal.

Gua Vertikal bisa kita jelajahi di kawasan Karst Ciampea sedang Gua Horizontalnya bisa kita jelajahi di Gua Gudawang.

Lokasinya relatif dekat kalau dari Jakarta. Dari Jakarta kita bisa ke Bogor dulu, lalu belok ke arah Barat menyusuri jalan provinsi Jabar-Banten, menuju Jasinga. Lokasi bukit Karst Ciampea tidak terlalu jauh dari Kampus IPB, Dramaga, Bogor. Sedangkan Gua Gudawang, masih terus lagi ke arah Barat.

Berikut peta lokasinya:

Gua Karst Ciampea Gua Gudawang
Lokasi goa-goa di Ciampea dan Cigudeg

Gua Vertika di Karst Ciampea
Karst Ciampea ini berupa bukit kapur yang tidak terlalu tinggi. Di dalam perut bukit terdapat banyak gua-gua yang jalan masuknya berupa lubang vertikal (mirip sumur), meski di bagian bawahnya ada lorong yang horizontal.

Untuk bisa menjelajahi gua vertikal ini, kita membutuhkan peralatan SRT (Single Rope Technique), seperti Harness, Descender, Tali, helm, dsb.




Jika kita tidak punya peralatan tersebut, kita bisa menyewa peralatan sekalingus "minta diajarin" oleh mereka yang sudah biasa dengan aktivitas vertical caving. Kita bisa googling untuk mencari penyedia jasa seperti ini.

Untuk di Karst Ciampea sendiri, ada komunitas pecinta alam yang sudah biasa menjelajahi gua-gua vertikal disini. Komunitas ini menamakan dirinya Po2Rose (ig: @po2rose). Kalau melihat foto-foto dokumentasi mereka, di dalam gua-gua vertikal di perut Karst Ciampea ini, banyak terdapat ruang-ruang yang indah, selain itu kita bisa menemukan binatang-binatang yang unik.

Gua AC, Karst Ciampea
Mulut Goa Vertikal di Gua AC, Karst Ciampea
Gua AC, Karst Ciampea
Tali untuk masuk ke dalam Goa

Gua AC, Karst Ciampea
No Caption ^_^
Gua AC, Karst Ciampea
Track menuju Gua AC, Karst Ciampea
Gua AC, Karst Ciampea
Bukit Karst Ciampea ini merupakan habitat Monyet
Gua AC, Karst Ciampea
Bukit Karst Ciampea ini tidaklah terlalu tinggi
Bukit Karst Ciampea ini juga cocok untuk hiking ringan bersama keluarga. Baca kisahnya disini:
Mengenalkan Hiking pada Anak di Gunung Kapur, Ciampea, Bogor
Gua Horizontal di Komplek Gua Gudawang
Untuk mencapai Komplek Gua Gudawang ini, dari Karst Ciampea kita bisa melanjutkan perjalanan ke arah Barat, tepatnya ke kecamatan Cigudeg.

Gua Gudawang ini merupakan daerah berbukit yang terdapat banyak gua. Menurut keterangan penjaganya, di kawasan ini terdapat sedikitnya 12 Gua. Namun dari ke 12 gua ini, yang dibuka untuk wisata hanyalah 3 Gua saja. Ketiganya diberi nama: Gua Simenteng, Gua Simasigit dan Gua Sipahang.

Lokasi mulut goa ini relatif berdekatan. Malah Gua Si Menteng itu gua nya tembus ke Gua Si Pahang.

Area gua Gudawang ini sudah dikelola menjadi kawasan pariwisata dengan berbagai fasilitas penunjang seperti toilet dan mushola. Malah dari ketiga gua ini, Gua Si Menteng di dalamnya ada instalasi listrik, dan di sepanjang gua dipasangi lampu-lampu listrik.

Meski demikian, kalau kita ingin menjelajah ketiga gua disini, kita tetap saja harus membawa senter atau peralatan penerangan lainnya. Oh iya, karena gua-gua disini horizontal, untuk menjelajahinya kita tidak pelu menggunakan peralatan SRT.

Gua Sipahang Gua Gudawang Cigudeg
Mulut Gua SiPahang
Gua Simasigit Gua Gudawang Cigudeg Bogor
Mulut Gua Simasigit
Interior Gua Simasigit
Gua Simenteng Gua Gudawang Cigudeg Bogor
Papan Informasi Gua Simenteng
Gua Simenteng Gua Gudawang Cigudeg Bogor
Interior Gua Simenteng, ada lampu listrik ^_^
Gua Gudawang Cigudeg Bogor
Taman di dekat gerbang masuk
Ok, sekian dulu. Selamat Caving ^_^





Paket Caving di Bogor Barat Paket Caving di Bogor Barat Reviewed by Irpanisme on September 26, 2017 Rating: 5

Tidak ada komentar: