About


Hi, my name is Irpan. I live in Indonesia. This blog is to provide you with my trip stories, my ideas and some other things.

Facebook

BloggerHub

Connect with me

Jadwal Sholat

Find X - Smartphone Flagship OPPO Yang Gaya Dan Berdaya

Posting Komentar
Seorang teman saya memasang kertas post it di atas layar laptopnya. Dia memasangnya tepat diatas Kamera yang terletak di bagian tengah atas layar laptop. Ketika saya tanya mengapa kamu memasang post it nutupin kamera? teman saya itu menjawab, pencegahan takutnya laptopnya dihack dan orang yang tak bertanggung jawab merekam melalui kamera laptop kita tanpa kita sadari.

Awalnya saya berpikir teman saya itu paranoid, atau terlalu banyak nonton film. Namun suatu waktu saya iseng googling tentang apakah mungkin kamera laptop dihack dan orang bisa merekam kita tanpa diketahui. Ternyata oh ternyata, itu bisa! Malah ada satu foto yang menampilkan CEO Facebook Mark Zuckerberg, pada laptop yang ada di meja dekat dia, kamera laptopnya ditutupi. Foto tersebut cukup menjawab pertanyaan saya itu.

Laptop Mark Zuckerberg cameranya ditutup
Laptop Mark Zuckerberg cameranya ditutup
 Dan rupanya bukan hanya pada laptop saja, kamera hp pun bisa saja dihack. Bayangin kalau kita lagi di kamar, tanpa kita sadari hp kita sudah dihack dan kameranya bisa dioperasikan dari tempat lain, pas kita melakukan hal-hal bersifat pribadi seperti ganti baju misalnya, tanpa diketahui kamera di hp kita aktif dan merekam aktifitas kita tersebut. Serem nggak?

3D Stealth Camera
Beberapa waktu yang lalu saya berkesempatan menghadiri acara launching HP Flagship dari brand OPPO. HP flagship OPPO yang terbaru ini bernama Find X. Acara yang merupakan kerjasama Kaskus dengan OPPO ini mengambil tempat di Hotel Four Points, Bandung.

Kaskus The Lounge with Find X
Kaskus The Lounge with Find X
Pada acara launching kemarin, saya nemu hal yang berbeda. Yang beda itu adalah fitur kamera hp OPPO Find X ini yang beda desainnya. Kalau hp-hp pada umumnya, kamera itu terpasang pada badan hp dan fix, tidak bisa berpindah. Tapi kamera hp pada OPPO Find X ini, dia mempunyai mekanisme untuk masuk dan keluar dari badan HP. Kayak kepala kura-kura gitu, bisa keluar masuk cangkang.

Kebetulan saya dapat foto dari website OPPO, tentang mekanisme yang membuat kamera HP OPPO Find X ini bisa naik turun. Jadi di dalam casing HP, terdapat micro motor yang dihubungkan dengan semacam silinder, yang kalau motornya berputar akan membuat rangka yang ada kameranya bisa naik turun. Kalau naik, berarti kameranya keluar dari casing dan siap beroperasi, dan kalau sudah selesai, motor akan berputar ke arah sebaliknya dan menurunkan kamera, kembali bersembunyi didalam badan HP.
OPPO 3D Steathl Camera Micro Motor
Mekanisme Micro Motor untuk menggerakkan camera

Ketika pertama kali menyaksikan fitur kamera naik turun ini, saya rada berkerut. Buat apa OPPO mendesain kamera seperti itu. Bukankah makin banyak komponen bergerak, makin besar kemungkinan rusak? Namun setelah dijelaskan bahwa alasannya adalah security, saya jadi maklum. Ditambah lagi saya jadi ingat ke teman saya itu yang suka menutup kamera laptopnya pake post it.

Lebih lanjut pak Aryo Meidianto selaku  OPPO PR Manager yang ketika itu menjadi pembicara, menjelaskan bahwa mekanisme ini telah melalui uji ketahanan. Jadi dengan pemakaian normal, (yang dimaksud normal disini adalah, dalam sehari kameranya 150 kali naik turun), maka dia bisa tahan sampai 5 tahun! Jadi yang saya khawatirkan tentang ringkihnya mekanisme naik turun ini, terjawab sudah.

Hal lainnya yang tadinya saya pikir kelemahan adalah waktu naik dan turunnya kamera. Kalau kita ngebayangin robot-robot, itu kan gerakanya lambat. Gerakin tangan misalnya, lambat, noleh aja lambat. Saya pikir kamera ini juga naik turunnya lambat. Tapi setelah saya berkesempatan mencobanya sendiri, ternyata nggak lambat lho. Biasa aja. Begitu aplikasi diaktifkan, kamera kayak sekejap gitu udah keluar. Setelah baca spek teknisnya, rupanya waktu yang dibutuhkan untuk naik atau turun itu hanya 0,6 detik. Ya, gak begitu kerasa lah ya.

Masih seputar kamera, karena kameranya HP OPPO Find X ini keren banget menurut saya. Pada hp ini tersemat 3 kamera, 1 di depan dan 2 di belakang. Yang depan resolusinya 25 MP sedang yang belakang 16 MP dan 23 MP. Selain resolusi, sistem kamera ini juga memiliki sensor 296 titik wajah. Sensor ini digunakan untuk keamanan HP. Display HP itu kan biasanya kita lock. Untuk unlocknya yang paling gampang di swipe, trus ada juga pake PIN atau Password, atau Pattern (yang bikin garis di titik-titik itu). Lebih kesini lagi, unlock display pake Sidik Jari. Dan yang paling terbaru, fitur keamanan untuk lock dan unlock itu menggunakan sidik wajah.

Ketika akan meng-unlock hp, kita arahkan wajah kita ke kamera depan hp. Kamera akan mendeteksi wajah kita, lalu menganalisa 296 titik di wajah kita itu. Karena rapat sekali, maka hasil analisanya adalah objek 3 dimensi. Hal ini penting karena bisa saja kan orang menggunakan foto kita untuk meng-unlock hp. Tapi foto kan 2 dimensi, dengan sensor sebanyak 296, maka akan dengan mudah dideteksi, yang ditampilkan di depan kamera itu, wajah orang yang sebenarnya atau hanya foto.

Tidak cukup sampai disana, sistem kamera di HP OPPO Find X ini juga dilengkapi AI (Artificial Inteligence). Salah satu fitur AI ini adalah dia bisa membedakan foto laki-laki dengan foto perempuan. Keren bukan?

Tampilan fisik
Smartphone ini, casing luarnya menggunakan bahan gelas. Jadi baik depan maupun belakang, semuanya berbahan gelas. Namun gelas bukan sembarang gelas, karena yang digunakan adalah Gorilla Glass 5 yang sudah teruji ketahanannya. Jadi kita tidak perlu khawatir hp kita akan mudah tergores.

Bahan kuat saja tidak cukup, body HP ini diwarnai dengan teknologi warna multifacet. Dengan teknologi ini, warna HP bisa berubah-ubah tergantung dari posisi yang melihat. Jadi kalau orang yang tepat didepan hp, akan melihat HP nya berwarna Hijau misalnya, orang yang ada di samping akan melihat dengan warna yang berbeda, dan orang di tempat yang lain lagi, melihatnya warna yang berbeda lagi.

Terus HP ini memiliki screen to body ratio mencapai 93,8%. Ini artinya, dari ujung atas sampai ujung bawah hp, itu layar semua. Adapun jenis layarnya adalah AMOLED.
93,8% permukaan OPPO Find X adalah layar
Ada lagi yang unik, yaitu Panoramic LED notification. Apa lagi itu? Gini, hp kalau displaynya mati, kalau ada notifikasi dari aplikasi, seperti pesan WA baru, comment di Instagram kita, dsb, itu kan suka ada led kelap-kelip. Namun umumnya hp, kelip led ini hanya satu titik saja, misalnya di pojok kiri atas. Nah, OPPO Find X, LED notifikasinya tidak hanya satu titik, namun bentuk garis berubah warna yang bergerak di sekeliling display. Unik kan?

Kelistrikan
Baik, sejauh ini kita mencatat ada 2 hal spesial pada HP OPPO Find X, yakni kamera yang bisa "sembunyi", naik turun dengan micro motor, dan layar yang luas. Yang namanya motor listrik tentu butuh daya listrik yang besar. Meski di hp itu jenisnya micro motor namun tetap saja yang namanya motor itu konsumsi listriknya besar. Menurut penuturan pak Aryo, konsumsi micro motor pada hp ini ternyata cukup kecil. Untuk 150 kali naik turun, micro motor ini hanya makan daya batre sekitar 1% saja.

Satu hal lagi tentang layar yang luas. Kalau layarnya besar, maka seharusnya konsumsi dayanya juga besar bukan. Apalagi kita sering main game atau nonton film di hp. Layar jadi terus-terusan menampilkan tayangan dengan cahaya yang terang. Tentu ini memakan banyak daya. Namun karena jenis layarnya adalah AMOLED, maka daya dikonsumsi untuk aktifitas diatas, lebih sedikit.

Btw, kapasitas batre HP OPPO Find X ini adalah 3730 mAh. Ada yang spesial dari sistem kelistrikan Hp ini, yakni waktu charging batrenya. Hp pada umumnya membutuhkan waktu charging sekitar 2 jam untuk bisa mencapai 100%. OPPO Find X itu hanya butuh waktu 50 menit saja untuk mencapai 100%. How come?

Proses charging bisa cepat karena Find X menggunakan teknologi charging VOOC. Teknologi ini bisa mempercepat proses charging karena aliran arus listriknya (ampere) diperbesar. Namun tentu semua sudah dirancang dengan baik, sehingga meski ampere yang masuk besar tetap tidak membahayakan batre dan komponen lainnya.

Diatasnya VOOC ada lagi Super VOOC, kalau ini nge-charge-nya lebih cepet lagi, cukup 35 menit saja untuk bisa mencapai 100%. Teknologi ini dipakai pada HP Find X edisi spesial Lamborghini. Sesuai namanya, hp edisi berpenampilan mewah bak mobil Lambo.
OPPO Find X edisi Lamborghini
Keuntungan buat Gamer
Hp-hp jaman sekarang itu sudah multi fungsi. Hp jaman now itu bukan hanya untuk nelpon saja, entah berapa banyak fungsi lain dari Hp jaman now. Salah satunya adalah buat main game. Apalagi game-game buat hp jaman sekarang, gak kalah dengan game komputer bahkan game console semacam XBox, Play Station atau Nintendo.

Sebut saja game Mobile Legend dan PUBG (Player Unknown Battle Ground). Game-game multiplayer online ini sedang digandrungi masyarakat.

OPPO melihat masalah yang dialami orang yang sedang main game, yakni ketika sedang main game, layar semuanya menampilkan suasana game. Masalah datang ketika ada telpon masuk. Game terpaksa ditutup untuk menerima telpon. Akibat game ditutup, kita jadi terputus dari game. Kalau misalnya kita sedang di tengah-tengah pertempuran, otomatis kita kalah, meski sebenarnya kita sedang diatas angin.

OPPO Kemudian mengembangkan apa yang disebut dengan Game Space. Fitur ini membuat HP bisa menerima telpon meski sedang main game. Ketika sedang main game, ada telpon masuk, kita bisa menerimanya dan mengaktifkan loud speaker atau headset, lalu bertelpon ria sambil tetap main game. Atau kalau lagi dalam situasi pertempuran yang genting banget, kita bisa menerima telpon lagi sekedar untuk memberitahu si penelpon, bahwa kita bisa ditelpon lagi satu jam kemudian misalnya.

Selain telpon, game space juga memungkinkan kita membuka aplikasi lainnya seperti WA sambil tetap main game. Jadi seolah ada aplikasi diatas aplikasi.

Music Party.
Bayangkan kita sedang ngumpul-ngumpul bareng geng kita. Geng yang kebetulan mempunyai selera musik yang sama. Kalau kita mau mendengarkan satu lagu yang disenangi bersama, kita biasanya memutarnya di hp, lalu hp tersebut dihubungkan ke speaker bluetooth misalnya. Kalau di dalam kamar atau di dalam rumah sih nggak apa-apa kali ya. Namun kalau di tempat umum apa lagi di perpustakaan, memasang speaker eksternal bisa jadi mengganggu orang lain.
Music Party
Fitur Music Party
Disinilah asyiknya fitur Music Party yang ada di HP OPPO Find X. Dengan fitur ini, kita bisa dengerin satu lagu bersama-sama, dari HP masing-masing. Tinggal jalanin aplikasi Music Party, masukkan hp-hp yang ingin dishare, dan tada, kita sudah bisa mendengarkan musik yang sama secara berbarengan.

Komunitas O-Fans
Kalau ngebahas fitur-fitur OPPO Find X, tulisan ini bisa jadi novel 400 halaman kali ya, karena banyak banget fitur kerennya. Makanya kita sudahin dulu aja. Tapi ada satu hal penting yang tidak boleh ketinggalan, yakni tentang O-Fans. Apakah O-Fans itu?

O-Fans adalah komunitas pengguna hp merek OPPO. Kebetulan pada acara kemarin, saya bertemu dengan beberapa orang anggota komunitas O-Fans. Saya bertemu dengan Teh Aeni, teh Ayu, teh Rina, teh Resti dan banyak lagi.
O-Fans OPPO
O-Fans
Pada kesempatan pertemuan kemarin, kami banyak ngobrol-ngobrol seputar komunitas O-Fans ini. Komunitas ini telah berdiri sejak tahun 2013. Mereka mempunyai wadah di dunia maya yakni grup di aplikasi Telegram. Nama grupnya "Oppo Community Family". Selain itu ada instagramnya juga, namanya "Oppo Community". Dan tiap kota biasanya mereka membentuk WA Group.

Saya menanyakan apakah aktifitas komunitas O-Fans ini?
Kata teh Aeni, mereka suka mengadakan sharing. Jadi O-Fans dengan difasilitasi oleh OPPO, mengadakan suatu acara talkshow dengan mengundang orang-orang/komunitas tertentu untuk sharing ilmu. Misalnya mengundang Fotografer Profesional untuk berbagi ilmu dan tips dan trik fotografi menggunakan kamera Hp. Dan acara lainnya. Memiliki hp OPPO ini ternyata banyak manfaatnya.

Baiklah demikian review singkat dari HP Flagship dari OPPO, OPPO Find X.



Dibawah saya sertakan juga spesifikasi teknis dari OPPO Find X:

Dimensi:
Tinggi: 156.7mm
Lebar: 74.2mm
Tebal: 9.6mm
Berat: 186g


Warna: Bordeaux Red, Glacier Blue
Operating System: ColorOS 5.1 (Sistem Operasi buatan OPPO yang berdasarkan pada Android 8.1)
Processor: Qualcomm Snapdragon 845
GPU: Adreno™ 630
Battery: 3730mAh (TYP)
RAM: 8GB
Storage: 256GB


Display
Ukuran: 6.4 inches (Diagonal)
Type: AMOLED
Resolusi: 2340 by 1080 pixels
Kedalaman warna: 16 juta warna
Touchscreen: Multi-touch, Capacitive Screen
Brightness: 430 (TYP)

Kamera
Kamera Belakang: 20-megapixel &16-megapixel
Kamera Depan: 25-megapixel
Flash: LED Flash
Aperture Belakang: 20M(f/2.0)+16M (f/2.0)
Aperture Depan : f/2.0
Head 1.57W/kg
Body 1.658W/kg
Frequencies GSM:850/900/1800/1900
                    WCDMA:B1/2/4/5/6/8/19
                     LTE FDD:B1/2/3/4/5/7/8/12/13/17/18/19/20/25/26/28/29/32/66
                     TD-LTE:B34/38/39/40/41(2496-2690MHz)
SIM Card Type: Dual Nano-SIM Cards
GPS: GPS/aGPS
Bluetooth: BT2.1+EDR, BT5.0
Wi-Fi: 2.4/5GHz 802.11 a/b/g/n/ac
OTG: Support
NFC: Tidak

SAR
Connectivity

Sensor
Sensors E-Compass
Light sensor
Proximity sensor
G-sensor/Acceleration sensor


In the Box
OPPO Find X *1
Adapter *1
Headset *1
Type-C to 3.5mm Audio Adapter *1
SIM Card Ejector *1
Important Info. Booklet with Warranty Card *1
Quick Guide *1
Case *1

#ktlwithoppofindx  #thefutureflagship

Related Posts

Posting Komentar