BREAKING NEWS

[5]

Menjajal Wahana Trans Studio Bandung

Tulisan pertama dari 2 tulisan ...

Pada hari Sabtu, 2 Maret 2019, saya berkesempatan mengunjungi Trans Studio Bandung (TSB). Ini adalah kunjungan pertama saya di TSB. Sebelumnya saya melihat TSB itu paling di TV, atau hanya sebata foto dan video di internet.

Saya menjelajah TSB dalam rangka memeriahkan acara BloggerDay2019. Acara ini merupakan puncak acara ulang tahun  BloggerCrony Community (BCC). Yang pada tahun 2019 ini diselenggarakan selama 2 hari, mengambil tempat di TSB untuk hari pertama, dan hari kedua di Hotel Crowne Plaza Bandung.

Setahun sebelumnya, saya  juga mengikuti acara serupa yakni BloggerDay2018. Kala itu acaranya bertempat di Hotel Ashley Jakarta. BloggerDay2018 merupakan acara BCC perdana yang saya ikuti. Acara tersebut blogpostnya bisa dibaca disini:


Kembali ke BloggerDay2019, acara di TSB dimulai pada jam 13:30. Seperti biasa registrasi dulu di meja panitia. Kali ini pesertanya ada sebanyak 100 orang! heboh nggak tuh.

Adapun 100 orang ini tidak semuanya berasal dari Bandung, ada yang dari Jabodetabek, Cirebon, bahkan Jawa Timur. Mereka adalah para blogger yang terpilih. 100 orang ini merupakan hasil seleksi yang sebelumnya diadakan oleh panitia.
Blogger Trans Studio Bandung
Para Blogger yang akan menjelajah TSB

Di meja registrasi kami mendapat PIN tanda peserta dan tiket masuk yang berbentuk kertas berisi barcode. ketika melewati gerbang masuk, barcode ini di scan di alat scanner yang ada di tiang pintu. Kalau barcodenya valid, maka pintu akan terbuka.

Oh iya, para pengunjung dilarang membawa makanan dan minuman ke dalam kawasan TSB. Jika pengunjung ada yang membawa makanan dan minuman, maka akan dititipkan di locker.

TSB ini merupakan Theme Park Indoor terbesar di Dunia. Ada banyak wahana disini, dan tiap wahana mempunyai tema tersendiri.

Ketika mulai perjalanan dari gerbang masuk, kita akan disambut deretan bangunan menyerupai toko dengan gemerlap lampu-lampunya. Konsepnya dibuat ala-ala  broadway gitu. Sehingga ketika kita memulai perjalanan menelusuri TSB, kita serasa menjadi selebritis yang  gemerlap.

Wahana Trans Studio Bandung pertama yang saya naiki adalah Giant Swing, berupa ayunan raksasa yang bergerak seperti bandul. Kursi penumpang wahana ada di ujung bandul, berbentuk lingkaran. Pengamannya ada 2 lapis, pertama pengaman hidrolik berbentuk rompi yang  menutupi bahu dan dada. Kemudian di lengkapi juga dengan tali yang berbahan seperti tali sabuk pengaman mobil. Jadi jika sistem hidroliknya gagal dan rompi terbuka, rompi tersebut masih terikat kuat dengan tali sabuk pengaman tadi.
Giant Swing Trans Studio Bandung
Giant Swing

Sensasi naik wahana Giant Swin ini lumayan bikin dengkul lemes. Terutama ketika dari posisi teratas meluncur ke bawah, itu rasanya wah, lumayan mengaduk perut. Tapi tetep bikin ketagihan. Untuk melihat seperti apa Giant Swing beraksi, silahkan tonton video yang ada di bagian akhir postingan ini.

Wahana menantang lainnya yang saya jajal adalah Jelajah Hutan Amazon, ini berupa seluncuran air yang temanya adalah piramida Aztec. Jadi kita akan menaiki perahu, kemudian menyusuri saluran air yang ceritanya adalah sungai Amazon, diakhiri dengan meluncur dari atas piramida Aztec. Kalau naik wahana ini, siap-siap kebasahan deh. Ini juga bisa dilihat pada video dibawah.

Btw, di TSB ini, dibagi menjadi zona-zona:
- Zona studio central
- Zona Lost City
- Zona Magic Corner
Peta Trans Studio Bandung
Peta Trans Studio Bandung
Zona Studio central bertema gemerlap dunia layar lebar, adapun wahana yang ada disana diantaranya:
  1. Yamaha Racing Coaster by Yamaha
  2. Super Heroes 4D
  3. Pemburu Badai
  4. Transcar Racing
  5. Vertigo
  6. Trans City Theater by Sariayu
  7. Giant Swing
  8. Ocean World Science Center
  9. Si Bolang Adventure by Indomie
  10. CNN Indonesia
  11. Dunia Anak

Zona Lost City yang bertema pedalaman hutan Amazon dengan wahana Jelajah dan Pirate Ship yang bisa dinaiki untuk mengelilingi area Trans Studio Bandung dari ketinggian. Adapun wahana yang ada di sana diantaranya:
  1. Kong Climb
  2. Jelajah
  3. Sky Pirates
  4. Aphitheater

Di Lost City ini saya menjajal Kong Climb, yakni area panjat dinding yang lumayan menantang. Saya jajal untuk menaikinya, namun belum berhasil sampai puncak. Saya coba di jalur yang lainnya juga sama, belum bisa mencapai puncak. Tapi nggak apa-apa, segitu juga saya sudah puas.
Kong Climb Trans Studio Bandung
Menjajal Kong Climb

Zona Magic Corner dimana terdapat wahana Dunia Lain dan anak-anak bisa merasakan suasana penuh magis serta bisa bermain di area Softplay Captain Black Heart Ship. Adapun wahana yang ada di sana diantaranya:
  1. Black Heart Pirate Ship
  2. Pulau Liliput
  3. Dragon Riders
  4. Special Effect Action
  5. Dunia Lain
  6. Negeri Raksasa

Disamping berbagai wahana diatas, ada juga berbagai fasilitas pendukung, diantaranya:
  • Mushola
  • First Aid
  • Loker
  • Ruang menyusui
  • Toilet
  • Ruang merokok
  • ATM
  • Booth Tiket
  • Kasir Top Up

Selain wahana yang bisa dinaiki dan tempat dengan tema tertentu, TSB juga mempunyai banyak sekali suguhan pertunjukan menarik. Sebut saja Bedrock Circuss. Atraksi sirkus ini mengambil tema cerita zaman batu ala-ala Flinstones. Pada Bedrock Circuss ini menampilkan atraksi Trampolin Wall, Bedrock Clown, Bedrock Dance serta Fire Acrohoop.

Suguhan pertunjukan lainnya adalah pertunjukan Sulap. Pertunjukan sulapnya pun ada temanya yakni Steam Punk. Pertunjukan ini bisa disaksikan id Trans City Theater.

Ada lagi parade. Pada waktu-waktu tertentu, akan ada rombongan parade berbagai tokoh dan mobil hias yang bergerak menyusuri sepanjang jalan di area TSB. Peserta parade ini mengenakan kostum-kostum tokoh tertentu, dan dipasangi lampu-lampu yang membuatnya gemerlap. Parade tokoh gemerlap dan mobil hias ini membuat suasana di TSB menjadi semakin meriah.
Trans Studio Bandung Parade
Parade
Pertunjukkan lainnya adalah drama musikal Kapten Blackheart. Pertunjukan ini berlangsung di area Blackheart Pirate Ship. Drama musikal ini bercerita tentang kru kapal bajak laut kapten Blackheart yang harus bertempur melawan suku pedalaman untuk membebaskan mary jane.

Yang unik dari pertunjukan ini adalah, kru bajak lautnya adalah para pengunjung TSB, yang anak-anak. Beberapa pengunjung anak-anak akan ditawari untuk ikut dalam pertunjukan. Mereka kemudian akan mengenakan kostum bajak laut lengkap dengan pedangnya. Kemudian mereka akan "dilatih bertempur" oleh kapten Blackheart.

Tiba saatnya bertempur, mereka akan melawan suku pedalaman. Tentu saja, suku pedalaman akan kalah dengan mudah, dan anak-anak senang karena ikut dalam "misi" bajak laut.

Pertunjukkan lainnya yang tak kalah keren adalah Pertunjukan Musical "Repertoire of Love". Berupa perpaduan Koreografi tarian Aerial yang indah dnegan latar belakang lagu-lagu hits dari almarhum penyanyi Chrisye. Namun, pertunjukan ini hanya berlangsung pada hari-hari tertentu saja.

Berikut adalah daftar tiket masuk ke TSB:
- Senin – Kamis, Rp. 180,000
- Jumat, Rp. 200,000
- Sabtu dan Minggu dan hari libur nasional, Rp. 280,000

Adapun Jam Operasionalnya:
- Senin – Jumat, jam 10.00 – 18.00
- Sabtu dan Minggu dan hari libur nasional, jam 10.00 – 19.00

Untuk melihat seperti apa keseruan di TSB, silahkan tonton video-video berikut:
Part 1/3 - Wahana

Part 2/3 - Ocean World

Part 3/3 - Parade

Menjajal Wahana Trans Studio Bandung Menjajal Wahana Trans Studio Bandung Reviewed by Irpanisme on Maret 06, 2019 Rating: 5

Tidak ada komentar: