Langsung ke konten utama

BloggerDay 2018, Ulang tahun BloggerCrony di Hotel Ashley Jakarta

#BloggerDay2018
#BloggerDay2018
Hari Sabtu, 17 Maret 2018 kemarin saya mengikuti acara BloggerDay 2018 di Ashley Hotel Jakarta. Acara yang diselenggarakan oleh komunitas BloggerCrony ini merupakan perayaan ulang tahun yang ke-3 komunitas Bloggercrony.

Hotel Ashley terletak di tempat yang strategis. Kalau menggunakan moda transportasi umum, kita bisa menggunakan kereta maupun Busway. Kalau dengan kereta,  kita turun di stasiun Gondangdia. Dari sini hotel Ashley gak jauh lagi, cukup jalan kurang lebih 5 menitan sudah sampai. Dari Gondangdia kita keluar stasiun, lalu ke jalan Johar, ikutin jalan itu lurus aja. Dari lampu merah, tetep lurus. Hotel Ashley ada di sebelah kiri jalan.

Kalau kita menggunakan busway, kita turun di halte Sarinah. Lalu kita jalan kaki di jalan Wahid Hasyim. Hotel di jalan Wahid Hasyim Jakarta Pusat ini ada beberapa, Hotel Ashley ada di sebelah kanan jalan, 400-an meter dari Sarinah.


Dari jalan, gedung Hotel Ashley terlihat menonjol dengan model bangunan yang futuristik. Masuk ke lobbynya kita disambut suasana yang cozy, dengan interior yang artistik dan dinamis.
Hotel Ashley Jakarta
Hotel Ashley Jakarta
Acara yang akan saya hadiri bertempat di ruang meeting yang ada di sebelah kanan Lobby. Tak jauh dari lobby saya melihat beberapa orang tengah sibuk berfoto di photobooth. Wah pasti ini tempatnya.
Dan benar saja, ini tempatnya. Hal ini diketahui dari tulisan yang ada di photobooth, BloggerDay 2018. Setelah registrasi di meja panitia, yang saya lakukan pertama kali adalah memburu snack ^_^. Maklum perjalanan jauh jadi laper. Di meja snack terdapat menu coffe break berupa minuman teh dan kopi, dan makanannya adalah Croissant Super Besar berselimut coklat. Pada kemasanya tertulis Anns Bakehouse.
Croissant Ann's Bake House
Croissant sedapnya Anns Bakehouse

Makan croissant sambil menyeruput kopi susu itu sedap banget. Makin sedap karena sambil melihat para blogger bergaya di photobooth unik. Belakangan saya tahu bahwa photobooth keren ini adalah  Photobooth Alfa Kreasi.
Event Organizer Photobooth Alfakreasi
Photobooth kece karya Alfakreasi
Tak lama kemudian acara dimulai, ruangan yang telah disediakan penuh oleh lebih dari seratusan blogger dan digital influencer. Ruang meetingnya keren banget, yang saya suka adalah ornament langit-langitnya yang bergelombang.

Langit-langit yang dinamis bergelombang ni memancing otak kita menjadi aktif dan kreatif. Ruang meeting memang sebaiknya begini saya pikir, dinamis bergelombang, gak datar dan bikin boring.

Meeting Room Hotel Ashley Jakarta Downing
Acara di ruang meeting bernama Downing
Acara dibuka dengan sambutan dari pihak tuan rumah yakni hotel Ashley, diwakili oleh bapak Fawwaz selaku marketing manager dari Prima Hotel Indonesia perusahaan yang menaungi hotel-hotel ternama seperti Hotel Juno, Hotel Yellow Bee dan tentu saja Hotel Ashley. Dari pemaparan pak Fawwaz, saya jadi tahu bahwa Hotel Ashley ini merupakan boutique hotel yang mengambil spesialisasi hotel untuk aktifitas bisnis (Hotel Bisnis). Posisinya berada di tempat strategis yang memudahkan kaum sibuk untuk menginap atau mengadakan meeting. Dari Hotel Ashley kita bisa mudah mengakses ke pusat bisnis seperti Jl. M.  H. Thamrin, Sudirman, maupun Kuningan. Juga dekat ke sentra grosir terbesar di Asia Tenggara, yakni Tanah Abang.
Sambutan Tuan Rumah
Sambutan dari tuan rumah
Karena terletak di tempat yang sangat strategis, Hotel Ashley harus bisa memenuhi kebutuhan para businessman. Makanya tak heran kalau kamar yang tersedia pun mencapai 186 kamar yang dikategorikan menjad lima type yakni: kamar Studio, Executive, Deluxe, Superior, dan Ashley Suite. Seluruh rancangan kamar ini telah di lengkapi dengan  smart LED TV 40”, akses internet super cepat. Ada juga mini-bar, coffee & tea maker, exclusive amenities, tempat tidur berstandar Internasional dengan kenyamanan  dari King Koil, dan yang unik adalah audio systemnya yang mantap karena menggunakan audio system besutan JBL Horizon.

Selain itu tersedia juga ruang meeting dengan berbagai ukuran dan kapasitas, mulai dari kapasitas 5 orang sampai 100 orang. Dan coming soon, akan hadir Ballroom yang bisa menampung hingga 500 orang. Jadi kalau kita mau launching produk  atau perayaan apa gitu, kita bisa menggunakan ballroom ini.

Penasaran seperti apa cozy-nya Hotel Ashley? tonton video dibawah ini:


Acara selanjutnya adalah sesi sharing dari para ahli. Pada sesi pertama, sharingnya adalah tentang digital influencer. Adapun pembicaranya adalah Mas Tuhu Nugraha, seorang Digital marketing expert and trainer, yang juga penulis buku yang sangat laris berjudul “WWW.HM Defining Your Digital Strategy”. Sharing dari mas Tuhu ini banyak membuka mata saya tentang serba-serbi digital influencer. Bagaimana baiknya kalau kita mau survive sebagai digital influencer, dan trend-trend di dunia social media lainnya.

Sharing Tuhu Nugraha Digital Influencer
Sharing sesi pertama bersama mas Tuhu Nugraha dipandu oleh mbak Zata yang jelita
Bahwa dengan semakin berkembangnya kecerdasan buatan (AI-Artificial Inteligence), tak bisa dipungkiri, banyak bidang-bidang pekerjaan yang kemudian digantikan mesin. Namun manusia beda dengan mesin, ada hal-hal manusiawi yang tidak bisa digantikan oleh mesin. Hal-hal tersebut diantaranya:
  • Interpersonal skill
  • Creativity
  • Analytical skill
  • Cross cultural communication

Menjadi digital influencer adalah pilihan sebagian orang. Mereka bisa mendapat penghasilan dari situ. Namun dunia digital Influencer ini tidaklah mudah, karena kita harus bersaing dengan ratusan bahkan mungkin ribuan orang. Hal ini haruslah kita perhatikan kalau kita ingin bisa bertahan hidup dengan menjadi Digital Influencer. Adapun caranya adalah dengan menjadikan kita itu hanya satu, unik, dan berbeda dengan yang lain. Sehingga kita mudah dikenali karena ke-khas-an kita.

Selain itu kita juga dituntut untuk berkembang. Seiring bertambahnya usia, tentu saja keunikan kita juga harus “bertambah usia”. Maksudnya gini, kalau misalnya kita sekarang usia ABG, adalah wajar kalau menulis yang galau-galau atau yang alay-alay. Namun nanti, ketika nanti kita punya cucu, sepertinya nggak lucu lagi kalau kita masih bergaya Alay dan galau. Inilah yang dimaksud dengan kita harus tumbuh dan berkembang.

Selain kemampuan teknis dan gaya yang unik dalam menghasilkan konten, kita juga harus memiliki keterampilan asertif. Yang dimaksud dengan keterampilan Asertif adalah kemampuan untuk mengkomunikasikan pikiran, perasaan, dan keinginan secara jujur kepada orang lain tanpa merugikan orang lain.

Keterampilan ini sangat bermanfaat ketika kita bernegosiasi dengan pihak-pihak yang menggunakan jasa kita atau ketika kita membangun branding kepada calon klien potensial.

Oh iya, satu yang penting, ketika kita memilih untuk menjadi seorang digital influencer, pondasi yang paling dasar yang harus dikuasai adalah keterampilan menulis. Karena menulis melatih berpikir secara terstruktur, analitis dan problem solving. Dengan berbekal keterampilan menulis, ketika membuat content yang lain seperti video, dsb, hasilnya akan bagus.

Gimana sharing mas Tuhu tadi? Keren kan?

Sayang sekali sharingnya harus diakhiri sudah masuk waktu makan siang. Makan siang kali ini  saya bilang menu tradisional berkostum modern.  Karena makanannya adalah khas Indonesia yakni nasi tumpeng, namun diberi sentuhan modern dengan bentuk kemasan gaya millennial. Nasi Tumpeng dan lauk-lauknya dikemas dalam kemasan plastic mika dua lapis. Yang satu dicetak khusus sehingga ngepas dengan makanan, dan yang lapis luarnya membentuk kemasan unik. Alhasil, paket nasi tumpeng ayu ini cantik tapi  anti tumpah. Namanya pun keren: Lunch box Tumpeng Ayu Dapur Solo. Hmmm... sedap...dalam waktu singkat kemasan itu berubah jadi sebentuk plastik mika saja karena isinya sudah berpindah tempat ke perut. Habis enak sih ^_^.
Tumpeng Ayu Dapur Solo
Tumpeng Ayu - Dapur Solo
Dalam perjalanan menuju mushola, kita akan melewati Adele. Siapakah Adele? Hello, it’s me ^_^ bukan, bukan Adele yang itu. Adele ini merupakan nama restaurant yang ada di Hotel Ashley. Interiornya artistik banget. Seantero restoran dipenuhi dengan benda-benda seni. Furniturnya juga keren dan sangat berkelas.

Ditambah lagi Adele ini menyediakan variasi menu yang  sangat beragam mulai dari masakan tradisional Indonesia, Asia Tenggara, hingga Western. Disini melayani  buffet breakfast dan juga ala-carte.

Saya menyempatkan berfoto bagian depan Adele. Dan you know what, suasana Adele menginspirasi saya untuk menulis sebuah puisi.
Adele
Adele
Puisinya adalah sbb:

Cerdik cendekia berkata
Waktu seperti panjang
Seperti lebar
Dan tinggi
Waktu ibarat ruang
Ruang yang tak bisa kau singgahi kembali

Pada ruang pertama
Kita berjumpa
Kau sedang disana
Terpesona mekar bunga
Mempesona kemarau hati yang merana

Anggunmu
Bak kunci Gading
Membuka kenangan
Ruang di belakang
Didalamnya
Tersenyum dia
Sedang terpesona mekar bunga
Mempesona kuncup hati
Yang beranjak dewasa

Ruang belakang
Terpaksa kukunci
Setelah dia pergi
Dengan tulus
Aku tak sanggup berdiam di dalamnya

Hanya saja hal yang sama
Terjadi aku alami
Dengan Ruang pertama
Kita tinggalkan
Dengan tulus
Kau ke taman Teratai
Aku ke halaman depan
Namun sayang
Sang kunci Gading hilang

Di ruang ke tiga
Kita kembali bersua
Dan kau disana
Terpesona mekar bunga
Sentiasa mempesona
Aku yang mencari

Mencari sang kunci Gading
Pembuka kenangan
Ruang pertama
Aku butuh kenangan ini
Untuk kurangkai seindah-indahnya
Ingin kupersembahkan padamu
Bersama mekar semerbak
Bunga dari ruang pertama

Di ruang tiga kita bersama
Bersama dalam sunyi
Terangkat ragu jemari
Rintih suara hati

Hello... It's me....

Hemm.. jadi baper nih.. hahhayyy…

Biar bapernya reda, mari kita menghadap Sang Kuasa. Beribadah bisa menyejukkan jiwa kita. Mushola ada di lantai bawah, satu area itu sudah lengkap, Mushola dan fasilitas untuk mengambil air wudhu. Diantara tempat wudhu dan ruang mushola, terdapat kursi-kursi untuk duduk melepas sepatu dan rak-rak penyimpanan sepatunya. Ruang musholanya nyaman dan tenang.

Ok, selesai sholat, mari kita kembali ke tempat acara.

Sesi berikutnya adalah sharing tentang mind mapping bersama mas Anwari Natari yang akrab dipanggil bang Away. Disini dibahas tentang bagaimana mengikat ide yang berseliweran di otak, kemudian menghubung-hubungkan ide-ide yang mengecambah itu. Dan hebatnya, setelah diikat dengan cara mind mapping, ide-ide tersebut bisa memicu terbitnya ide-ide yang lain.
Mind Mapping Anwari Natari
Bang Away (berpose pura-pura) sedang menjelaskan ^_^
Contoh manfaat mind mapping adalah, misalnya kita diminta menjelaskan silsilah keluarga. Mulai dari Buyut misalnya sampai ke cicit. Jika kita jelaskan dengan tulisan biasa, pasti agak ribet. Bapak Hamzah itu sepupu dari kakaknya nenek  bla..bla…bla… bingung kan? Lain halnya jika kita menggunakan model pohon silsilah keluarga. Yang paling atas Buyutnya, lalu Tarik garis kebawah, anak-anaknya. Lalu Tarik garis lagi kebawah, cucu-cucunya, dst. Dengan gambar pohon yang terdiri dari garis dan nama saja, kita bisa menjelaskan banyak hal untuk sebuah silsilah keluarga.

Manfaat lain dari Mindmapping ini adalah ini menjadi semacam “contekan” yang merangkum suatu hal dalam satu big picture yang, kalau kita sudah terbiasa menggunakan mind mapping, akan membantu kita menguasai suatu masalah.

Teknik mind mapping ini biasanya dilakukan manual, maksudnya kita menuliskan ide-ide ini diatas selembar kertas, dengan berbagai warna. Tiap ide dituliskan dengan warna yang berbeda. Pembedaan warna ini akan memudahkan otak untuk memilah kelompok informasi yang satu kategori.

Namun demikian kita juga bisa menggunakan aplikasi di gadget untuk melakukan mind mapping. Applikasi-aplikasi mind mapping diantaranya:
  • Mindjet
  • Simplemind
  • Ideasketch
  • Mindomo
  • Mindplan

Metoda mindmapping itu ada banyak, adapun yang biasa dipakai oleh bang Away adalah metodanya Tony Buzan.

Sesi sharing mind mapping ini berlangsung seru, karena bang Away membawakannya dengan santai dan banyak becanda, tapi becandanya tetap sesuai topik pembahasan. Tak terasa 2 jam pembahasan mind mapping berlalu dengan cepat. Sesi ini diakhiri dengan penilaian hasil mind mapping karya para peserta kemudian dipilih beberapa karya terbaik.

Satu hal yang harus kita acungi jempol dari acara besutan Bloggercrony ini adalah, adanya BCC BloggerPreneur. Disini diperkenalkan para blogger dan digital influencer yang juga sukses menjalankan usaha sendiri alias menjadi Entrepreneur. Pada kesempatan BloggerDay2018 ini diperkenalkan para bloggerpreneur, diantaranya:
  • Legiki Manise - Eryani Kusuma Ningrum
  • Ayko Handmade - Waya Komala
  • Sabun Natural Naturlove - Ruth indah kustiani
  • Resep Dapur Ayah 200 Menu - Jun Joe winanto
  • Kebab Nona - Dewi Nuryanti
  • Madu Assyifa Ciburial - Intan Rosmadewi
  • Magia Cascara - Lygia
  • Lilo Says Factory - Uchy Sudanto

Jujur saja, apa yang mereka capai ini memberikan motivasi buat saya untuk mengembangkan sisi-sisi lain dari diri saya yang mungkin belum tergali.

Pada acara BloggerDay2018 ini secara jasmani saya kenyang dengan makanan yang enak-enak. Namun juga secara rohani kenyang juga dengan berbagai sharing bergizi. Tidak cukup sampai disitu, alhamdulillah pulang pun saya bisa membawa oleh-oleh doorprize produk K-link, berupa Pelembab, Lotion, dan Roll on. Ini rejekinya istri saya he..he...

Kcare Klink
Door Prize K-Care dari K-Link
Ahirul kalam, terima kasih saya ucapkan kepada pihak-pihak yang menjadikan acara ini bisa terselenggara. Hotel Ashley, Indosat Ooredoo, BloggerCrony, Alfakreasi, Dapur Solo, Markamarie, Anns Bake House, Rejuve Skin Lab, Sandeeva Spa & Reflexology, K-Link, Bloggerpreuneur, MC Yozh Aditia yang heboh dan mbak Zata yang jelita, dll yang tak bisa saya sebutkan satu persatu.

Bagaimanapun serunya, sebuah acara pastinya akan ada akhirnya. Sebagai penutup sudilah menerima persembahan selarik pantun dari saya:

Berdendang di pantai Anyer
Penyu berangkat ke pulau bunder
Bertandang ke event blogger
Pagi semangat pulangnya baper

Sang Camar kicaunya pilu
Angsana rimbun beradu
Acaranya padat ilmu
Suasana riuh berlagu

Mayang barus dalam peti
Dipan kayu tumpul disisi
Sayang harus diakhiri
Kapan kita kumpul lagi?

Happy BloggerCrony Community 3rd Anniversary...

Jadwal Sholat

Warung Blogger

Warung Blogger

Kabar Terbaru

Postingan populer dari blog ini

Mengurus PBB yang diblokir di Cikarang, ke PEMDA Kab. Bekasi

Berawal dari salah satu syarat pengajuan KPR, yang disana tercantum harus ada “Copy PBB tahun terbaru”, saya jadi terlibat perjalanan bolak balik keliling Cikarang untuk mengurus PBB rumah yang diblokir. (Kisah saya mengajukan KPR, bisa dibaca disini)


PBB (Pajak Bumi dan Bangunan) adalah Pajak Negara yang dikenakan terhadap tanah dan bangunan. Lebih lengkapnya seputar PBB ini silahkan baca di situs resmi Dirjen Pajak di: http://www.pajak.go.id/content/seri-pbb-ketentuan-umum-pajak-bumi-dan-bangunan-pbb.


Ketika mengajukan Kredit ke Bank BTN Cabang Cikarang, saya dapat sebuah brosur berisi besaran kredit yang bisa diberikan beserta syarat-syaratnya.

Perpanjang STNK Motor di SAMSAT Cibinong

Ini pertama kalinya saya memperpanjang STNK motor di SAMSAT Kab. Bogor di Cibinong. Prosesnya sederhana dan Cepat. Seluruh proses hanya memakan waktu kurang lebih 40 menit.

Pertama-tama kita harus mempersiapkan dokumen-dokumen yang dibutuhkan. Untuk perpanjangan  STNK 1 tahun, yang harus dibawa adalah:
STNK AsliKTP Asli sesuai dengan nama di STNK
Awalnya saya kira harus menyerahkan BPKB juga, soalnya pengalaman saya mengurus STNK di SAMSAT Kota Tangerang gitu, harus bawa STNK Asli, KTP Asli dan BPKB. Namun

Kereta Jakarta Cikarang

Bagi sebagian besar penduduk Jakarta, Cikarang adalah suatu tempat yang sangat jauh. Karena Cikarang itu letaknya diluar Bekasi. Bekasi aja udah jauh, apa lagi Cikarang ^_^. Padahal kalau melihat plang penanda jarak di Jalan Tol, jarak Jakarta-Cikarang itu hanya 30 Km.

Saya sekarang tinggal di Cikarang sementara kerja masih di Jakarta. Tiap hari dilaju Cikarang-Jakarta, adapun transportasi yang saya gunakan adalah

Mutasi SIM online di Tangerang

Seminggu sebelum SIM saya berakhir masa berlakunya, saya berangkat ke kantor SATPAS Polres Tangerang di Tangerang Kota. Saya kesana karena dulu, SIM C saya ini dibuat di Tangerang. Sebelumnya saya sudah browsing-browsing di internet, mencari informasi tentang mutasi SIM. Saya harus mutasi karena sekarang saya KTP-nya Bogor.

Saya bahkan sampai telpon ke Call Center Korlantas POLRI di 021-1500669, menanyakan prosedur mutasi SIM. Dari petugas yang menerima telpon saya, saya diberitahu bahwa saya harus Cabut Berkas dulu di Tangerang, lalu

Membuat Paspor di Kantor Imigrasi Bogor

Bagi warga negara yang sudah berumur 17 diharuskan mempunyai KTP (Kartu Tanda Penduduk) sebagai kartu identitas. KTP ini diperlukan untuk banyak hal, sebagai bukti, tanda identitas seseorang. Namun KTP ini berlaku hanya kalau kita berada di dalam Negara kita sendiri, di Indonesia. Nah bagaimana kalau kita di Luar Negeri?

Ketika seseorang berada di Luar Negeri, maka tanda identitas dia bukan lagi KTP, melainkan Paspor (Passport). Paspor ini adalah KTP kita di dunia Internasional. Kalau untuk membuat KTP kita cukup mengurusnya di kantor Desa dan Kecamatan, maka untuk mengurus pembuatan Paspor, kita harus datang ke Kantor Imigrasi Kabupaten Kita.

Kebetulan saya ada pengalaman membuat Paspor di Kantor Imigrasi Kabupaten Bogor, di kota Bogor. Adapun lokasi kantor Imigrasi ini adalah: