About


Hi, my name is Irpan. I live in Indonesia. This blog is to provide you with my trip stories, my ideas and some other things.

Facebook

BloggerHub

Connect with me

Jadwal Sholat

Tips Membuat Masker Sendiri Sebagai Pencegah Virus Corona

Posting Komentar
Mengenakan masker sebagai pencegahan penularan virus covid-19

Masker merupakan salah satu alat perlindungan kesehatan yang sangat dibutuhkan di waktu sekarang ini. Dikarenakan wabah virus corona belum juga mereda, dan sepertinya belum tampak solusi penyelesaiannya hingga sekarang, maka masyarakat harus lebih fokus untuk melakukan pencegahan supaya dirinya tidak tertular virus covid-19.

Salah satu hal yang harus diperhatikan adalah menggunakan masker ketika keluar rumah. Memang pada awalnya, penggunaan masker itu hanya diwajibkan untuk orang yang sakit saja, dengan tujuan untuk mencegah supaya tidak menularkan virus covid-19.  Namun sekarang, pemerintah menetapkan aturan mewajibkan semua orang yang keluar rumah untuk mengenakan masker, baik orang sakit maupun orang yang sehat.

Sejauh ini ada dua jenis masker yang mempunyai efek paling optimal untuk mencegah penularan virus covid-19. Jenis masker tersebut adalah masker N95 dan masker bedah yang biasanya digunakan oleh petugas medis. Akan tetapi masker-masker  jenis tersebut saat ini agak sulit dicari. Namun demikian ada langkah alternatif yang bisa Anda lakukan,  yakni dengan membuat masker sendiri. Bagi Anda yang ingin membuat masker sendiri, di bawah ini ada beberapa tips yang bisa dilakukan untuk membuat masker yang  efektif mencegah penularan virus covid-19:

1. Ukuran diameter yang tepat
Tips pertama yang bisa Anda lakukan ketika akan membuat masker untuk mencegah virus corona adalah dengan memperhatikan diameter celahnya. Apabila akan membuat masker pastikan bahwa masker tersebut mempunyai ukuran diameter 0,05 hingga 0,3 micron. Ukuran diameter tersebut adalah ukuran  paling efektif untuk mencegah penularan virus termasuk virus covid-19.

2. Mempunyai daya filter terbaik
Tips selanjutnya yang perlu Anda perhatikan ketika akan membuat masker sendiri di rumah adalah dengan memilih bahan yang terbaik. Ada banyak sekali jenis bahan yang bisa dipilih akan tetapi pastikan bahan tersebut efektif untuk mencegah penularan virus covid-19.

Menurut peneliti dari Universitas Cambridge, ada beberapa bahan yang dapat digunakan untuk membuat masker yang mempunyai daya filter yang baik diantaranya: bahan kaos katun, sarung bantal dengan bahan katun, dan juga bahan yang digunakan untuk lap piring. Sedangkan bahan yang harus dihindari adalah bahan sutra yang mempunyai daya filter yang buruk.

3. Cara membuat masker
Ketika Anda akan membuat masker ada dua cara yang bisa digunakan. Pertama adalah membuat masker tanpa dijahit,  dengan  model earloop.  Masker model ini mempunyai cara penggunaan yang mudah, cukup disematkan pada telinga. Bahan untuk membuat masker ini bisa dari bahan katun dan juga kaos yang elastis sehingga nyaman digunakan dan mempunyai daya filter yang baik.

Sedangkan model masker pencegah corona selanjutnya yang dapat dibuat adalah masker yang dijahit. Masker yang dijahit bisa menggunakan bahan kain katun yang diberi tali. Model ini cocok untuk digunakan oleh wanita yang berhijab.

Pembuatan masker kain jahit ini relatif mudah, apalagi bagi yang mempunyai peralatan jahit. Setelah membuatnya, Anda juga perlu untuk mengetahui aturan penggunaan masker yang tepat untuk mencegah penyebaran covid-19. Aturan-aturannya dapat dibaca lebih lanjut di website ataupun aplikasi Halodoc.

***
Credit foto:
- Jayani guruge

Related Posts

There is no other posts in this category.

Posting Komentar