Langsung ke konten utama

Camping di Curug Pangeran, Gunung Salak




Kalau orang ditanya liburan ke daerah yang dingin tapi deket Jakarta dimana? orang pasti menjawab Puncak. Namun sebenarnya selain puncak masih ada daerah yang tak kalah menarik untuk berlibur di daerah dingin, yakni di daerah kaki Gunung Salak.

Beda antara kawasan Puncak dengan kawasan kaki gunung Salak adalah "menu utamanya" ^_^. Kalau di Puncak menu utamanya adalah perkebunan teh yang luas, maka di G. Salak, menu utamanya adalah Curug alias Air terjun.

Di kawasan wisata kaki g. Salak ini banyak sekali Curug. Ada Curug Cigamea, Curug Seribu, Curug Ngumpet, Curug Pangeran, dan banyak lagi. Adapun fasilitas penunjangnya sangat lengkap. Di kawasan ini banyak disewakan Villa-Villa
berbagai kelas. Mulai kelas Resort sampai kelas Villa pribadi.

Selain Villa, terdapat juga Camping Ground. Camping Ground ini biasanya dekat dengan salah satu Curug, sehingga selain Camping kita juga bisa menikmati indahnya pemandangan Air Terjun.


Saya pernah camping di salah satunya yakni Camping Ground Curug Pangeran. Tempatnya lumayan luas dan menyediakan fasilitas yang cukup lengkap. Selain lapangan untuk mendirikan tenda, ada juga Barak-barak, dan gubuk-gubuk etnik yang bisa digunakan sebagai tempat menginap.

Lapangan untuk Camping

Barak dengan kamar mandi di sampingnya

Gubuk Etnik untuk menginap, bisa muat 7 orang

Bagian dalam Barak

Dan tentu saja tidak terlewatkan, Curugnya itu sendiri:

Curug Pangeran

Rute Transportasi
Untuk mencapai Curug Pangeran ini, kalau kita naik kendaraan umum dari Jakarta, paling enak naik kereta. Turun di Stasiun Bogor. Lalu dari stasiun Bogor naik angkot jurusan terminal Bubulak/Laladon.

Dari terminal Bubulak/Laladon, lanjut angkot yang ke arah Leuwiliang. Nanti turunnya di pertigaan Cibatok. Di pertigaan ini, ada jalan ke kiri yang naik ke atas. Disini kita bisa naik angkot. Namun angkotnya tidak sampai ke Curug. Saya nggak tahu nama daerah tempat angkot berakhir. Dari situ kita bisa sambung Ojek sampai ke Curug Pangeran.

Kalau kita naik kendaraan pribadi, dari Jakarta kita ke Tol Jagorawi, keluar di pintu tol lingkar luar Bogor. Setelah fly over yang cukup panjang, ketemu lampu merah pertama yang ada LOTTE, kita belok kiri ke Taman Yasmin. Lalu lurus sampai terminal Bubulak, lalu belok kanan. Kalau disini rada keder belok-beloknya, tanya saja arah ke Kampus IPB Dramaga. 

Ikuti jalan itu sampai lewat kampus IPB Dramaga, jalan lurus sampai pertigaan Cibatok. Di pertigaan Cibatok ini kita belok kiri, ikuti jalan naik ke atas. Jarak dari pertigaan Cibatok ke Curug Pangeran kurang lebih 15 km.

Biaya:
Memasuki kawasan wisata kaki G. Salak ini, kita harus membeli karcis masuk  Rp. 7500/orang. Di Curug Pangerannya sendiri ada beberapa biaya. Kalau kita hanya ingin mengunjungi Curugnya, kita harus membayar Rp. 3000/orang. Kalau mau Camping bawa tenda sendiri, kita bayar sewa lahan Rp. 10.000,-/orang/malam. Kalau mau menyewa Gubuk kapasitas 7 orang, tarifnya Rp. 300.000/unit/malam. Kalau barak, kalau tidak salah Rp. 1.200.000/malam. 

Di situ juga terdapat beberapa warung yang menyediakan makanan, baik makan berat (nasi + lauknya) maupun makanan ringan.

So kalau ingin berlibur ke tempat dingin tapi bosan ke Puncak, bisa coba kawasan wisata G. Salak ini.

@aa_irpan

Bonus: suasana malam ketika camping ^_^







Jadwal Sholat

Warung Blogger

Warung Blogger

Kabar Terbaru

Postingan populer dari blog ini

Mengurus PBB yang diblokir di Cikarang, ke PEMDA Kab. Bekasi

Berawal dari salah satu syarat pengajuan KPR, yang disana tercantum harus ada “Copy PBB tahun terbaru”, saya jadi terlibat perjalanan bolak balik keliling Cikarang untuk mengurus PBB rumah yang diblokir. (Kisah saya mengajukan KPR, bisa dibaca disini)


PBB (Pajak Bumi dan Bangunan) adalah Pajak Negara yang dikenakan terhadap tanah dan bangunan. Lebih lengkapnya seputar PBB ini silahkan baca di situs resmi Dirjen Pajak di: http://www.pajak.go.id/content/seri-pbb-ketentuan-umum-pajak-bumi-dan-bangunan-pbb.


Ketika mengajukan Kredit ke Bank BTN Cabang Cikarang, saya dapat sebuah brosur berisi besaran kredit yang bisa diberikan beserta syarat-syaratnya.

Perpanjang STNK Motor di SAMSAT Cibinong

Ini pertama kalinya saya memperpanjang STNK motor di SAMSAT Kab. Bogor di Cibinong. Prosesnya sederhana dan Cepat. Seluruh proses hanya memakan waktu kurang lebih 40 menit.

Pertama-tama kita harus mempersiapkan dokumen-dokumen yang dibutuhkan. Untuk perpanjangan  STNK 1 tahun, yang harus dibawa adalah:
STNK AsliKTP Asli sesuai dengan nama di STNK
Awalnya saya kira harus menyerahkan BPKB juga, soalnya pengalaman saya mengurus STNK di SAMSAT Kota Tangerang gitu, harus bawa STNK Asli, KTP Asli dan BPKB. Namun

Mutasi SIM online di Tangerang

Seminggu sebelum SIM saya berakhir masa berlakunya, saya berangkat ke kantor SATPAS Polres Tangerang di Tangerang Kota. Saya kesana karena dulu, SIM C saya ini dibuat di Tangerang. Sebelumnya saya sudah browsing-browsing di internet, mencari informasi tentang mutasi SIM. Saya harus mutasi karena sekarang saya KTP-nya Bogor.

Saya bahkan sampai telpon ke Call Center Korlantas POLRI di 021-1500669, menanyakan prosedur mutasi SIM. Dari petugas yang menerima telpon saya, saya diberitahu bahwa saya harus Cabut Berkas dulu di Tangerang, lalu

Kereta Jakarta Cikarang

Bagi sebagian besar penduduk Jakarta, Cikarang adalah suatu tempat yang sangat jauh. Karena Cikarang itu letaknya diluar Bekasi. Bekasi aja udah jauh, apa lagi Cikarang ^_^. Padahal kalau melihat plang penanda jarak di Jalan Tol, jarak Jakarta-Cikarang itu hanya 30 Km.

Saya sekarang tinggal di Cikarang sementara kerja masih di Jakarta. Tiap hari dilaju Cikarang-Jakarta, adapun transportasi yang saya gunakan adalah

Pengalaman saya menggunakan Kartu Kredit BCA

Foto diatas adalah foto kartu BCA saya yang buram dan plastiknya sudah mengelupas. Eit… jangan salah sangka dulu, kondisi kartunya bisa sampai demikian bukan karena kualitas kartunya yang jelek, tapi karena kartunya yang telah “bekerja keras” selama 5 tahun! Kartu Kredit yang juga merangkap kartu Flazz ini telah menemani saya selama 5 tahun ini dan telah melakukan transaksi yang tak terhitung banyaknya, baik sebagai kartu kredit maupun kartu Flazz. Karenanya wajar saja kalau kondisinya sampai seperti demikian. Dan hebatnya lagi, biarpun sudah kusam mengelupas, kartu ini masih berfungsi dengan baik lho.

Meski kartu penggantinya sudah saya terima dari BCA, saya masih sayang sama kartu ini, jadi biarlah saya abadikan di postingan blog sebelum saya pensiunkan ^_^

Sekarang ini banyak orang yang antipati terhadap kartu kredit, disebut kartu setan lah, bikin orang terlilit hutang lah, dsb. Padahal sebenarnya Kartu Kredit itu hanyalah