manfaat bawang putih
Bawang Putih. Credit: Joanjoc
Ada salah satu bahan bumbu masakan yang lezat dengan berbagai macam khasiat. Bahan bumbu tersebut yaitu bawang putih yang memang sudah bukan hal asing lagi menjadi bumbu berbagai macam masakan. Sebenarnya ada banyak manfaat bawang putih, tapi memang masih ada beberapa orang yang belum mengetahui dengan jelas apa saja manfaat rutin konsumsi bawang putih untuk kesehatan. Kita semua lebih baik tahu khasiat alami sering konsumsi bawang putih tiap hari satu ini, kalau ingin hidup lebih sehat lagi. Memang ada banyak manfaat rutin konsumsi bawang putih untuk kesehatan. Terdapat salah satu khasiat alami sering konsumsi bawang putih tiap hari yang patut Anda ketahui yaitu seperti mampu meningkatkan stamina.

Dengan mengonsumsi bawang putih, maka akan membuat organ jantung dan juga otot bisa bekerja semakin efektif. Kalau Anda berolahraga, konsumsi bawang putih ini bisa meningkatkan hasilnya. Dulu kala, pada saat dimana tak ada yang mengetahui mengenai doping, para olahragawan diberi bawang putih untuk dimakan. Hal tersebut bisa membuat mereka lebih baik lagi dalam berlari dan juga melakukan berbagai gerakan olahraga dibandingkan pesaing mereka.

Disamping itu, bawang putih ini juga bisa bermanfaat untuk mereka yang tak sering berolahraga. Hal tersebut dikarenakan bawang putih ini juga bisa mengurangi kelelahan, lalu bawang putih bisa juga meningkatkan produktivitas, serta membantu orang untuk bertahan pada suhu yang dingin.Manfaat bawang putih lainnya yaitu bisa meningkatkan tumbuhnya rambut dan juga melindungi kulit. Dengan begitu, maka Anda bisa mengonsumsi bawang putih ini untuk membuat rambut Anda lebih panjang lagi dan juga lebih tebal. Tak hanya itu, bahkan bawang putih ini bisa mengobati Alopecia (kebotakan).

Supaya bisa mendapatkan hasil manfaat bawang putih satu ini, maka seseorang tak hanya harus mengonsumsi bawang putih ini saja tetapi harus menerapkan bawang putih tersebut ke permukaan kulit kepala mereka. Oleh karena itu, sudah cukup banyak produsen kosmetik yang memproduksi produk minyak rambut dengan kandungan bawang putih. Tetapi tentunya produk tersebut tidak berbau seperti halnya Anda menerapkan bawang putih ini langsung ke kulit kepala Anda..Selain dari yang di atas, memang masih terdapat khasiat alami sering konsumsi bawang putih tiap hari lainnya.

Terdapat kelebihan lainnya dari bawang putih ini yaitu mempunyai reaksi yang positif terhadap fibroblast yaitu sel-sel yang berfungsi untuk proses pembaruan kulit. Dengan mengonsumsi bawang putih sebanyak 2 siung setiap harinya, maka akan dirasa cukup untuk bisa meningkatkan produksi kolagen yang alami dan juga elastin agar bisa lebih terlindung dari paparan sinar matahari dan menyehatkan kulit.

Komponen yang terkandung pada bawang putih bisa melindungi kulit dari penuaan yang diakibatka paparan sinar matahari. Anda bisa memanfaatkan manfaat rutin konsumsi bawang putih untuk kesehatan di atas jika ingin hidup lebih sehat lagi. Itu saja ulasan sederhana mengenai khasiat alami sering konsumsi bawang putih tiap hari kali ini. Dengan ulasan di atas, maka Anda dapat semakin mengerti apa manfaat rutin konsumsi bawang putih untuk kesehatan. Lebih baik kalau Anda selalu mengingat khasiat alami sering konsumsi bawang putih tiap hari ini supaya Anda bisa hidup lebih sehat lagi. Semoga artikel mengenai manfaat rutin konsumsi bawang putih untuk kesehatan ini bisa membantu Anda semua. Lebih baik Anda tidak melewati khasiat dari konsumsi bawang putih ini.
Siklus Masa Subur Wanita. Credit: Vargklo
Memang banyak cara untuk bisa mengetahui masa subur yang bisa anda lakukan. Baik itu secara manual maupun secara online. Kalau secara manual bisa dilihat dari tanda-tanda fisik, namun dengan cara online bisa dilakukan dengan menggunakan aplikasi melalui android. Berikut 4 jenis kalkulator masa subur wanita baik online maupun manual diantaranya yaitu :

1.Kalkulator Masa Subur Online.
Perlu anda ketahui bahwa ada beberapa cara dalam menghitung atau untuk mengetahui masa subur seorang wanita. Yakni dengan menggunakan kalkulator masa subur online atau manual. Namun, yang paling umum serta mudah untuk digunakan adalah dengan cara online. Kalkulator kesuburan online ini adalah kalkulator yang dirancang melalui perhitungan medis untuk mendapatkan kesuburan anda. Cara menggunakan kalkulator ini, anda hanya cukup memasukkan hari pertama siklus menstruasi terakhir serta periode siklus perbulannya. Kemudian, akan muncul informasi tentang tanggal masa subur dengan sangat cepat dan mudah. Anda bisa menggunakan kalkulator ini dengan cara mengunduhnya di Google Play store dengan menggunkan ponsel android yang anda miliki.

2. Kalkulator Masa Subur Berdasarkan Periode Haid.
Cara ini bisa anda gunakan dengan mencatat siklus haid, lalu dikurangi 18 hari dari panjang siklus terpendek anda. Sehingga dengan demikian anda akan mendapatkan perhitungan hari pertama peluang di masa subur. Selanjutya, dari panjang silkus terpanjang anda dikurangi 11 hari. Maka anda akan mendapatkan hari terakhir dari masa subur. Untuk lebih jelasnya berikut ulasannya :
  • Siklus terpendek : 27 hari – 18 = 9. Angka ini merupakan hari pertama saat anda berada pada posisi yang paling subur.
  • Siklus terpanjang : 30 hari – 11 = 19. Angka ini merupakan hari terakhir saat anda paling subur. Sehingga dengan demikian, jika siklus anda rata-rata adalah 27-30 hari, maka anda akan paling subur pada hari ke-9 hingga ke-19.

3. Perhitungan Masa Subur Dari Suhu Basal Tubuh
Bisanya ketika terjadi ovulasi maka suhu tubuh akan meningkat hingga siklus haid datang. Sesaat setelah suhu tubuh anda meningkat maka itulah masa paling subur. Cara ini akan lebih akurat karena bukan hasil dari perhitungan, namun langsung diketahui dari kondisi tubuh. Dalam hal ini, anda harus mengukur suhu basal ketika bangun tidur dan sebelum melakukan aktivitas apapun. Ketika anda bangun tidur dan masih dalam posisi berbaring, jangan langsung bangun mapun meregangkan badan. Namun, anda harus langsung mengukur suhu tubuh dengan menggunakan termometer. Lakukanlah cara ini setiap bangun tidur pada jam yang sama. Perlu diketahui, bahwa biasanya suhu normal itu berkisar antara 35 C hingga 36 C. Jadi, jika suhu tubuh anda meningkat pada kisaran 37 C - 38 C dan tidak menurun hingga keesokan harinya, maka saat itulah masa subur anda.

4. Mengetahui Kesuburan Melalui Lendir Serviks
Perlu anda ketahui bahwa hormon pada wanita setelah haid juga akan sangat berdampak pada lendir serviks atau leher rahim yang akan berubah warna, jumlah, dan teksturnya. Hal ini terjadi supaya sel telur lebih mudah untuk dibuahi oleh sperma. Biasanya perubahan ini terjadi sekitar 4-3 hari. Anda bisa melakukan cara ini dengan memperhatikan dari teksturnya yang dimana lendir serviks tidak akan putus saat direnggangkan sekitar 2 cm, selain itu lendir juga akan lebih kenyal dan kental. Jika kondisinya seperti itu, berarti anda sedang masa subur.

Untuk hasil yang lebih akurat dan cepat, anda bisa mengkombinasikan antara kalkulator kesuburan online dengan manual. Selamat mencoba.

Fintech Financial Technology
Fintech. Credit: mohamed_hassan
Ini adalah 10 hal seputar Fintech yang harus kamu ketahui, menurut Dana Karseno, CEO modalantara.id.

1. Fintech Abal-abal Vs Resmi
Ciri-ciri Fintech Abal-abal:
  • Tidak terdaftar di ojk, tidak mencantumkan logo OJK
  • Bunga sangat tinggi
  • Penagihan tidak manusiawi
  • Terlalu mudah untuk diajukan
  • Aplikasi mengambil data kontak dan media

2. Proses menjadi fintech resmi:
  1. Harus berbadan hukum
  2. Mengikuti pojk no 77 tahun 2016
  3. Daftar ke OJK
  4. Mengajukan perijinan ke ojk
  5. OJK terus memperbaharui terus syarat dan ketentuan yang harus dipenuhi oleh pelaku fintech yang ingin mengajukan pendaftaran dan perijinan, semakin hari semakin ketat.
Sekarang ini: 106 terdaftar, hanya 1 yang berijin. Lebih dari 1000 belum terdaftar.

3.  4 Jenis Fintech
  1. Crowd Funding dan peer to peer lending: uangteman.com, koinworks.com, kredivo.com, wujudkan.com
  2. Market Aggregator. Pembanding produk. Kreditgogo.com rajapremi.com
  3. Risk and Investment Management. Financial planner digital. Finansialku.com, ngaturduit.com, jurnal.id
  4. Payment, Settlement dan Clearing. Paymentgateway. Doku, LinkAja, Paytren, Dana, Gopay, Ovo
4. Pinjaman online untuk yang tidak punya rekening bank (Unbank).
Gap keuangan mencapai 1000 triliun rupiah.
  • 58 juta UMKM yang tidak terjangkau oleh bank. 
  • 19 juta Petani, 
  • 60 juta pengguna smartphone. 
  • Korban rentenir

5. Pinjaman online untuk bantu masyarakat.
Perorangan: solusi jangka pendek, mengatasi bunga rentenir yang mencekik, sebagai alternatif investasi.
Pengusaha UMKM, Petani: menyederhanakan proses peminjaman

6. Jenis pinjaman online
  • Konsumtif
  • Multiguna/KTA
  • Modal kerja/invoice financing
  • Mendidikan
  • Pertanian/kelautan
  • Properti
  • Belanja produk
  • Beragunan
  • Syariah
7. Biaya pinjaman online
  • Bunga
  • Biaya admin
  • Biaya transfer antar bank
  • Biaya lain

8. Resiko pinjaman online
Peminjam:
  • Bunga tinggi
  • Penagihan tidak manusiawi
  • Penyalahgunaan data pribadi

Pemberi pinjaman:
  • Pinjaman tidak kembali

9. Istilah-istilah dalam pinjaman online
  • Tenor- jangka waktu
  • Plafon - jumlah pinjaman
  • Bunga- bunga tetap, berbunga
  • Bagi hasil
  • Denda
  • Gagal bayar
  • Provisi- biaya jasa penyelenggara

10. Berinvestasi di peer to peer lending
  • Instrumen pendapatan alternatif
  • Aman
  • Mudah
  • Membantu yang membutuhkan
  • Cepat
  • Jumlah pinjaman bervariasi
  • Jumlah produk bervariasi
  • Instrumen masa depan
Paparan lebih lengkap tentang Fintech bisa dibaca di:
- Fintech Itu Bukan Gopay Dan Ovo Aja, Ini Penjelasannya
- Peer  To Peer Lending, Solusi Keuangan Tanpa Bank
peer to peer lending fintech
Peer to peer lending. Credit: mohamed_hassan
Peer to peer lending merupakan salah satu kategori dari Fintech. Adapun cara kerjanya adalah, Perusahaan Fintech mempertemukan orang yang butuh pinjaman uang dengan orang yang punya dana lebih yang ingin dia pinjamkan.

Jadi misalnya, Si A sedang kepepet nih mau daftar sekolah anak. Di tempat lain si B, baru dapet bonus, namun saat ini dia belum ada kebutuhan, dia punya uang "nganggur", dan si B ini termasuk orang yang dermawan. Baik si A maupun si B, mengetahui tentang Fintech C, yang bergerak di bidang Peer to peer lending (PPL).

Maka si A membuka website/aplikasi  PPL C, kemudian mengajukan pinjaman. Si B juga membuka website/aplikasi yang sama, kemudian memposting bahwa dia punya dana "nganggur" yang ingin dipinjamkan.

Sistem PPL C akan mendeteksi kedua informasi yang dimasukkan oleh A dan B ini, dan menemukan kecocokan. Kemudian C akan memberitahu A, bahwa ada yang bisa membantu. C juga memberitahu B bahwa ada orang yang membutuhkan bantuan.

Kemudian B akan mentransfer uangnya ke C, kemudian oleh C uang tersebut diteruskan ke A.

Ok, itu adalah alur perjalanan uangnya.

Namun sebelum itu, baik A maupun B sebelum melakukan transaksi, akan terlebih dahulu diedukasi oleh C perihal aturan main PPL ini. Aturan mainnya diantaranya seputar jangka waktu pelunasan, besarnya cicilan, imbal bagi hasil, persyaratan administrasi, dll.

Wait, kok kayak familiar ya? itu mah kayak kita minjem ke Bank aja, iya nggak?

well, secara operasional memang rada-rada mirip bank, tapi ini beda.

Bedanya apa?

Di PPL, biasanya nominal uang yang dipinjamkan itu relatif kecil, hanya kisaran ratusan ribu sampai puluhan juta saja. Lebih dari itu, biasanya diluar scope operasi PPL.

Kenapa demikian? ya karena itulah yang menjadi latar belakang hadirnya Fintech PPL.

Seperti yang disampaikan oleh bapak Aden Budi selaku direktur Modal Antara, sebuah Fintech yang bergerak di bidang PPL. Bahwa ada banyak sekali orang yang membutuhkan akses keuangan namun tidak memenuhi syarat perbankan, utamanya tidak punya barang agunan.
modal antara fintech
modalantara.id

Contohnya misalnya pedagang Siomay. Siomaynya laku banget, setiap harinya dia sampai kewalahan memenuhi pesanan. Di butuh suntikan modal untuk membeli peralatan produksi Siomay. Namun dia tidak bisa mengajukan pinjaman ke Bank karena tidak punya apapun yang bisa dijadikan jaminan.

Disinilah Fintech PPL bisa membantu, yakni dengan menyediakan informasi kepada bapak Siomay ini bahwa ada orang yang punya modal yang bersedia membantunya.

Btw, bagaimana dengan keamanannya? Pencegahan resiko penipuan, kredit macet, dll?

Para pelaku Fintech PPL, umumnya adalah praktisi perbankan atau orang-orang yang mengerti seluk-beluk industri keuangan. Mereka punya berbagai peraturan dan teknik pencegahan untuk meminimalisir terjadinya kasus-kasus yang merugikan.

Contohnya adalah, orang yang mengajukan pinjaman akan dinilai terlebih dahulu, apakah dia bisa mengembalikan pinjaman tsb atau tidak. Perusahaan punya cara untuk mengetahuinya. Kalau lulus, baru permohonannya ini akan disetujui dan kemudian ditayangkan di daftar permohonan bantuan.

Oh iya, cara kerja sistem PPL itu adalah, baik peminjam maupun pemberi pijaman, tidak saling mengenal, tidak pernah bertatap muka, dan oleh PPL tidak diberitahu satu sama lain. Jadi Peminjam tidak tahu siapa orang yang memberinya pinjaman, dan Pemodal juga tidak tahu kepada siapa uangnya ini dipinjamkan. Keduanya hanya berhubungan dengan perusahaan PPL.

Ini supaya meminimalkan terjadinya hal-hal yang tidak diinginkan, misalnya main hakim sendiri, si pemodal menagih ke peminjam dengan cara-cara yang kurang etis, seperti dipermalukan atau diintimidasi.

Modal Antara
Modal Antara adalah Fintech PPL yang telah mengantongi ijin dari OJK. Dengan demikian operasional Modal Antara itu sudah sesuai dengan peraturan-peraturan yang berlaku di Indonesia.

Cara kerja Modal Antara intinya sama dengan yang dipaparkan diatas. Namun, Modal Antara tidak melayani sembarang peminjam. Modal Antara hanya memberikan layanannya kepada orang yang menjadi bagian dari sebuah institusi, baik itu perusahaan swasta maupun badan-badan pemerintah.

Jadi Modal Antara akan membuat perjanjian kerjasama dulu dengan suatu perusahaan/badan, kemudian orang yang menjadi karyawan pada perusahaan tersebut baru bisa mengajukan pinjaman dengan memanfaatkan layanan Modal Antara.

Untuk perorangan biasa, untuk sementara ini belum bisa menggunakan layanan Modal Antara.
fintech peer to peer lending
produk modalantara.id
Produk-produk Modal Antara adalah:

A. Pinjaman Personal
Antara Gajian
Lama pengembalian 30, 60hari.
Besar pinjaman, 1,2,3 jt

Antara Talangan
Angsuran, 6-12 bln,
Besar pinjaman 3,5,10jt

B. Pinjaman Usaha
Antara Panen (Kelompok Tani)
- Panen Atsiri- Subang
- Panen Singkong- Lampung
- Panen Jagung

Antara Dagang
- Online shop
- Umkm
- Tagihan


SLIK

Salah satu resiko pinjaman uang adalah kredit bermasalah.Karenanya OJK mempunyai daftar orang-orang yang punya masalah kredit. Daftar tersebut berada di sistem yang dikenal dengan nama SLIK OJK (http://slik.ojk.go.id)


Pihak Bank biasanya menggunakan sistem SLIK ini untuk menilai seseorang yang mengajukan pinjaman ke bank tersebut.

Namun akses terhadap daftar ini ada biayanya, yang bagi para start up fintech, biaya SLIK ini lumayan besar.

Sebagai alternatif, kini para pemain fintech sedang mengembangkan sistem sendiri yang diberi nama PUSDAFIL (Pusat Data Fintech Lending), yang fungsinya kurang lebih sama dengan SLIK OJK.

Demikian info seputar Peer to Peer Lending di Indonesia, mudah-mudahan bisa menambah wawasan kita. Dan jika ada yang membutuhkan solusi keuangan jangka pendek, kita jadi tahu bahwa ada salah satu cara untuk mengatasi masalah keuangan jangka pendek kita.

Baca juga postingan seputar fintech lainnya:
- Fintech Itu Bukan Gopay Dan OVO Aja, Ini Penjelasannya
- 10 Hal Tentang Fintech Yang Harus Kamu Ketahui


Fintech Financial Technology
Financial Technology. Credit: mohamed_hassan
Fintech saat ini merupakan bintang baru di industri keuangan. Apa itu Fintech? bagi kebanyakan orang, termasuk saya ^_^, Fintech itu seperti T-cash yang kemudian berubah menjadi LinkAja, Ovo, Gopay, Dana, Sakuku, dll. Pokoknya aplikasi Hp yang bisa buat bayar-bayar gitu lah.

Ya, yang diatas itu memang bagian dari Fintech. Namun Fintech itu sendiri sebenarnya tidak hanya aplikasi diatas saja.

Lebih detail tengang hal-ihwal Fintech ini saya dapatkan dari acara Fintektok, yang berlangsung Ju'mat kemarin, tanggal 19 April 2019, di Hotel Sindang Reret, Ciwidey, Badung.
Fintech Financial Technology
Para Pembicara: (Kiri ke Kanan) PakTitan, Pak Yunus, Pak Aden.
Pada acara tersebut, yang hadir sebagai pembicara adalah para pelaku Fintech sendiri, yakni:

Titan Hadian
- KONSULTAN IT, di Badan Pemerintah maupun Perusahaan Swasta
- Dosen Univ Maranatha


Yunus Bani
- Pimred fintektok
- CEO: Emarketing, optimasi indonesia, trainer marketing digital


Aden Budi
- Direktur Modal Antara Digital Indonesia

Tampil sebagai pembicara pertama adalah bapak Titan. Beliau memaparkan tentang Mengenal Fintech, sebagai Inovasi di Bidang Keuangan.

Fintech merupakan singkatan dari Financial Technology, yakni inovasi-inovasi di bidang keuangan yang memanfaatkan teknologi.

Adapun manfaatnya adalah, kegiatan yang melibatkan keuangan menjadi lebih praktis dan efisien. Contoh paling mudah adalah belanja online. Dengan adanya Fintech, kegiatan belanja online jadi lebih mudah, karena tidak perlu lagi melakukan transfer ke rekening bank.

Contoh lainnya misalnya ketika menggunakan ojek online. Dengan membayar menggunakan aplikasi, proses transaksi jadi lebih cepat, gak perlu ribet ngurus uang kembalian, dll.

Selain Praktis dan Efisien, dengan adanya Fintech, maka masyarakat menjadi lebih mudah ketika mengakses produk-produk keuangan, seperti bantuan modal mikro, dsb.

Dan karena mereka mudah mengakses produk keuangan tersebut, dengan sendirinya mereka akan belajar dan mendapat pengetahuan baru seputar produk-produk keuangan yang mereka akses. Ini artinya masyarakat menjadi bertambah wawasan keuangannya.

Jenis-jenis Fintech menurut BI
Menurut Bank Indonesia (BI), Fintech itu terbagi menjadi 4 kategori:
  1. Crowd funding dan peer to peer lending: uangteman.com, koinworks.com, kredivo.com, wujudkan.com
  2. Market aggregator. Pembanding produk. Kreditgogo.com rajapremi.com
  3. Risk and Investment management. Financial planner digital. Finansialku.com, ngaturduit.com, jurnal.id
  4. Payment, settlement dan clearing. Paymentgateway. Doku, linkaja, paytren, dana, gopay, ovo,

Nah, ternyata Fintech itu bukan hanya aplikasi buat bayar dan dapet diskon aja ya. Namun ada jenis yang lain juga.

Btw, ngomong-ngomon BI, Fintech itu sudah resmi secara hukum, karena ada undang-undang yang mengaturnya, yakni peraturan yang diterbitkan oleh OJK (Otoritas Jasa Keuangan), Nomor 13/POJK.02018, tentang Inovasi keuangan digital di sektor jasa keuangan

Dengan adanya peraturan tsb, maka kegiatan Fintech di Indonesia itu legal.

Tapi, ada tapinya, dengan adanya aturan tersebut, bukan berarti kita bebas membuat fintech di Indonesia.

Proses pembuatan Fintech yang sah sesuai undang-undang itu nggak sembarangan. Ada tahap-tahap yang harus dilalui oleh suatu perusahaan, jika dia mau menjalankan aktifitas Fintech di wilayah Republik Indonesia.

Secara umum, tahap-tahap yang harus dilalui suatu perusahaan untuk menjalankan Fintech di wilayah hukum Indonesia adalah:

  1. Harus berbadan hukum
  2. Mengikuti POJK no 77 tahun 2016
  3. Daftar ke OJK
  4. Mengajukan perijinan ke ojk
  5. OJK terus memperbaharui terus syarat dan ketentuan yang harus dipenuhi oleh pelaku fintech yang ingin mengajukan pendaftaran dan perijinan, semakin hari semakin ketat.

Jika kita lihat poin 3 dan 4, disitu ada Daftar dan Ijin. Berarti daftar saja tidak cukup, tapi setelah daftar, dia harus mendapatkan ijin. Dan faktanya, di Indonesia saat ini ada 106 Fintech yang terdaftar di OJK, namun baru 1 yang berijin. Dan lebih dari 1000 belum terdaftar.

Namun demikian, bagi perusahaan yang sudah terdaftar, sudah boleh melakukan aktifitasnya dengan aturan-aturan tertentu.

Peraturan Fintech di Indonesia sedemikian ketatnya, untuk menjamin keamanan rakyat khususnya di bidang kegiatan keuangan.

So, masih ragu dengan Fintech?
Nggak lah ya. ^_^

Ulasan lebih lanjut tentang salah satu kategori Fintech yakni Peer to Peer Lending, bisa dibaca disini:
Peer To Peer Lending, Solusi Keuangan Tanpa Bank

Baca juga:
10 Hal Tentang Fintech Yang Harus Kamu Ketahui

Sewaktu tiba diruangan, seseorang telah berdiri di depan, sepertinya tengah menyampaikan sambutan. Saya pun duduk di barisan depan, kemudian mengarahkan perhatian ke yang tengah bicara di depan.

Menilik sosoknya, saya yakin beliau orang penting. Belakangan saya tahu, beliau bernama bapak Rustam Sumarna. Adapun panggilan akrabnya adalah Kang Rustam. Beliau ini adalah direktur dari Khalifah Tour. Beliau juga merupakan anggota Dewan Penasehat HIMPUH (Himpunan Penyelenggara Umrah dan Haji).

Saya hadir di kantor Khalifah Tour ini dalam rangka Meet & Greet penulis buku "Journey To Samarkand". Adapun penulisnya adalah mbak Uttiek Herlambang. Panjang lebar tentang acara Meet & Greet ini bisa dibaca pada tulisan saya sebelumnya:


Pada kesempatan ini saya ingin sharing tentang Khalifah Tour.

Pak Rustam (saya mau nyebut Kang Rustam kok rada segan ya ^_^), ya udah bapak aja lah. Pak Rustam memaparkan bahwa biro perjalanan ke Luar Negeri khususnya tempat-tempat bersejarah Agama Samawi (Yahudi, Kristen, Islam) itu banyak sekali. Masing-masing ada kelebihan maupun kekuranganya.

Nah Biro-biro perjalanan ini dalam prakteknya dilapangan, terkadang tidak terlalu mengerti tentang kebutuhan ummat Islam. Maksudnya, bahwa umat Islam harus makan makanan halal, beribadah sholat 5 kali sehari, dll. Dalam pelaksanaan perjalanan, biro-biro perjalanan banyak yang tidak terlalu memperhatikan hal-hal tsb.

Dari sini muncul kebutuhan akan biro perjalanan yang benar-benar tahu seluk beluk Islam. Oleh karenanya berdirilah Khalifah Tour, sebagai biro perjalanan Syariah (bisa dikatakan begitu ^_^).

Selain itu, Khalifah Tour juga punya keinginan untuk membentuk semacam Komunitas Pecinta Sejarah Islam. Karenanya Khalifah Tour memiliki beberapa paket perjalanan Sejarah Islam, diluar Haji dan Umrah. Diantaranya:
  • Paket Jejak Para Nabi, mengunjungi negara Mesir, Palestina dan Aman
  • Paket Jejak Thariq Bin Ziyad, mengunjungi negara Maroko, Spanyol dan Turki
  • Paket perjalanan ke Uzbekistan dan Rusia
Mengapa mengunjungi tempat-tempat bersejarah Islam itu penting? Karena pada sejarah Islam yang mainstream, ada saja bagian-bagian yang agak sedikit bias. Yang hal ini bisa terjadi karena salah pemahaman, kekeliruan, atau sebab-sebab lainnya.

Dengan mengunjungi langsung tempat-tempat bersejarah Islam, menggalinya dari sumber-sumber yang otentik, maka diharapkan pengetahuan akan sejarah Islam bisa lebih menyeluruh dan benar. Dengan demikian kita sebagai umat Islam khususnya bisa mengambil hikmah dari sejarah tersebut.

Selain perjalanan ke negri-negri Timur Tengah dan Eropa, Khalifah Tour juga punya paket-paket perjalanan ke Jepang, Korea, Amerika, dan tempat-tempat lainnya.

Khalifah Tour sendiri berpusat di kota Bandung, tepatnya di Jl. Brigjen Katamso No. 11, Bandung. Telah berdiri sejak tahun 2005, dengan izin Penyelenggara Perjalanan Ibadah Haji SK Menag RI PPIU/PIHK 3050.

Dalam memberikan layanannya, Khalifah Tour menganut nilai CARE
  • C - Cakap
  • A - Amanah
  • R - Responsif
  • E - Empati
Dengan nilai diatas, Khalifah Tour sangat mengutamakan kenyamanan para pelanggannya.

Selain Nilai CARE, Khalifah Tour mempunyai Motto: "Bimbingan Maksimal, Fasilitas Optimal" . Untuk Fasilitas perjalanan, didukung oleh Maskapai Penerbangan seperti Garuda Airlines, Emirates, Qatar Airways, Saudi Arabian Airilines, Singapore Airlines, Air Jordan, dan Turkish Airlines.

Sejak awal berdirinya di tahun 2005, Khalifah Tour tercatat menjadi salah satu loyal customer dari hotel-hotel berbintang 5 seperti Makkah Hilton and Tower, Hilto Suites Makkah, Hotel Anwar Al Madinah Movenpick, dan Mariot Jeddah.

Tour ke Samarkand
Samarkand berada di Negara Uzbekistan sekarang. Samarkand mempunyai sejarah panjang sebagai tempat berlangsungnya berbagai peradaban manusia, sejak jaman Paleolitik, hingga dikuasai Uni Soviet dan kemudian mandiri menjadi negara Uzbekistan.

Pada abad 14-15 Masehi, Samarkand merupakan pusat dari dinasti Timurid. Pada masa ini di Samarkand, berkembang peradaban Islam yang sangat maju pada zamannya. Hal ini ditandai dengan berbagai bangunan indah yang tetap berdiri kokoh hingga hari ini.

Khalifah Tour menyelenggarakan paket Halal Tour ke Samarkand, yang merupakan salah satu kota tujuan dari serangkaian tour ke Uzbekistan. Paket ke perjalanan ke Samarkand ini ada 2 paket, yakni
  • Paket 10 hari Uzbekistan
  • Paket 10 hari Uzbekistan + Rusia
Untuk 10 hari Uzbekistan, kota tujuannya adalah:
  • Tashkent (Ibukota negara Uzbekistan)
  • Samarkand
  • Bukhara
  • Khiva
Sedang untuk paket 10 hari Uzbekistan + Rusia, destinasinya adalah:
  • Tashkent
  • Saint Petersburg (Rusia)
  • Moscow (Rusia)
  • Bukhara
  • Samarkand
Paket-paket Halal Tour akan dilaunching kembali oleh Khalifah Tour untuk quartal 2 tahun 2019 ini. Dimulai dari awal Mei 2019.

Halal Tour
Halal Tour, Muslim Tour, Muslim Trip, adalah produk-produk perjalanan wisata yang ditawarkan hampir semua Biro Perjalanan di Indonesia. Namun hanya sedikit saja yang benar-benar menerapkannya pada saat berlangsungnya perjalanan.

Salah satu contoh adalah masalah makanan. Dalam perjalanan wisatanya, Khalifah Tour akan bekerja sama dengan komunitas muslim Indonesia di suatu negara untuk menyediakan menu masakan Halal. Karena yang membuat masakan adalah Muslim, maka Kehalalannya terjamin. Dan karena yang memasak adalah orang Indonesia, maka rasanya tentu akan rasa Indonesia. Meski memang kalau dikehendaki, bisa saja mencari menu masakan negara yang dikunjungi, namun tetap selektif, dicari yang halal.

Salah seorang pembicara pada acara Meet and Greet kemarin adalah pak Reggy Kartawidjaja. Beliau adalah Tour Leader di Khalifah Tour. Beliau juga seorang Certified Tour Leader dan merupakan pengurus dari ITLA (Indonesia Tour Leader Association) DPD Jawa Barat.

Beliau banyak memaparkan tentang seluk beluk perjalanan Halal ke berbagai Negara, bahkan negara-negara yang mayoritas Non Muslim, seperti Eropa, China, Amerika, dsb.

Dalam hal Informasi seputar fasilitas Halal (makanan, tempat ibadah, dsb). Biro-biro perjalanan akan saling sharing di Asosiasi (ITLA).

Tren gaya hidup orang sekarang itu adalah Travelling. Rumah mungkin belum punya, mobil belum punya, tapi jalan-jalan ke luar negri minimal setahun sekali. Itulah orang sekarang.

Supaya jalan-jalannya lebih terarah dan berhikmah, kita bisa memanfaatkan fasilitas-fasilitas yang disediakan oleh biro perjalanan berpengalaman dan "syar'i" seperti Khalifah Tour.

Happy Travelling.

Awalnya saya mengira Samarkand itu nama fiktif yang ada di novel apa gitu. Sehingga ketika melihat flyer Bedah buku & Jumpa Penulis Journey To Samarkand, yang terlintas di benak saya itu adalah sebuah novel.

Sabtu, 13 April lalu saya berkesempatan menghadiri acara bedah buku dan temu penulis Journey to Samarkand (JTS), di kantor Khalifah Tour, di Jl. Brigjen Katamso No. 11, Bandung.

Adapun penulis buku ini adalah ibu Marfuah Panji Astuti, dan biasa dipangginl mbak Uttiek. Beliau adalah seorang penulis dengan latar belakang wartawan. Beliau menjadi merupakan seorang jurnalis di Kompas Gramedia selama 22 tahun.

Buku Journey To Samarkand ini adalah buku Catatan Perjalanan / Traveling Book, yang mengisahkan perjalanan mbak Uttiek sewaktu berkunjung ke Samarkand.

Oh, first thing first, apa itu Samarkand atau dimanakah Samarkand? Rupanya Samarkand itu merupakan sebuah wilayah yang kini berada di negara Uzbekistan. Lantas apa istimewanya Samarkand, sampai-sampai dibuatin bukunya segala?

Ketika saya perhatikan, pada cover buku JTS ini terdapat tulisan "Jelajah Tiga Daulah". Hmm..apa maksudnya? Daulah Umayyah? Daulah Islamiyah?

Dan jawabannya saya dapatkan pada bagian awal dari sesi temu wicara dengan mbak Uttiek. Jadi, buku JTS ini rupanya buku yang ketiga dari serial "Jelajah Tiga Daulah". Dua buku sebelumnya adalah:
  1. Journey to Andalusia
  2. Journey to Ottoman

Kalau Andalusia dan Ottoman ini saya bisa menebak. Andalusia itu Spanyol sekarang, dan Ottoman itu adalah Turki Sekarang.

Berarti mbak Uttiek ini mengangkat tempat-tempat yang pernah menjadi pusat peradaban Islam bahkan pusat peradaban dunia. Pernah... sakit nggak sih... tempat yang PERNAH jadi pusat peradaban Islam. Berarti sekarang tempat itu sudah bukan lagi pusat peradaban Islam dan Dunia.

Dan, ya, begitulah yang terjadi. Baik Andalusia, Ottoman, maupun Samarkand, sekarang hanyalah menjadi situs sejarah dan daerah tujuan wisata, bukan lagi pusat peradaban, pusat bisnis, dsb. Pusat-pusat peradaban dunia kini sudah beralih ke Amerika, Eropa dan Asia (Jepang, China, Korea).

Saya beruntung bisa membeli buku JTS ini, meski belum sempat baca semuanya. Namun pada acara talkshow kemarin dengan penulisnya, saya punya gambaran mengenai keadaan di Samarkand.

Betapa Samarkand itu adalah tempat yang sangat Indah. Disana berdiri bangunan-bangunan sisa-sisa peradaban Islam yang tinggi pada jamannya. Dan beberapa bangunan sekarang ini kondisinya masih utuh atau berhasil direstorasi, sehingga kembali ke bentuk aslinya seperti dulu.

Btw, sebelum lebih lanjut ke cerita di Samarkand, saya ingin cerita dulu tentang motivasi mbak Uttiek melakukan perjalanan ini.

Mbak Uttiek terisnpirasi oleh Ibnu Battutah, seorang cendekiawan Muslim yang telah melakukan perjalanan keliling dunia, jauh sebelum Marco Polo atau pun penjelajah populer lainnya.

Menggali kembali sejarah Islam langsung di tempatnya, menuliskannya untuk kemudian menyajikannya kepada masyarakat, supaya bisa menjadi sumber pengetahuan bagi masyarakat, adalah tujuan mbak Uttiek melakukan perjalanan dan membukukannya.

Bagi mbak Uttiek, ini adalah jalan Dakwah yang dipilihnya.

Mengapa perlu menggali kembali sejarah peradaban Islam. Bukankah sudah banyak literasi-literasi seputar ini?

Salah satu jawabannya ada pada pengalaman ketika mbak Uttiek menjelajah Andalusia. Pada kunjungan ke suatu masjid, tour guide resmi sana menceritakan bahwa mesjid ini tidak benar-benar menghadap ke Ka'bah. Hal ini terjadi karena -menurut si tour guide- perbedaan madhzab atau pendapat antar kelompok muslim sewaktu membangun mesjid tsb.

Ketika mbak Uttiek menanyakan ke si tour guide, dari mana referensi tentang ini dia dapatkan? kata si Tour Guide, ini ada di buku panduan tour guide.

Mbak Uttiek sebelum berangkat ke Andalusia, sebelumnya sudah melakukan riset dulu tentang tempat-tempat yang akan dikunjunginya. Dan untuk mesjid ini, dia tahu asal muasal mengapa mesjid tersebut tidak benar-benar menghadap ke Ka'bah (kiblat). Ini terjadi karena dulu, sewaktu mau membangun mesjid, di dekat mesjid ada gereja kecil. Jika mesjidnya benar-benar diluruskan ke arah Ka'bah, maka pembangunan mesjid akan menggusur gereja kecil tsb. Namun ini tidak dilakukan oleh pemerintah Muslim saat itu. Yang dilakukan kemudian adalah, mesjidnya tidak lurus menghadap Ka'bah, namun di dalam mesjid, semuanya diatur lurus menghadap Ka'bah, baik itu mihrabnya, safnya, dsb.

Dari sini bisa kita ambil hikmah, betapa sejarah Islam itu tidak semuanya otentik. Bahkan mungkin banyak hal yang ditulis dan disampaikan sesuai kepentingan pihak-pihak tertentu.

Karenanya, mbak Uttiek merasa terpanggil untuk menggali sumber-sumber sejarah Islam kemudian menyampaikannya kembali kepada masyarakat.

Buku JTS ini dikemas dengan gaya yang segar. Sengaja demikian karena buku ini meski bisa dibaca semua umur, namun tujuan utamanya adalah kaum muda jaman sekarang alias kaum millenial.

Hidden Agenda
Sebenarnya saya membeli buku JTS ini bukan hanya ingin membaca tentang sejarah Islam saja, namun lebih dari itu saya punya satu tujuan tertentu. Apakah itu?

Jadi gini, saya kan suka bikin catatan perjalanan gitu di blog. Nah, saya jadi penasaran, apa yang membuat sebuah catatan perjalanan itu layak dijadikan buku?

Kalau sekedar ditulis di blog pribadi sih semua orang bisa. Namun ketika catatan kita bisa dipercaya oleh publisher untuk diterbitkan menjadi buku, tentu ada yang lebih dari catatan perjalanan tesebut.

Pada sesi tanya jawab dengan penulis, saya langsung samber dengan mengajukan pertanyaan seputar teknis menulis catatan perjalanan.

Menurut mbak Uttiek, dalam membuat catatan perjalanan, beliau akan melakukan hal-hal sbb:
  • Sebelum berangkat, beliau akan melakukan riset terlebih dahulu. Dia baca-baca tentang tempat yang akan dikunjungi. Dalam hal mengunjungi tempat bersejarah Islam, ada satu buku yang jadi rujukan mbak Uttiek. Buku tersebut berjudul "Sejarah Umat Islam" karya buya HAMKA. Setelah itu baru mencari referensi-referensi lainnya.
  • Berikutnya adalah Framing. Maksudnya ketika kita berangkat, kita tentukan akan mengangkat tentang apa? Contohnya buku serial "Jelajah Tiga Daulah" ini, berarti kita akan mengangkat tentang Daulah (Dynasti) Islam dan peninggalan-peninggalannya.
  • Selanjutnya adalah membuat catatan pendek yang mengekspresikan apa yang kita rasakan saat itu. Tulisan pendek ini bisa ditulis di buku atau bisa juga di sosmed. Tujuannya adalah untuk merekam perasaan "Wow" yang dirasakan pada saat itu.
  • Selain itu, ini juga bisa menjadi Outline dari Tulisan/buku yang akan kita susun. Outline ini bermanfaat supaya tulisan kita: tidak kemana-mana, tidak diulang-ulang dan tidak ambigu.
  • Setelah itu baru masukkan fakta dan data.

Oh ya, satu lagi teknis menulis yang harus bisa dilakukan oleh semua penulis. Apa itu? teknis itu adalah MAKSAIN. he..he.. ya, sering kali kita sudah mempunyai semua bahan, namun terbentur dengan malas. Ah entar aja, besok aja, nanti aja. Akhirnya gak kelar-kelar. Nah, resep dari mbak Uttiek ya itu, Maksain.

Saya juga ngalamin sih, pada beberapa tulisan, semua bahannya sudah ada, namun ada aja yang membuat saya tidak mulai menuliskannya, akhirnya yang seharusnya selesai 1-2 hari, bisa sebulan baru jadi.

Btw, tadi saya singgung di bagian atas, bahwa acara temu penulis ini berlangsung di kantornya Khalifah Tour, sebuah biro perjalanan "Syariah" di Bandung. Saya punya catatan khusus tentang Khalifah Tour ini.

Pada bagian pembukaan, bapak Rustam Sumarna selaku direktur Khalifah Tour, memaparkan beberapa hal yang mendorong berdirinya Khalifah Tour. Pemaparan beliau ini sangat menyentuh hati saya.

Apa dan bagaimana itu Khalifah Tour, simak di tulisan saya berikut ini:

Halal Tour Bersama Khalifah Tour
Stasiun Gambir Jakarta

Beginilah jika Kantor di Bandung tapi Kliennya banyak yang di Jakarta. Saya jadi sering bolak-balik Bandung-Jakarta untuk meeting dengan klien maupun keperluan bisnis lainnya. Untungnya saya hidup di jaman now, dimana sarana transportasi sudah banyak pilihan, relatif cepat dan nyaman, sehingga perjalanan Bandung-Jakarta sehari PP itu tidak masalah.

Mau naik mobil, baik mobil pribadi maupun mobil travel, bisa lewat tol Cipularang. Mau naik kereta, Bandung-Jakarta keretanya nyaman banget. Mau naik Helikopter... well, kalau yang ini saya belum nyampe kantongnya he..he..mudah-mudahan kedepannya bisa ya, mohon do'anya. Amiin...

Sebenarnya naik Motor juga bisa sih, tapi itu kalau lagi pengen touring aja, bukan lagi mau meeting dengan klien.

So pilihan utama melakukan perjalanan bisnis Bandung-Jakarta, sementara ini baru 2 yakni naik mobil atau naik kereta.

Hanya saja, karena di ruas tol Karawang-Jakarta sekarang ini sedang ada pembangunan Jalan Layang Tol, maka perjalanan dengan mobil menjadi agak susah diprediksi lama perjalanannya. Sementara seringkali meeting dengan klien di Jakarta itu, jadwalnya pagi sekitar jam 9 atau jam 10-an. Karenanya untuk mengantisipasi macet, saya harus berangkat sebelum Subuh.

Kalau sekali dua kali sih ok lah, tapi kalau keseringan, capek juga.

Maka sarana transportasi yang bisa diandalkan kemudian adalah Kereta. Karena kereta itu, lama perjalanannya sudah bisa diukur. Perjalanan Bandung - Jakarta dengan kereta butuh waktu sekitar 3 jam 15 menit.

Kalau jadwal meetingnya pagi, saya biasanya naik kereta dari Bandung yang jam 5 Subuh. Berangkat dari Stasiun Bandung atau Stasiun Cimahi. Kebetulan saya tinggal di daerah Geger Kalong, yang baik ke Stasiun Bandung maupun Stasiun Cimahi, jaraknya kurang lebih sama.

Jika dari Stasiun Bandung berangkat jam 5, maka sampai di stasiun Gambir itu jam 8.15. Kalau kantor kliennya masih di sekitar Sudirman, SCBD, Kuningan, Sunter, Tomang atau daerah lainnya yang terhitung masih radius "dekat" dari Gambir, biasanya saya sanggupi untuk meeting jam 9.

Namun kalau sudah daerah Jakarta Selatan semisal TB Simatupang, atau Lebak Bulus, saya biasanya minta meetingnya agak siang, jam 10-an. Biar ada spare waktu untuk perjalanan dari Gambir ke Kantor kliennya.

Btw, ngomongin perjalanan kereta, tentu tidak lepas dari urusan beli tiket kereta, karena naik kereta bukan kayak naik angkot, bisa naik dimana aja, dan bayarnya pas turun.

Nah, saya beruntung lagi nih, karena hidup di jaman now, dimana untuk urusan mengecek jadwal kereta api dan membeli tiket keretanya, sudah tidak jaman lagi kita datang ke stasiun, kemudian antri lama untuk beli tiket.

Sekarang sudah jamannya Handphone dengan berbagai aplikasinya yang sakti. Saya pun bisa sambil santai di rumah atau sambil kerja di kantor, cukup menggunakan Handphone untuk pesan tiket kereta api.

Ketika kita mau membeli tiket kereta api online dari Hp, kita bisa menggunakan aplikasi yang bernama Pegipegi. Kita tinggal cari di Google Play Store atau Apple App Store, kemudian menginstallnya di Hp kita. Btw, aplikasi Pegipegi ini tidak hanya untuk beli tiket kereta api saja. Tapi bisa buat beli tiket pesawat dan booking hotel.

Bahkan kalau kita termasuk pemburu promo, di Aplikasi Pegipegi ada promo-promonya juga. Dengan memanfaatkan promo-promo ini, kita bisa beli tiket kereta/pesawat dan biaya hotel dengan harga yang lebih murah.

Promo-promonya ada yang periodik, selama periode tanggal tertentu misalnya. Tapi ada juga "promo abadi", karena dilakukan setiap hari, dan setiap hari tertentu pada setiap minggunya. Jadi di Pegipegi selalu ada promonya.

FYI, Pegipegi ini termasuk Top 5 Netizen Choice in Online Reservation versi NBCA (Netizen Brand Choice Award) 2018.

Ini bisa dicapai oleh Pegipegi berkat berbagai manfaat yang disediakannya. Saat ini Pegipegi terkoneksi dengan lebih dari 20.000 hotel, baik dalam negeri maupun luar negeri. Dan menjadi mitra resmi untuk grup hotel-hotel ternama seperti Grup Amaris Hotel, Grup Aston Hotel, Best Western Hotel, favehotel, Grand Tjokro Hotel, HARRIS Hotel, Horison Hotel, Jayakarta Hotel, Kagum Hotel, POP! Hotel, RedDoorz Hotel, Red Planet Hotel, Sahid Hotel, Santika Hotel, Swiss-Belhotel, Whiz Hotel, ZEN Rooms dan grup-grup hotel lainnya. Informasi seputar hotelnya juga lengkap dan akurat.

Untuk transportasi udara, Pegipegi terkoneksi dengan 25.000 jadwal penerbangan, baik dalam maupun luar negeri. Pegipegi juga menjadi mitra resmi maskapai-maskapai penerbangan ternama seperti: Citilink, Lion Air, Garuda Indonesia, AirAsia, Sriwijaya Air, Batik Air, Wings Air, NAM Air, Scoot. Jika kita beli tiket dengan Pegipegi, maka kita bisa dapat diskon yang menguntungkan. Terus lagi kita tidak perlu ngeprint E-tiket dan menunjukkan prinan tersebut di bandara. Cukup tunjukkan E-tiket yang ada di hp ke petugas checkin, gitu aja bisa.

Untuk Kereta Api, kita bisa pesan tiket untuk sekitar 2.800 jadwal kereta. Kalau beli tiket kereta api di Pegipegi, kita bisa menentukan tempat duduk sendiri, langsung di aplikasi ketika kita melakukan pemesanan. Kita juga tidak perlu mencetak tiket, cukup tunjukkan E-tiket di Hp kita kepada petugas. Oh ya, Pegipegi merupakan mitra resmi dari PT. KAI bytheway.

Untuk pembayaran, kita bisa melakukan pembayaran dengan berbagai cara. Bisa dengan transfer ATM, Internet Banking, Kartu Kredit, atau bayar di Minimarket Alfamart ataupun Indomaret.

Kalau kita butuh bantuan, kita bisa hubungi telpon 0804 1400 777, itu langsung terhubung dengan call center Pegipegi.

So, bagi kita para frequent flyer atau pun frequent kereta-er, atau frequent ngineper, biar urusan booking dan tiket lebih enak dan bisa diskon, pake Pegipegi ^_^

Copyright © 2018 - irpanisme.com. Diberdayakan oleh Blogger.