BREAKING NEWS

[5]

Dibalik Rasanya Yang Manis! Inilah Manfaat Madu Untuk Kesehatan Tubuh

Manfaat madu
Madu. Credit: Daria-Yakovleva
Pada zaman dahulu, orang-orang harus bersusah payah untuk bisa mendapatkan madu dan menikmatinya. Seiring dengan perkembangan zaman, kini madu yang manis tersebut bisa kita dapatkan dengan begitu mudahnya. Bahkan, madu pada saat ini memiliki beberapa varian rasa yang tentunya akan semakin memanjakan lidah kita. Dibalik rasanya yang manis, ternyata madu juga mempunyai segudang manfaat untuk kesehatan tubuh lho. Manfaat apa sajakah itu?

Nah, untuk mengetahui lebih jelasnya lagi mengenai manfaat madu untuk kesehatan tubuh, mari kita simak saja langsung ulasannya di bawah ini :

1. Dapat Mengatur Gula Darah
Manfaat pertama dari madu yang harus kalian ketahui, yakni dapat mengatur gula darah. Ya, kendati didalam madu terdapat kandungan gula, namun kandungan gulannya itu tidaklah sama dengan ada yang di gula putih maupun pemanis buatan. Gula yang terdapat pada madu merupakan gula alami, yang menghasilkan proses penggabungan frukotsa dan glukosa sehingga dapat membantu tubuh untuk mengatur kadar gula darah. Bahkan, ada beberapa jenis madu yang mempunyai indeks hipoglikemik rendah, yang tentunya tidak akan membuat kadar gula darah dalam tubuh kita menjadi naik.

2. Dapat Memperkuat Sistem Kekebalan Tubuh
Madu Manuka yang berasal dari Australia ini merupakan salah satu jenis madu yang efektif untuk merangsang produksi sel-sel kekebalan tubuh. Ya, hal itu juga dibenarkan oleh para peneliti, yang menyebutkan bahwa madu jenis manuka sangat bermanfaat untuk meningkatkan system kekebalan tubuh. Dengan meningkatnya system imun (system kekebalan tubuh), tentu saja tubuh kita tidak akan mudah terserang oleh berbagai jenis penyakit. Bahkan yang lebih hebatnya lagi, jenis madu manuka ini sangat bagus untuk kecantikkan kulit wajah lho.

3. Dapat Mengurangi Iritasi Batuk dan Tenggorokan
Ini dia salah satu manfaat madu yang memang sudah terkenal sejak dari dulu, yakni sebagai obat alami untuk mengobati berbagai permasalahan tenggorokan seperti batuk dan sebagainya. Terlebih untuk jenis madu soba, dimana satu dosisnya setara dengan satu dosis dextromethrophan, yang manfaatnya dapat meredakan batuk sehingga kita bisa tidur lebih nenyak lagi.

4. Dapat Meningkatkan Kinerja Atletik
Inilah yang menjadi alasan, mengapa para atlet kerap mengonsumsi madu secara rutin dan teratur. Ya, terang saja demikian, sebab kandungan pada madu sangat efektif untuk memelihara kadar glikogen yang dapat meningkatkan waktu pemulihan.

5. Berperan Sebagai Antijamur
Manfaat berikutnya dari madu untuk kesehatan tubuh yang harus kalian ketahui, yakni berperan sebagai antijamur. Ya, hal itu juga dibenarkan oleh salah seorang peneliti terkemuka dunia yang bernama Peter Molan “ Semua madu adalah antibakteri karena lebah menambahkan enzim yang membuat hydrogen peroksida “.

6. Dapat Mencegah Kanker dan Penyakit Jantung
Baik kanker maupun jantung merupakan salah satu jenis penyakit mematikan, yang tentu saja sangat ditakuti oleh semua orang. Tingginya kandungan antioksidan pada madu, diyakini mampu mencegah penyakit kanker dan penyakit jantung lho.

7. Berperan Sebagai Probiotik
Berdasarkan dari hasil penelitian, beberapa varietas madu ada yang mempunyai sejumlah besar probiotik (bakteri baik). Ya, termasuk 6 spesies lactobacilli dan 4 spesies bifiidobacteria, yang tentu saja sangat bagus untuk kesehatan tubu kita.

Demikianlah ulasan singkat mengenai manfaat madu untuk kesehatan tubuh. Nah, setelah mengetahui manfaatnya, tentu saja kamu wajib mengonsumsi madu secara rutin dan teratur.
Dibalik Rasanya Yang Manis! Inilah Manfaat Madu Untuk Kesehatan Tubuh Dibalik Rasanya Yang Manis! Inilah Manfaat Madu Untuk Kesehatan Tubuh Reviewed by irpanisme on September 01, 2019 Rating: 5

Tidak ada komentar: