BREAKING NEWS

[5]

Senjata Laser Anti-Drone

Drone Laser
Drone yang terkena tembakan Laser
Ujicoba senjata laser Advanced Test High Energy Asset (ATHENA) milik Lockheed Martin, berhasil menghancurkan beberapa unit drone dalam uji lapangan baru-baru ini di lapangan tembak milik pemerintah AS di Fort Sill, Oklahoma. Sistem senjata laser yang dikembangkan untuk Angkatan Udara AS ini bisa digunakan untuk melumpuhkan drone jenis sayap tetap maupun baling-baling dengan bantuan sistem command and control.

Pengembangan senjata laser masa kini lebih dari sekedar menciptakan generator penghasil sinar Laser yang lebih kuat. Sistem senjata Laser sekarang harus berukuran kecil namun mempunyai daya hancur yang besar; mampu melacak dan mengunci target; dan bisa mengeluarkan sinar laser yang stabil meski dalam jarak jauh.

Selain itu, senjata laser harus dapat diintegrasikan dengan sistem command and control yang ada, serta sensor radar. Hal-hal tersebut menjadi fokus dari tes yang dilakukan di Fort Sill, dimana laser ATHENA dioperasikan oleh penerbang, sistem laser kemudian diberi input jejak drone yang diperoleh dari radar. Berdasarkan data dari radar ini, sistem ATHENA bisa melacak, menemukan, kemudian menembak jatuh drone yang menjadi targetnya.

Integrasi berbagai system ini oleh pihak Lockheed disebut "Rantai pembunuhan menyeluruh (full kill-chain performance)". Kemampuan ini merupakan persyaratan utama dari sistem senjata anti-Drone yang dibutuhkan oleh Departemen Pertahanan AS.

"Kami telah menyaksikan dalam berita baru-baru ini, bahwa solusi senjata laser sangat penting untuk menangkal ancaman kendaraan tak berawak (Drone). Sungguh menyenangkan, kami dapat menyaksikan para penerbang beraksi dengan teknologi terbaru Lockheed Martin," kata Sarah Reeves, wakil presiden Missile Defense Programme untuk Lockheed Martin. Kunci senjata Laser adalah integrasi dan ketangkasan. ATHENA telah berevolusi untuk memastikan bahwa hal-hal tersebut berhasil diterapkan, namun produk yang dihasilkan tetap mudah diimplementasikan oleh penggunanya, sambung Sarah.
***

Credit Foto: Official U.S. Navy Page
Sumber Artikel: newatlas.com

Senjata Laser Anti-Drone Senjata Laser Anti-Drone Reviewed by irpanisme on Januari 08, 2020 Rating: 5

15 komentar:

  1. Bagus juga sih kalau ada senjata laser anti drone, soalnya zaman now kadang drone udah merampas privacy banyak orang.
    Untuk orang-orang yang berselisih perang, sudah pasti membutuhkan alat ini buat menjatuhkan drone mata-mata lawan :)

    BalasHapus
  2. jadi inget film film kayak Starwars ya.Senjata semakin cangih tapi semoga manusia lebih cangih lagi menata pikiran sehinga menghindari perang

    BalasHapus
  3. Wow.. wow.. kwcil-kecil tapi dahsyat juga ya, Mas Irpan. makanya dikembangkan angkatan udara AS, dan pastinya untuk keperluan perang. Tapi begitulah teknologi ya, mas. Kadang ada yang memanfaatkan untuk hal baik ada juga yang tidak baik.

    BalasHapus
  4. Canggih sekali ya sistem persenjataan pemerintah AS ini, mungkin mereka terinspirasi dari film2 boxffice nya AS sendiri ya

    BalasHapus
  5. Wow, makin canggih aja dunia. Sepertinya cocok ini buat pertahanan Indonesia

    BalasHapus
  6. Hehehe, drone sekarang udah menjamur yaaa. Di Bali sampai dibuat peraturan dilarang menerbangkan drone di wilayah Kuta, Jimbaran, Nusa Dua. Soalnya pilot-pilot pesawat sebelumnya suka mengeluh drone-drone ini sangat mengganggu. Perlu juga aturan sertifikasi nih buat yg mau menerbangkan drone, sama lah kayak yg mau menerbangkan pesawat atau SIM motor/mobil. Kalo berlebihan memang sangat mengganggu, udah masuk ranah privacy juga. Senjata laser anti drone ini oke juga nih kalo kita punya. Hahahaha.

    BalasHapus
  7. Canggih dan mengerikan ya, ada drone tanpa awak yang bisa menyusup ke mana-mana. Bisa menjadi alat pembunuh pula. Jadi ingat kejadian yang du Iran.. Terus ini ada lagi teknlogi senjata laser yang bisa melacak keberadaannya. Semoga dunia aman-aman saja. Ngeri kalau bayangin perang dengan senjata-senjata canggih gini..hihi..

    BalasHapus
  8. Drone sudah mengganggu privasi apalagi jika terkait dan keamanan negara ya lenih baik ditembak saja. Senjata ATHENA pasti bakal membantu yang berkepentingan dengan itu

    BalasHapus
  9. Eman2 banget, drone-nya. Mbok diberikan pada saya, gitu lho. Mahal-mahak beli kok dihancurkan. @_@

    BalasHapus
  10. Sayang banget kalo drone dipake untuk hal-hal yang berkaitan dengan kejahatan, padahal banyak hal positif yang bisa dimanfaatkan menggunakan drone loh

    BalasHapus
  11. Kemajuan teknologi bisa juga yaa dimanfaatkan dalam bidang keamanan ya jaga-jaga kan atas hal-hal yang tidak diinginkan. btw indonesia punya gak ya senjata laser kayak gitu?

    BalasHapus
  12. Memang pantes menyandang negara Adi daya.. peralatan senjatanya Amerika makin canggih, pasti untuk membiayai persenjataan ini mahal banget. Aku kurang ngerti teknologi kayak gitu, jadi kayak lihat di film2 produksi Hollywood kayak star wars' gitu yak. Senjata nya canggih dan keren banget

    BalasHapus
  13. Huhuhu iya, bener kata Mbak Susindra..bilang-bilang gitu kalau mau nembak, kan mayan tuh mahal dronenya. Kecuali memang sudah ada aturan tidak boleh menerbangkan drone di area tersebut, tapi masih juga dilanggar. Yaa cuss..tembak aja. Dronenya juga bukan punya saya wkwkkw

    BalasHapus
  14. Wah mampir sini malah belajar tentang senjata laser anti drone :D sistem senjata laser sekaramg makin canggih ya mwngikuti perkembangan zaman

    BalasHapus
  15. Teknologi apabila digunakan untuk hal positif padahal bisa banget, seperti drone ini. Kalau dia digunakan malah untuk mengancam keamanan negara lain, tentunya memang harus dipikirkan harus diapakan.

    Bisakah kita bilang senjata laser tersebut jauh lebih canggih dibandingkan drone?

    BalasHapus