About


Hi, my name is Irpan. I live in Indonesia. This blog is to provide you with my trip stories, my ideas and some other things.

Facebook

BloggerHub

Connect with me

Jadwal Sholat

Memilih Lensa Kacamata Hitam yang Tepat

Posting Komentar
Sunglasses

Kacamata hitam atau biasa dikenal dengan nama sunglasses adalah kacamata yang dibuat dengan fungsi untuk menghindari atau melindungi mata dari paparan sinar matahari. Disebut kacamata hitam karena awalnya hanya mengenakan kacamata dengan lensa berwarna hitam untuk menghindari silau, sehingga seterusnya disebut dengan kacamata hitam.

Namun, seiring berjalannya waktu kacamata hitam tidak hanya menggunakan lensa hitam saja, sekarang sangat banyak lensa warna lainnya yang digunakan pada kacamata hitam, seperti warna biru, hijau, abu, coklat, pink dan warna lainnya. Sama halnya dengan lensanya yang semakin bervariatif. 

Berikut ini adalah beberapa lensa yang biasanya digunakan dalam sunglasses atau kacamata hitam.

  • Clear Lens
    Clear lens atau lensa polos tanpa warna sebenarnya tidak digunakan sebagai pure kacamata hitam. Tetapi, sekarang ini mulai banyak digunakan oleh orang-orang karena teknologi baru yang dapat membuat lensa polos berubah warna menjadi hitam apabila terkena sinar matahari atau UV Lights. Biasanya lensa ini digunakan oleh orang-orang yang memiliki mata rabun. Tentu dengan hadirnya teknologi baru tersebut, orang yang memiliki mata rabun dapat merasakan memakai kacamata hitam atau sunglasses dengan penglihatan yang jelas.

  • Mirrored Lens
    Mirrored lens adalah salah satu dari lensa kacamata hitam yang sudah ada sejak dahulu kala. Disebut sebagai mirrored lens karena lensanya memantul jika dilihat dari luar. Apabila menggunakan kacamata hitam menggunakan lensa ini maka lawan bicara kita dapat melihat bayangannya di kacamata. Awalnya mirrored lens hanya warna hitamnya saja yang digemari, kemudian mulai menggemari warna coklat, warna biru dan sekarang baik warna silver, gold, pink, kuning, dan berbagai warna lainnya sangat digemari baik pria maupun wanita.

  • Polarized Lens
    Polarized lens dilapisi dengan selembar sepecial chemical film yang dapat mengurangi glare atau silau. Glare biasanya disebabkan oleh pantulan cahaya matahari oleh air atau permukaan padat lainnya. Oleh karena itu, lensa ini dapat membantu penggunannya untuk dapat melihat benda-benda dengan lebih tajam dan jelas. Polarized lens juga membantu untuk mengurangi efek berbahaya UV Lights terhadap mata.

    Kacamata hitam pada umumnya dapat membantu mengurangi jumlah cahaya secara vertical dan horizontal yang masuk ke mata. Tetapi, karena polarized lens memiliki satu lembar chemical film yang mana membantu mengeliminasi cahaya yang masuk secara horizontal dan tetap membiarkan cahaya yang masuk secara vertical. Polarized lens dapat digunakan dengan resep dokter sehingga tidak masalah apabila pengguna membutuhkan lensa tersebut untuk kacamata rabun jauh.

    Polarized lens memiliki harga yang lebih tinggi dibandingkan lensa lainnya. Polarized lens memiliki warna yang cukup beragam seperti biru, hijau, silver dan beberapa warna lainnya tetapi tidak sebanyak dengan warna lensa mirrored ataupun lensa tinted.

  • Tinted Lens
    Tinted lens merupakan lensa semi tembus pandang, yang mana semakin tinggi tingkat kegelapannya maka semakin gelap pula lensanya, sehingga orang luar tidak dapat melihat bola mata pengguna kacamata dengan lensa ini. Tinted lens tidak hanya full tinted saja, tetapi sejak beberapa tahun belakangan muncul lensa tinted gradasi juga. Lensa gradasi mengambil satu warna pada bagian atas lensa dan semakin kebawah akan semakin berkurang tingkat kegelapannya seperti clear lens. Tinted lens hanya dapat dibuat dengan resep dokter (kacamata rabun) apabila memilih lensa tinted full dan bukan gradasi.***


Credit Picture:
- Amr Nasr


Related Posts

Posting Komentar