About


Hi, my name is Irpan. I live in Indonesia. This blog is to provide you with my trip stories, my ideas and some other things.

Facebook

BloggerHub

Connect with me

Jadwal Sholat

Apakah Kotoran Telinga Itu?

17 komentar


Ketika baca-baca berita science, saya menemukan sebuah artikel dengan topik yang menarik. Artikel tersebut tentang kotoran telinga.

Dulu saya pernah mengalami penurunan pendengaran. Suara orang yang bicara terdengar kecil/pelan. Saya kemudian periksa ke dokter THT. Guess what, dalam saluran telinga saya ada beberapa gumpal kotoran telinga!

Setelah gumpalan-gumpalan kotoran tersebut dikeluarkan oleh dokter dengan alat penyedot kecil, pendengaran saya kembali normal.

Sepertinya gumpalan tersebut merupakan akibat saya membersihkan telinga dengan cotton bud. Ketika menggunakan cotton bud, sebagian kotoran memang menempel ke cotton bud, tapi ada juga yang justru jadi terdorong ke bagian dalam saluran telinga.

Btw, apa sebenarnya kotoran telinga itu?

Kotoran Telinga merupakan campuran antara sel kulit mati, keringat, dan lemak yang dikeluarkan oleh kelenjar pada kulit di sepanjang saluran telinga.

Meski kotoran telinga ini berbau kurang sedap, dan bagi beberapa orang itu menjijikkan, namun rupanya dia ada manfaatnya juga lho.

Kotoran telinga rupanya dapat berfungsi sebagai pelindung kulit di saluran telinga, dan organ lainnya di dalam telinga. Dengan adanya kotoran telinga, maka kulit menjadi lebih lembab, sehingga tidak kering dan gatal.

Jika tidak ada kotoran telinga, maka kulit di saluran telinga akan selalu terasa kering dan gatal. Akibatnya kita akan mengorek-ngorek saluran telinga ini untuk menggaruknya. Hal ini bisa berbahaya, karena bisa melukai kulit, selain itu jika terdapat bakteri pada jari atau alat pengorek telinga, maka bakteri tersebut bisa menempel di kulit dan menyebabkan infeksi.

Selain itu, bentuk kotoran telinga yang lembab dan lengket, bisa menangkap serangga kecil atau benda asing yang masuk ke saluran telinga. Mencegah mereka masuk lebih dalam lagi dan mengancam selaput gendang telinga.

Apakah kotoran telinga ini harus dikeluarkan secara berkala?

Sebenarnya saluran telinga mempunyai mekanisme untuk mengeluarkan kotoran telinga. 

Pertumbuhan sel kulit baru menggantikan sel kulit yang mati di saluran telinga, berurutan sedemikan rupa sehingga pergantian sel ini mendorong kotoran telinga ke arah luar.

Selain itu, ketika kita mengunyah makanan, gerakan geraham selama mengunyah, juga merembet ke saluran telinga dan menggerakkan kotoran telinga ke arah luar.

Dengan mekanisme diatas, maka kotoran telinga akan terbuang dengan sendirinya. Maka jangan heran kalau kita sering mendapati ada kotoran telinga menempel pada daun telinga kita.

So, kalaupun kita mau mengeluarkan kotoran telinga, sebaiknya jangan menggunakan cotton bud. Gunakan alat untuk mengeluarkan kotoran telinga. Sekarang alat-alat tersebut ada berbagai macam, dan dapat dengan mudah kita beli secara online.

Stay safe, stay health.***

Credit Picture:
- Lars Chittka; Axel Brockmann


  

Related Posts

17 komentar

  1. Ayah juga pernah alami itu kak, jadi kuping kiri ga terlalu kedengaran. Lalu oleh dokternya dibersihkan. Memang harus hati2 ya kalau bersihin pribadi

    BalasHapus
  2. wah iya ya, ternyata cutton bud efeknya bisa begini juga. padahal itu yang paling praktis. hmmm ... harus investasi untuk alat pembersih telinga khusus nih

    BalasHapus
  3. Saya pernah mengalami hal yang sama waktu kecil. Waktu itu mama marah banget kenapa saya sering enggak nyahut pas dipanggil terutama saat sedang nonton. Setelah dicek, ternyata ada kotoran telinga yang sudah mengeras.

    Katanya biar aman, bersihin kotoran telinga ke puskesmas atau ke dokter aja. Jangan dibersihin sendiri.

    BalasHapus
  4. wahh saya masih sering pakai cotton bud nih,
    gak sekalian di spill nama alatnya kah mas, hehehe

    BalasHapus
  5. aku pernah kejadian pengen buat kotoran telinga pake cotton bud yg murahan, alhasil kapasnya lepas dan tinggal di dalam lubang telinga,

    untung aku gak panik segera cari referensi solusi dan nemu , akhirnya bisa lega kapasnya sudah keluar,

    semenjak saat itu trauma gunain cotton bud, gak lagi-lagi deh

    BalasHapus
  6. Kadang sakit juga kalo dikorek pake cotton bud tuh. Kotoran telinga berarti nggak bikin budeg ya kak

    BalasHapus
  7. Hmm iya ya, harusnya emang g boleh pake cotton Bud
    Tapi AQ selama ini oake cotton Bud
    Emang harus hati-hati sih

    BalasHapus
  8. Kayaknya kudu ngecek juga nih ke dokter THT buat ngangkat kotoran telinga, biar pendengaran makin jernih.

    Kalau saya buat bersihkan biasa pake obat tetes sih.

    BalasHapus
  9. Dibalik itu, cutton bud ternyata ada minusnya juga ya. Terlalu sering memakai earphone juga dapat menyebabkan meningkatnya kotoran telinga loh

    BalasHapus
  10. Saya baru tau diartikel ini bahwa kotoran telinga dihasilkan dari adanya campuran sel kulit mati, keringat, dan lemak yang dikeluarkan oleh kelenjar kulit saluran telinga, terima kasih informasinya kak irpan 🙏

    BalasHapus
  11. Wah iya, memang sejak dari dulu sudah diingatkan untuk nggak pakai cutton bud untuk membersihkan telinga. Karena memang ada sebagian kotoran yang justru terdorong ke dalam.

    BalasHapus
  12. Wah, jadi tahu ni, biasanya saya pakai cotton bud aja sih. Kadang kotoran yang masih tersisa sedikit terdorong keluar ketika bersin. Untung sekarang ada pembersih khusus telinga ya.

    BalasHapus
  13. wahh aku baru tau loh kalo baiknya kotoran telinga ga pake cotton bud, belum tau juga alat pembuang kotoran telinga, coba aku cari2 dulu hihi

    BalasHapus
  14. Aku sampe skrg masih pake cotton bud nih buat bersihin kotorannya. Blm ketemu jg alat pembersih lainnya. Kasih tahu donk rekomen alatnya kak.

    BalasHapus
  15. berarti cotton bud itu gak bagus buat kesehatan telinga yaa? Duh, padahal saya suka bersihin telinga pakai alat ini

    BalasHapus
  16. memang banyak manfaatnya ya, sebenernya kata dokter ga usah dikorek pake cotton bud, nanti keluar sdr. Soalnya kalo dikorek2 bs rusak gendang telinga kalo terlalu dalam, tp kok aku gatel tangannya.

    BalasHapus
  17. Aku juga pernah ni... trus ke THT di keluarin pakai alat, gilsss kotorannya numpuk di dalam telinga banget huhu

    BalasHapus

Posting Komentar