BREAKING NEWS

[5]

Aplikasi Handphone, Wujudkan Ide Atasi Masalah

Aplikasi Handphone. Credit: Club RACC

Sudah menjadi naluri manusia untuk bertahan hidup. Dan perwujudan dari naluri ini adalah upaya manusia mengatasi berbagai masalah yang dihadapinya.

Masalah yang dihadapi manusia, kian hari kian kompleks. Pada jaman purba mungkin masalahnya adalah seputar makanan, pakaian, tempat berteduh dan berlindung dari binatang buas.

Untuk mengatasi semua itu, manusia mengembangkan berbagai peralatan. Mulai dari kapak, tombak, panah, pakaian kulit binatang, gua, rumah, pertanian, peternakan, dst.

Di era sekarang, masalah yang dialami manusia jauh lebih kompleks lagi. Bukan saja seputar makanan, pakaian dan tempat berlindung. Masalah yang dihadapi manusia modern semakin rumit, meski terkadang rumitnya itu sebenarnya untuk hal yang sederhana.

Contoh daru "rumit untuk hal sederhana" adalah berpindah tempat, misalnya dari rumah ke sekolah atau ke tempat kerja. Keperluanya sederhana yakni berpindah tempat. Namun masalahnya jadi rumit, karena harus ada kendaraan, kendaraannya susah, mahal, berjubel, lama, ada copet, belum lagi di jalan macet, dsb.

Contoh lainnya misalnya makanan. Keperluannya sederhana yakni makan. Namun masalahnya jadi rumit, karena harus masak, membeli bahan makanan pakai uang, uangnya didapat dari mana? Pekerjaan susah. Ketika dapat uang, harga bahan makanan mahal, gas mahal, belum lagi untuk ke pasarnya harus naik angkot, lama lagi, biaya lagi, rumit.

Tuhan melengkapi manusia dengan akal pikiran. Dengan akalnya ini, manusia bisa mengatasi masalah yang dihadapinya. Dengan akalnya manusia membuat berbagai peralatan yang membantunya menjalani hidup dan mengatasi masalah-masalah yang dihadapinya.

Di era teknologi sekarang ini, alat bantu manusia lebih dari sekedar api, tombak, dan roda kayu. Alat bantu manusia sekarang ini tentunya sudah berteknologi tinggi.

Alat bantu yang sangat banyak digunakan masyarakat kita sekarang ini adalah gadget, khususnya Handphone (Hp). Hp yang saya maksud disini adalah Hp jenis smartphone yang kita bisa install berbagai aplikasi didalamnya.

Hp dengan bermacam aplikasi didalamnya bisa membantu menyelesaikan berbagai hal dalam hidup. Sebut saja mengirim pesan, mencari informasi, memesan sesuatu hingga melakukan transaksi jual beli, dan banyak lagi.

Tentang Aplikasi Hp
Bagi kebanyakan orang, aplikasi Hp adalah sesuatu yang canggih yang hanya bisa dibuat oleh perusahaan besar. Padahal sebenarnya tidak begitu.

Siapapun bisa membuat aplikasi Hp. Adapun yang dibutuhkan adalah pengetahuan dan keterampilan untuk menyusun kode-kode program yang nantinya menjadi aplikasi Hp.

Namun kode-kode program ini hanyalah alat. Sebagaimana alat bantu manusia lainnya, kode-kode program ini ada dan digunakan untuk membantu manusia mewujudkan idenya dalam mengatasi masalah yang ada. Disinilah letak nilai dari sebuah aplikasi Hp. Bagaimana aplikasi tersebut mengatasi masalah manusia.

Sebagai contoh, applikasi Hp yang paling banyak digunakan orang adalah aplikasi pengirim pesan WA (WhatsApp).

Jika dilihat dari sisi teknis, aplikasi WA ini sama seperti aplikasi Hp lainnya, yakni sebuah program yang terdiri dari ribuan/jutaan baris kode program yang disusun menjadi 1 aplikasi.

Namun jika dilihat dari sisi fungsi, manfaat dari WA ini banyak sekali, dan saya tidak perlu memaparkannya lagi. Silahkan membuat sendiri daftar dari manfaat aplikasi WA.

Dari sini kita menjadi tahu, bahwa sebuah Aplikasi Hp bisa memberikan nilai tambah yang begitu besar pada kehidupan manusia. Dan karenanya, sebagian dari kita pun ada yang tertarik untuk juga membuat sebuah aplikasi Hp.

Tahap membangun Aplikasi Hp.
Ketika kita ingin membuat sebuah aplikasi Hp, sebaiknya kita berangkat dari sebuah ide. Akan lebih baik jika idenya adalah ide yang mengatasi sebuah masalah. Masalah apa saja. Coba kita perhatikan lingkungan di sekeliling kita, ada masalah apa? atau ada kebutuhan apa?

Setelah diketahui masalah tersebut, kemudian coba kita cari solusinya.

Setelah kita dapatkan solusinya, baru kita rancang bagaimana solusi tersebut bisa menggunakan alat bantu Hp dan applikasinya.

Secara garis besar, tahap membuat aplikasi Hp itu adalah:
  1. Ide/solusi
  2. Menjabarkan ide/solusi tersebut menjadi alur proses.
  3. Membuat rancangan arsitektur teknis dari alur proses tersebut.
  4. Mulai meyusun kode-kode program aplikasi
  5. Melakukan test internal
  6. Menerbitkannya ke publik
Lama waktu membuat aplikasi Hp itu bervariasi, tergantung dari kompleksitas yang ada di dalam apps tersebut. Semakin banyak fungsi yang terkandung dalam aplikasi, semakin lama waktu yang dibutuhkan.

Apalagi kalau si applikasi tersebut terkoneksi ke sistem lain seperti Payment Gateway (sistem pembayaran online), layanan dari Aplikasi lain, dll. Proses pembuatannya bisa lebih lama lagi.

Untuk Aplikasi yang berdiri sendiri yang didalamnya ada map (peta), user ID yang bisa berinteraksi satu-sama lain, proses pembuatannya bisa 2-3 bulan. Belum lagi nanti dalam perjalanan pembuatannya ada saja penyesuaian-penyesuaian. Itu bisa menjadikan proses pembuatan menjadi lebih lama lagi.

Tentang Startup
Istilah Perusahaan Start Up sebenarnya bermakna luas. Berlaku untuk usaha jenis apapun. Namun dalam percakapan sehari-hari, pengertian perusahaan start up sering dimaknai perusahaan yang baru berdiri, yang bergerak di bidang teknologi.

Bagi perusahaan start up yang akan membuat aplikasi Hp, biasanya terkendala dengan masalah resource (sumber daya manusia). Terutama siapa yang akan mengerjakan pembuatan kode-kode programnya (Programmernya).

Karenanya kalau kita membaca sejarah, beberapa pendiri perusahaan start up, biasanya orang yang mengerti pemrograman. Meski memang banyak juga yang tidak.

Untuk menyiasatinya, kita bisa memilih dari beberapa alternatif dibawah ini:
  • Kita ajak programmer untuk menjadi bagian dari tim kita. Sebaiknya teman yang sudah kita kenal dan siap kerja tanpa bayaran/bayarannya kecil.
  • Kita gunakan jasa freelancer, di website seperti Freelancer.com, Fiverr.com, dll. Namun ini beresiko. Ide kita bisa dicuri.
  • Menggunakan jasa perusahaan Developer Profesional yang punya perjanjian NDA (Non Disclosure Agreement), intinya dia tidak akan mencuri ide kita. Namun ini biasanya mahal biayanya.
Kalau Start Up kita ini minim modal, maka yang bisa kita lakukan adalah mencari teman programmer yang bisa kita ajak bekerjasama.

Kemudian kita buat dulu prototype aplikasinya. Minimal mewakili atau menunjukan ide solusi yang kita tawarkan.

Setelah prototype jadi, baru kita mencari investor yang bisa kita yakinkan untuk menanamkan modalnya pada aplikasi yang sedang kita buat.

Dengan dana dari investor inilah kita bisa mengembangkan aplikasi kita sepenuhnya, sesuai dengan rancangan yang telah ditetapkan. Atau dengan beberapa pengembangan yang diperlukan.

Kepada teman-teman yang saat ini punya ide yang ingin diwujudkan menjadi sebuah aplikasi Hp, semoga tulisan ini bisa memberikan sedikit informasi.

Selamat berkarya ^_^
Aplikasi Handphone, Wujudkan Ide Atasi Masalah Aplikasi Handphone, Wujudkan Ide Atasi Masalah Reviewed by irpanisme on Desember 28, 2018 Rating: 5

Tidak ada komentar: