BREAKING NEWS

[5]

Ajang Kompetisi Kreatif Millenial di Bima Day Creator Reborn

Dan...
Dan bila esok datang kembali
seperti sedia kala
dimana kau bisa bercanda
Dan...
perlahan kau pun
lupakan aku


Sepenggal lirik lagu membawa saya kembali ke masa remaja. Lagu yang bagi saya mempunya kenangan tersendiri. Lagu yang berjudul "Dan" ini milik grup Band Sheila on 7, yang debut pertamanya adalah pada akhir dekade 90-an, dan tetap eksis hingga sekarang.

And here they are, kini mereka hadir di Bandung. Dan salah satu anggota personil band pencipta lagu tersebut ada di hadapan saya. Ya, bersama beberapa nara sumber lain sih.he..he..

Dan rupanya bukan hanya 1, melainkan 2 band terkenal yang hadir malam ini. Yang satunya lagi adalah sang superband, Padi, yang lagunya powerful baik lirik maupun aransemen musik. Lagu-lagu hits Padi mengumandang di akhir dekade 90-an, juga tetap eksis hingga sekarang.

Saya berkesempatan bertemu dengan mereka pada acara Bima Day. Sebuah acara besutan operator telekomunikasi Tri - www.three.co.id. Acara Bima Day ini merupakan puncak dari rangkaian acara pesta kreativitas anak muda Indonesia yang telah berlangsung sejak 3 bulan silam.

Pada acara press conference yang diselenggarakan sebelum malam puncak, hadir Sheila on 7 yang diwakili oleh mas Adam, dari Padi diwakili oleh mas Piyu dan Mas Yoyo. Ada juga blogger kondang Mak Betty, DJ Winky Wiryawan, dan beberapa nara sumber lainnya.

Saya menghadiri press conference sebagai blogger, yang tergabung dalam komunitas blogger Bandung, yang mendapat undangan untuk meliput acara Bima Day ini. Alhamdulillah, hoby menulis ini bisa memberikan saya kesempatan untuk bertemu 2 band yang lagu-lagunya punya kisah tersendiri dalam perjalanan hidup saya. ^_^

Pada press conference dipaparkan seluk-beluk acara yang diselenggarakan oleh Tri ini. Ada juga sesi tanya jawab dengan para nara sumber. Hadirin yang kesemuanya adalah insan media bergantian mengajukan pertanyaan kepada para nara sumber.

Dan saya baru ngeh rupanya mas Adam Sheila on 7 itu orangnya kocak juga ya. Jauh dari image Artis papan atas yang jaim dan sok cool. Begitu juga dengan mas Piyu dan mas Yoyo. Mereka semua humble dan senang bercanda.

Mbak Arum, selaku DGM Public Relation Tri menjelaskan tentang kegiatan Bima Day ini. Rangkaian acara ini bertema Creator Reborn, menghadirkan kompetisi kreatif bagi anak-anak muda Indonesia. Adapun ajang kompetisinya adalah:
  • Short Movie
  • Dance Music
  • E-sport

Adapun Dewan Juri untuk kegiatan kompetisi ini adalah tim yang terdiri dari para professional di bidangnya. Sebut saja Winky Wiryawan adalah salah satu juri untuk kategori Dance Music. Dan ada juga Angga Dwimas Sasongko untuk kategori Short Movie.

Btw, acara besutan Tri ini sudah berlangsung sejak 2016 lalu. Dan ajang yang sekarang ini adalah ajang yang ketiga kalinya.

Pada ajang yang pertama, akhir 2016 - awal 2017, temanya adalah "Festival Ambisiku", sukses digelar di 3 kota. Kala itu yang dikompetisikan adalah startup. Pemenangnya adalah SOKU, startup digital asal Solo. Pemenang mendapatkan dukungan pendampingan dan pendanaan untuk lebih mengembangkan aplikasinya.

Ajang kedua, di tahun berikutnya, temanya adalah "Sound of Tri", ajang kompetisi para musisi Indonesia. Sukses menghasilkan 10 Musisi Muda dari seluru pelosok Indonesia. Para pemenang mendapat dukungan berupa rekaman musik, pembuatan video clip dan mendapatkan penghasilan dari penjualan lagu-lagu mereka dalam aplikasi bima+.

Adapun untuk ajang ketiga ini, kan ada 3 kategori. Untuk Para pemenang E-sport, mendapat hadiah berupa uang, total 63 juta rupiah, perangkat gaming Razer dan produk dari 3.

Untuk pemenang kategori Musik dan Film, mendapatkan edutrip ke Amerika Serikat, untuk menghadiri festival kreatif dan teknologi terbesar di dunia. Untuk juara 2,3, danfavorit, mendapatkan hadiang uang dan produk tunai.

Selain itu 10 karya terbaik kategori musik dan film, dipromosikan melalui social media 3 Indonesia dan aplikasi bima+

Anak Muda pesta di Bima Day
Mengambil tempat di Eldorado Dome, Bandung, 16 Maret 2019, Bima Day dimeriahkan dengan berbagai acara. Di halaman Eldorado Dome terdapat bazar yang diikuti oleh berbagai produsen, yang kesemuanya khas anak muda. Ada makanan, distro pakaian sampai teknologi.

Di dalam bangunan Hall, berlangsung pertunjukan musik yang menampilkan berbagai musisi baik musisi Bandung maupun musisi Nasional. Ada Elephant Kind, DJ Dipa Bharus x Monica Karina, DJ Winky Wiryawan x Prince Husein, Puncaknya adalah penampilan band Padi dan Sheila on 7.

Pada puncak acara ini juga diumumkan pemenang dari 3 kategori kompetisi. Adapun masing-masing pemenang tersebut adalah:

Kategori Short Movie:
Indra Jaya Kusuma
Judul: Dilematis
Kota: Probolinggo

Kategori Dance Music
Gilang Rahdianando
Judul: Mikaweruh ki Sunda
Kota: Tasikmalaya

Kategori E-sport
Juara 1: Partai Ketawa (Jogja)
Juara 2: Gold Esport (Banjarmasih)
Juara 3: Ruci Esport (Jakarta)

Wah, mas Indra sama Kang Gilang asyik nih, bakal jalan-jalan ke Amrik. Selamat ya.

Btw, Operator Tri kalau nama resmi perusahaanya adalah Hutchison 3 Indonesia (H3I), merupakan bagian dari Hutchison Asia Telecom, subsidiari dar ikonglomerasi multinasional CK Hutchison Holding Limited yang pusatnya ada di Hong Kong.

Tri beroperasi di Indonesia sejak 207. Jaringannya sudah mencakup Sumatera, Jawa, kalimantan, Sulawesi, Bali dan Lombok. 3 ada di 9.363 desa dan lebih dari 300 kota. Saat ini, pengguna Tri mayoritas adalah para milenial, mencapai 95%. Nggak heran kalau tri kemudian membesut acara ajang kreativitas buat anak muda ini.

Berikut ini beberapa foto keseruan di lokasi acara:








Ajang Kompetisi Kreatif Millenial di Bima Day Creator Reborn Ajang Kompetisi Kreatif Millenial di Bima Day Creator Reborn Reviewed by irpanisme on Maret 19, 2019 Rating: 5

Tidak ada komentar: