About


Hi, my name is Irpan. I live in Indonesia. This blog is to provide you with my trip stories, my ideas and some other things.

Facebook

BloggerHub

Connect with me

Jadwal Sholat

Mall Maya cipika

Posting Komentar
cipika.co.id
cipika.co.id, nama websitenya nyerempet-nyerempet cipika-cipiki ya? ^_^ ya dunia belanja online di Indonesia sekarang semaki semarak dengan hadirnya "Mall Maya"baru bernama cipika.co.id. Disebut "Mall Maya" karena seperti Mall di dunia nyata, Mall Maya ini menjadi tempat bertemunya penjual dan pembeli, kemudian mereka melakukan transaksi.

Tapi satu hal yang membuat belanja online masih diterima setengah hati oleh orang-orang, yakni kepercayaan. "Beneran nggak nih yang jualan? ntar duit udah gue transfer, barangnya kagak dikirim-kirim. Mau komplen, komplen kemana? tokonya nggak ketahuan dimana?". Itu satu hal, hal lainnya yang ada kaitannya dengan keamanan adalah: "Ok, gue mau nyimpen alamat rumah, alamat kantor, nomor hp, dan nomor kartu kredit di website belanja ini. Ada jaminan gak data-data gue  ini gak di-hack orang, dicuri, kemudian di sebarluaskan. Repot nanti. Apalagi kartu kredit, kalau dipake orang buat belanja-belanja gimana?"

Sehubungan dengan masalah keamanan ini, untuk cipika.co.id kita bisa merasa lega, karena "Mall Maya" ini berada dalam naungan Indosat
(tau dong siapa itu Indosat ^_^). Selain itu cipika.co.id juga menggandeng Trustwave sebuah perusahaan keamanan dunia cyber, yang menjamin keamanan transaksi kita.

Selain itu/, cipika.co.id juga telah menjadi verified member idea (Asosiasi E-Commerce Indonesia). Dengan demikian, website ini bukan website abal-abal yang gak jelas siapa pengelolanya. Website ini adalah lembaga usaha yang real dan legal.

Jika kita membuka http://www.cipika.co.id, maka kita akan disajikan dengan halaman yang seperti ini:

Tampilan depan cipika.co.id
Kita akan terbiasa dengan berbagai sajian barang-barang menarik ini. Dan satu hal yang jadi ciri khas cipika.co.id adalah, makanan khas Indonesia. Jadi selain barang-barang umum yang biasa ada di website-website belanja online, seperti gadget, booking hotel, sewa mobil, dsb, cipika.co.id memberi porsi khusus untuk makanan khas Indonesia. Jadi kalau kita lagi merantau nih, kangen makanan khas daerah kita, kita tinggal pesan di cipika.co.id.

Selain website, cipika.co.id juga menyediakan aplikasi mobile, alias aplikasi buat hp kita. Kita bisa men-download dan menginstallnya di hp kita, baik Android maupun IOS. Setelah diinstall, pas pertama kali dipakai, aplikasi menampilkan keterangan-keterangan tentang bagaimana menggunakan menu-menu yang ada di dalamnya. Sehingga kita tidak sulit mencari-cari, kalau mau gini gimana sih, kalau mau gitu gimana sih?



Setelah kita memilih barang-barang yang ingin dibeli, maka ketika akan membayar, begini tampilan dialog cara pembayarannya. Tinggal kita pilih, mau membayar dengan cara apa. 


Selain itu kita juga diberi tahu bagaimana cara mengkonfirmasi setelah membayar


Setelah semua langkah-langkah pembayaran selesai, kita akan mendapat konfirmasi via email dan sms. Sehingga tidak akan terlewat.

Pemberitahuan via email


Pemberitahuan via SMS
Setelah itu, kita tinggal bayar, dan tunggu deh barangnya datang. ^_^

Yang tadi saya cerita, itu kalau kita berlaku sebagai pembeli alias konsumen. Padahal cipika.co.id kan "Mall Maya", dimana kita juga bisa "Menyewa Kios" dan menjajakan barang dangan kita. Nah, di bagian bawah tampilan website cipika.co.id, terdapat menu "Daftar Menjadi Merchant". Setelah link tersebut di klik, kita akan dibawa ke halaman seperti ini:



Kita tinggal mengikuti langkah-langkah tersebut, dan kita sudah mempunyai "Kios" di Mall Maya cipika.co.id.

Website cipika.co.id ini didirikan tanggal 15 Maret 2014. Umurnya memang masih relatif muda. Dan karena dia mengusung konsep "Mall Maya" dimana dia hanya menjadi fasilitator dan (mungkin) tidak menjual barang sendiri, maka barang-barang yang dijual disini masih belum sebanyak barang yang dijual di website-website jualan oline yang besar. Namun demikian dengan ciri khas tertentu dan pelayanan yang memuaskan, bukan tidak mungkin seiring berjalannya waktu, cipika.co.id bisa menjadi pemain jualan online yang harus diperhitungkan.

***


Related Posts

Posting Komentar