About


Hi, my name is Irpan. I live in Indonesia. This blog is to provide you with my trip stories, my ideas and some other things.

Facebook

BloggerHub

Connect with me

Jadwal Sholat

Saung Mang Ajo Karawang - Restoran dan Pemancingan

1 komentar
Awal Desember 2017 kemarin saya sekeluarga mengikuti acara kumpulan ibu-ibu pengajian perumahan. Acara ini mengambil tempat di Saung Mang Ajo (SMA), yang berlokasi di Karawang. SMA ini merupakan tempat yang memadukan Restoran, Tempat Pemancingan, Outbond dan Kebun Binatang mini.
Saung Mang Ajo Karawang Pemancingan Restoran
Bapak-bapaknya

Saung Mang Ajo Karawang Pemancingan Restoran
Ibu-ibunya
Lokasi SMA tepatnya sekitar 2,5 Km dari pintu tol Karawang Barat 1. Karena tidak jauh dari pintu tol, maka SMA relatif mudah dijangkau dari berbagai tempat.

Saat itu hari Minggu, kami bertolak dari perumahan sekitar jam 9 pagi. Karena perumahan kami terletak di Cikarang, relatif dekat dari Karawang, kami tidak menggunakan jalan tol, cukup menyusuri jalan Kalimalang saja. Setelah kurang lebih 1 jam perjalanan santai dengan mobil, kami tiba di SMA.

Tempat ini memiliki lapangan parkir yang luas, bisa diisi oleh bis-bis besar. Begitu sampai di gerbang masuk, kami memberitahu waitress bahwa kami adalah rombongan yang sudah booking terlebih dahulu. Oleh waitress kami ditunjukan ke sebuah bangunan menyerupai saung panjang yang sudah diberi nama yang booking.

Di dalam kawasan SMA terdapat Kolam Pancing yang luas dengan deretan saung-saung disekelilingnya. Saung-saung ini bisa digunakan untuk makan secara lesehan. Tampak bapak-bapak sedang menekuri joran pancingnya sambil menikmati hidangan yang digelar di dipan saung.
Saung Mang Ajo Karawang Pemancingan Restoran
Kolam Pancing
Selain kolam pancing, terdapat juga lapangan bermain yang sangat lengkap. Ada permainan 'standar' anak-anak seperti prosotan, ayunan dan jungkat-jungkit. Yang menarik adalah, selain permainan standar, terdapat juga permainan outbond, seperti flying fox, jembatan tali, tangga tali, terowongan, dll.
Saung Mang Ajo Karawang Pemancingan Restoran
Flying Fox
Terus lagi ada kolam rakit tali. Pengunjung bisa menaiki rakit dan menggerakkannya ke menyeberangi kolam yang cukup luas dengan cara menarik tali yang membentang disepanjang kolam.
Saung Mang Ajo Karawang Pemancingan Restoran
Rakit Tarik
Kesemua permainan ini bisa kita nikmati secara gratis, tanpa dipungut bayaran. Hanya saja, pada permainan-permainan tersebut tidak ada petugas yang menjaga dan mengoperasikannya. Kita melakukan semuanya sendiri. Di beberapa tempat dipasang papan pemberitahuan, bahwa untuk menikmati semua permainan outbond ini, anak-anak terutama, harus didampingi oleh orangtuanya, tidak boleh melakukannya sendirian.

Di tempat lainnya terdapat kolam tangkap ikan. Kolam ini sengaja diisi air sedikit, mungkin hanya sampai pergelangan kaki. Lalu dilepaskan ikan kedalamnya. Kita bisa seru-seruan berburu ikan dengan tangan di kolam ini. Kolam jenis ini juga suka dimanfaatkan untuk acara team building, untuk melatih kerjasama tim. Kerjasama tim di uji dengan cara berburu ikan secara berkelompok. Tim mana yang berhasil menangkap ikan paling banyak, dia yang menang.

Puas bermain, kami disuguhkan dengan sajian Kelapa Muda utuh dan makanan menu khas Sunda berupa Nasi Putih, Ikan Bakar, Ayam goreng, Tahu Tempe, Sayur Asem, Sambel plus lalapannya. Menikmati hidangan seperti ini secara lesehan di saung, sungguh nikmat rasanya. Meski udara Karawang cukup panas, namun karena tempatnya rindang banyak pepohonan, panasnya udara bisa diimbangi oleh teduh rimbun pepohonan.

Selesai makan, berikutnya adalah melihat berbagai koleksi hewan unik yang ada di SMA. Ada Biawak yang luar biasa besar, ada Ular Python, Berang-berang, Landak, Lasun, Musang, Kera, Kura-kura, dan berbagai jenis Burung.
Saung Mang Ajo Karawang Pemancingan Restoran
Biawak
Ketika waktu sholat Dzuhur tiba, kami menunaikan sholat di mushola yang terdapat di samping kolam pancing.

Kalau kita sekeluarga ingin rekreasi yang tidak hanya makan tapi juga permainan dan pendidikan, kita bisa mencoba ke Saung Mang Ajo ini.

Jangan lewatkan menonton video serunya kumpul-kumpul, outbond, dan melihat binatang di Saung Mang Ajo, pada video dibawah ini:


Related Posts

1 komentar

Posting Komentar