About


Hi, my name is Irpan. I live in Indonesia. This blog is to provide you with my trip stories, my ideas and some other things.

Facebook

BloggerHub

Connect with me

Jadwal Sholat

Menemukan Pijakan Kembali di BloggerDay 2024

Posting Komentar

"Skena Blogger", itulah judul buku yang dilaunching pada acara BloggerDay 2024, Minggu, 25 Februari 2024 lalu. Kata Bloggernya saya sudah sangat familiar, tapi kata Skena? saya mengira-ngira apa ya artinya? mungkin dari kata bahasa Inggris "Scene" kali ya? 

Menurut pada perkataan mas Akbar Muhibar, yang waktu itu menjadi perwakilan Bloggercrony untuk memperkenalkan buku ini, kata Skena banyak digunakan untuk menggambarkan atau menyebut sebuah komunitas. Ada skena musik, skena fashion, dll. Well ok, Skena itu sesuatu tentang komunitas. 

Launching buku ini dilaksanakan pada hajatan Komunitas Blogger Indonesia bertajuk BloggerDay 2024, dengan pemangku hajatnya adalah Bloggercrony. Buku Skena Blogger ini berisi berbagai cerita dari para Blogger Aktif di seluruh Indonesia. Saya sendiri belum membacanya dan penasaran cerita apa saja yang dimuat di buku tersebut. Namun ada sesuatu tentang buku ini yang kemudian membangkitkan pertanyaan terkubur yang selama beberapa waktu belakangan berputar-putar di kepala saya. 

Pertanyaa tsb adalah, "Apakah yang saya lakukan ini (blogging) bermanfaat buat orang lain?". Kalau bermanfaat buat diri sendiri, saya jawab iya, karena dengan menulis, itu meredakan seliweran ide dan pikiran yang beterbangan serabutan di benak saya. 

Tapi apakah tulisan saya bermanfaat buat orang lain? 

Saya suka menulis sejak lama. Tulisan panjang yang berhasil saya temukan kembali adalah tulisan jaman saya SD. Pada dekade 2000-an saya banyak menulis di mailinglist yahoogroup, dan akhir dekade 2000-an mulai beralih ke platform blog. Saat itu jaman-jamannya blogdetik, di detik.com. 

Dekade 2010-an saya punya blog sendiri, di blogspot (irpanr.blogspot.com) kemudian tahun 2018 alamat tsb saya ubah menjadi irpanisme.com. 

Di blogspot awalnya saya banyak menulis tentang catatan traveling saya. Disamping tulisan-tulisan lainnya termasuk cerpen, puisi, dan pantun. 

Suatu ketika viral video mesum yang dilakukan sejoli di dalam tenda di area camping di sebuah gunung. Saya jadi teringat tulisan catatan perjalanan saya di blog. 

Di situlah timbul pertanyaan dalam hati: "Apakah yang saya lakukan ini (blogging) memberikan manfaat buat orang lain atau malah menuntun mereka pada masalah?" 

Tulisan saya, khususnya tentang tempat wisata, banyak informasi yang bisa membantu orang ketika akan mengunjungi tempat wisata tsb. Apakah ada orang berpacaran yang menggunakan informasi saya tsb untuk bertamasya ke sana, kemudian berasyik masyuk di tempat tersebut? 

Apakah saya kebagian dosa dari hal terlarang yang diperbuat oleh orang pacaran tsb? 

Karena pertanyaan-pertanyaan itulah kemudian saya jadi agak menahan diri, tidak menulis dulu tentang tempat wisata, sampai saya benar-benar mantap untuk menulis tentang itu lagi. 

Adapun untuk seliweran pikiran yang tetap beterbangan di benak saya, beberapa saya tuangkan dalam bentuk puisi atau tulisan pendek yang tidak diposting di blog tapi di media lain seperti facebook, ig, twitter, dll.  

Bersosialisasi dengan para blogger
Kita semua tahu skater kan? itu lho anak-anak yang suka main papan skateboard. 

Jadi anak skater, meski dengan penampilan dekil berantakan, tapi ada semacam kebanggaan dan rasa keren. Ini lho gue anak skater. 

Anak band apa lagi, jangan ditanya, he..he.. 

Tapi kalau blogger? anak blogger? apa itu? di mana kerennya? 

Eh jangan salah, Blogger biasanya jadi influencer. Tapi siapa yang bisa saya influence ya? ^_^' 

Kalau mikir ke sana saya suka narik napas dan bercermin. Ngapain sih jadi anak blogger, kerennya di mana? 

Ya... nggak ada, he..he.. sorry to say, I have to be honest about my self. 

My self lho ya, bukan blogger yang lain. 

Kalau blogger lain apalagi bloggernya yang udah professional dan dikenal banyak orang mah, ya... klaim saya di atas itu auto gugur. 

Blogger yang sudah pro sudah pasti keren dan bisa menginfluence. 

Lantas saya kembali bertanya pada diri, dengan terjun di dunia tulis-menulis kamu mau ngapain, kamu mau ke mana? 

Kembali mata saya menerawang, dan sepertinya kembali ke pertanyaan tadi: "Apakah yang saya tuliskan ini bermanfaat buat orang lain?". 

Ya, Saya dengan segala kekurangannya ini, tetap ingin memberikan manfaat kepada manusia yang lain. Kalau dari segi harta benda, saya punya keterbatasan, sehingga mungkin tidak bisa memberikan manfaat yang banyak, tapi saya punya hal lain yang bisa saya bagi dengan orang lain dan mudah-mudahan bermanfaat. 

Yoooshhh...Saya akan menulis, untuk berbagi. Berbagi apa yang saya tahu, apa yang saya bisa. Berbagi informasi tentang hal-hal yang saya suka. 

Dan untuk berbagi pengalaman perjalanan ke tempat wisata, eemmmm... mungkin saya akan tulis juga, dan saya berlepas diri jika sekiranya informasi saya tentang suatu tempat wisata itu jadi memudahkan orang pacaran melakukan perzinahan.  

Pernik BloggerDay 2024
Ada banyak pernak-pernik menarik yang menjadi bumbu sedap dari acara BloggerDay 2024 kemarin.

Pernik pertama adalah kehadiran seorang sketcher, bentar kok kayak merek sepatu ya? Maksudnya seorang Sketch Artist, mbak Arya Ramaniya (ig: @nona2gembel). Sketch Artist adalah seniman yang berkarya dengan membuat gambar sketsa.

Kalau peserta yang lain mengabadikan momen acara dengan jeprat-jepret foto pake Handphone, maka mbak Arya ini mengabadikan momen acara dengan menggambar sketsa di buku gambar khusus dengan lembaran berwarna coklat. Adapun garis dan warnanya dibuat dengan ulasan kuas dan cat air.

Gambar hasilnya mengingatkan saya pada sketsa yang biasa dibuat di sebuah persidangan tertutup. Tapi ini lebih hidup dan dinamis tidak kaku seperti ruang sidang

Mbak Arya sang Sketch Artist

Pernik lainnya adalah penayangan film independen karya salah seorang blogger juga bekerjasama dengan komunitas KOMIK (Kompasianers only Movie Enthusiast Klub). Film bertema kritik lingkungan ini diperankan oleh mas Urwan, blogger dari Situbondo. Adapun Produsernya adalah mbak Dewi Puspa, salah seorang pengurus komunitas KOMIK.

Film Independen berjudul "Jagaditta" ini berhasil menyabet penghargaan di acara penghargaan film independen lokal, dan rencananya akan ditayangkan di salah satu acara film independen di Belanda. Keren kan.

Mbak Dewi Puspa menceritakan proses pembuatan film Jagaditta


Selamat kepada mas Uwan, mbak Dewi Puspa, dan tim Film "Jagaditta" atas keberhasilannya. Semoga semakin sukses. Ajak saya dong main di filmnya. Saya sadar diri kok, makanya nggak berharap dapat peran yang muluk-muluk, jadi cameo yang tampil hanya 20 menit juga nggak apa-apa saya mah, beneran.he..he..

Pernik berikutnya adalah materi Grafologi alias Ilmu untuk mengetahui karakter seseorang dilihat dari tulisan tangannya. Saya sudah tertarik dengan topik ini sejak lama sekali. Kebetulan saya juga suka menulis tangan terutama menulis dengan huruf sambung (cursive).

Kalau saya merasakan ketika menulis dengan huruf sambung ini, otak saya kerasa dikelitiki, sehingga yang tadinya otak kerasa beku, berat, jadi lebih ringan dan cerah. Btw, ini perasaan saya aja, nggak tahu kalau orang lain ketika menulis tangan dengan huruf sambung seperti apa kerasanya.

Kak Diana menyampaikan materi Grafologi

Hanya saja jujur saya agak kecewa di bagian materi Grafologi ini. Karena materi yang disampaikan pembicara hanya sebatas What dan Why, tapi nggak ada How-nya.

Padahal kalau What dan Why mah saya sudah sedikit banyak tahu. Tapi How-nya yang justru saya ingin tahu lebih banyak, dan langsung dari praktisinya.

Bagaimana sebenarnya caranya melakukan penilaian karakter dengan melihat tulisan itu?

Bagian apanya dari tulisan orang yang menunjukkan kepribadian, bagian apanya yang menunjukkan temperamen. Kalau dia nulis "a"-nya begini artinya apa? kalau jarak antar kata begini artinya gimana? jika huruf miring ke kanan itu gimana, ke kiri gimana?

Itu yang saya harapkan sebenarnya.

Tapi kemarin cuma sebatas Grafologi adalah bla..bla..bla. Manfaatnya bla..bla..bla... udah. Tapi How-nya tidak ada.

But over all, sesi materi Grafologi cukup seru, karena peserta dan pembicaranya cair, dapat leluasa saling menimpali. Sehingga meski dari segi materi kurang, tapi dari segi acara tetep meriah.

Pernik berikutnya adalah Produk UMKM buatan temen-temen Bloggerpreneur. Ini yang saya acungin jempol.

Produk Bloggerpreneur

Acungan jempol pertama buat temen-temen pemilik UMKM tersebut, dan acungan jempol berikutnya untuk Bloggercrony yang mendedikasikan dirinya sebagai wadah dan media untuk tumbuh kembang UMKM yang dijalankan oleh temen-temen blogger.

Melihat betapa para Bloggerpreneur ini menunjukkan dukungannya dengan menjadikan produk-produk mereka sebagai hadiah kuis maupun penghargaan, membuat saya iri sekaligus malu. Kenapa saya nggak seberani mereka, nggak seulet mereka. Berani merintis usaha dan ulet menjalankannya meski harus menerjang badai. Saya merasa lemah.

Saya kemudian berdo'a semoga bisnis mereka berkembang dan makin sukses, dan saya juga diberi kekuatan dan kemudahan untuk bisa mengikuti jejak mereka menjadi pengusaha.

Aamiin... 

Terima kasih BloggerDay 2024
Saya ingin mengucapkan terima kasih kepada BloggerCrony yang telah menyelenggarakan acara BloggerDay 2024. Melalui acara ini saya kembali mendapatkan pijakan untuk menulis lagi dan berkarya lagi, setelah sempat dibelenggu keraguan. 

Dan tentu saja acara BloggerDay 2024 tidak akan terselenggara dengan meriah luar biasa tanpa adanya dukungan para sponsor yakni: 

  • Carro Indonesia, 
  • Genie Indonesia, 
  • Bluebird Group (Bluebird dan Bigbird) 
  • Asuransi MSIG Indonesia, 
  • Igloo Insurance, 
  • Mega Central Finance/MCF-MAF, 
  • Alfa Kreasi Decoration, 
  • Ngafe.in Teras 

Juga produk lokal BloggerPreneur: 

  • Ummi Doodle, 
  • Kamiya Project, 
  • Nyi Pede Souvenir, 
  • Ayee Deo, 
  • UMKM Malang Demadols, 
  • Venzfood, 
  • Aira Cake & Cookies 
  • Kayis Craft 

---

Pojok Sponsor: 

Carro Indonesia

Sponsor kegiatan BloggerDay 2024 adalah Carro, sebuah perusahaan yang bergerak di bidang jual beli mobil pre-loved. Eh cocok nggak sih kalau mobil second kita sebut mobil pre-loved, kok rasanya kayak rada maksa gitu ya. hihi.. 

Kita bisa membeli mobil second atau menjual mobil kita di carro. 

Tahap awalnya adalah kita melakukan transaksi via online dengan membuka website carro.id. Di website kita melakukan pemilihan mobil yang mau dibeli atau mengisi formulir penjualan mobil. 

Selanjutnya adalah inspeksi. Kita datang ke showroom-showroom carro yang paling dekat dengan rumah kita. Kita bisa melihat daftar alamat showroom carro di websitenya. 

Mengenai kualitas mobil, carro menerapkan standar pengecekan di 160 hal penting pada mobil tersebut. Apa saja 160 hal tersebut? bisa dilihat di websitenya juga, di bagian Carro Certified Inspection Points. 

Dengan demikian kita bisa lebih yakin bahwa mobil yang dijual di carro adalah mobil yang bagus, nggak cuman mengkilap bodinya doang tapi jeroannya reyot. Carro juga menjamin bahwa mobil yang dijual di carro bebas dari manipulasi jarak tempuh. 

Kalau kita mau menjual mobil kita di carro, maka mobil kita itu harus melalui pengetesan di 160 hal tadi. Kalau mobil kita tidak lulus pemeriksaan, mohon maaf carro tidak bisa membelinya. 

Fair lah ya. 

Satu lagi, dengan membeli mobil di carro, kita dapat garansi selama 12 bulan untuk mesin dan transmisinya. Kita jadi lebih tenang, karena kalau mobil yang kita beli itu tiba-tiba ngadat mesinnya, selama masih dalam rentang 12 bulan sejak pembelian, masih garansi itu mobil. 

Bluebird Group

Peserta BloggerDay 2024 kemarin tidak hanya berasal dari wilayah Jabodetabek saja. Tapi ada juga yang datang dari Bandung, Jawa Tengah, Jawa Timur, bahkan Sumatera. Untuk yang datang dari Bandung, Jawa Tengah dan Jawa Timur, mereka ke Jakarta melalui jalan darat. Adapun transportasinya menggunakan mobil-mobil nyaman milik Bluebird Group (Bluebird dan Bigbird). 

Armada Bluebird sudah SNI. Tapi SNI versi Bluebird ini kepanjangannya adalah Standar Nyaman Indonesia he..he.. 

Kalau melihat rekan-rekan blogger yang naik Bluebird kemarin, meski jauh, tapi mereka terlihat segar ceria. Berarti perjalanannya emang nyaman. 

---

Baik, sampailah kita pada bagian akhir tulisan. Pada bagian ini saya ingin mengucapkan terima kasih kepada para founder dan pengurus Blogercrony yang membidani lahirnya acara BloggerDay 2024. 

Terima kasih juga kepada para panitia yang telah berkorban tenaga, pikiran, waktu dan entah apalagi. Berkat para panitia, acara berlangsung lancar dan memuaskan. 

Terima kasih kepada rekan-rekan blogger, senang rasanya bisa bertatap muka in person dengan kalian. Mengobati kerinduan dan membuat saya merasa I'm belong in here.

Terima kasih semuanya, sukses buat kita semua. Aamiin...

Related Posts

Posting Komentar